fbpx

5 Pertanyaan Penting Dalam Membangun Bisnis Autopilot

Coaching Diri Sendiri

Mengubah bisnis Anda menjadi Bisnis Autopilot berarti Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu hadir untuk bekerja setiap hari. Bisnis seperti ini disebut juga “Bisnis Level 3” dimana bisnis yang waktu kerja pemilik bisnisnya kurang dari 10 jam per bulan dalam bisnisnya. Untuk pemilik bisnis yang telah lama berkecimpung dan mengurus bisnisnya sendiri tentu hal ini sangat sulit untuk diwujudkan. Ada sebuah rasa ketidakpercayaan yang harus Anda lawan dalam diri Anda untuk membiarkan karyawan atau tim Anda bekerja sendiri.

Untuk membantu kegelisahan Anda apakah perlu mengubah bisnis menjadi bisnis autopilot maka kami telah menyiapkan 5 pertanyaan utama untuk Anda jawab dan analisa tentang bisnis Anda sebelum Anda ubah menjadi bisnis autopilot.

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai maka Anda akan lebih memahami dan terinspirasi tentang apa yang perlu Anda tahu dan perhatikan tentang bisnis Anda sebelum diubah menjadi bisnis autopilot. Mari kita simak saja 5 pertanyaan yang membantu Anda mulai mengatur bisnis Anda menjadi bisnis Autopilot.

Pertanyaan 1: Apakah penggerak paling penting dalam bisnis Anda?

Penggerak yang dimaksud adalah hal yang membantu agar bisnis Anda tetap berjalan ke arah bisnis baru lainnya. Mungkin bisa seperti website dengan traffic yang besar atau kata kunci pada kampanye iklan atau artikel sindikasi yang Anda tulis untuk sebuah portal berita atau data referensi dari klien sebelumnya atau mungkin data calon pembeli yang datang ke toko Anda atau juga iklan local yang Anda muat dalam koran local. Semua contoh itu adalah motor penggerak agar bisnis Anda berlanjut ke bisnis berikutnya.

Anda cukup menjawab mana motor penggerak terpenting bagi bisnis Anda. Ketika Anda sudah jelas tahu jawabannya maka Anda akan mencari cara untuk mengatur sistem dan mengautomasikan motor penggerak agar berjalan sendirinya. Akan lebih bagus lagi apabila Anda dapat menemukan cara untuk melakukan ekspansi atau lebih berpengaruh lagi. Dengan cara ini dipercaya bisnis Anda akan berkembag lebih cepat dan bertambah besar dengan cepat karena motor penggerak ini kunci bisnis Anda berjalan selama ini.

Pertanyaan 2: Apa hambatan terbesar dari bisnis Anda?

Hambatan ini adalah faktor yang membatasi bisnis Anda untuk berkembang. Dalam bisnis Anda, menurut Anda siapa atau hal apa yang menjadi hambatan paling besar untuk pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda?

Untuk mencari tahu hambatan tersebut maka Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri sepert ini. “Jika saya memiliki lebih dari satu hal, apa satu hal yang saya ingingkan untuk lebih dikembangkan dalam bisnis saya?”

Mungkin saja jawabannya seperti lebih banyak pembeli yang masuk berkunjung ke toko offline/online, dengan demikian aktifitas calon pembeli (lead) Anda adalah hambatan paling besar Anda. Kemungkinan lainnya seperti lebih banyaknya anggota penjualan untuk memproses dan melakukan closing untuk calon konsumen, dengan demikian hambatan terbesar Anda adalah kurangnya staff penjualan yang terlatih. Contoh lainnya mungkin Anda ingin kapasitas produksi untuk menangani bisnis Anda dalam hal kualitas, maka kasus hambatan Anda adalah kapasitas produksi.

Ketika Anda telah mengetahui hambatan Anda maka Anda dapat memfokuskan energy Anda agar mendapatkan cara untuk mendorong faktor keterbatasan tersebut sehingga tidak lagi menjadi hambatan untuk bisnis Anda. Satu cara untuk menumbuhkan bisnis Anda sebagai sebuah permainan berkelanjutan untuk mencari dan mendorong hambatan Anda.

Untuk membangun sebuah bisnis autopilot maka Anda prlu membangu sebuah sistem, tim, teknologi dan solusi pihak ketiga untuk membantu mendorong keluar hambatan bisnis Anda. Kadang kala hambatan paling besar dalam sebuah bisnis adalah pemilik bisnisnya sendiri. Coba pikirkan apakah Anda adalah akar dari hambatan bisnis Anda sendiri?

Pertanyaan 3: Bayangkan Anda menemukan bahwa Anda memiliki 1 tahun lagi untuk bekerja sebelum Anda dipaksa untuk berhenti bekerja seumur hidupmu (Anda hanya dapat check in maksimum sebanyak 10 jam per bulan), tapi Anda harus mengandalkan bisnis Anda untuk mendapatkan aliran keuangan untuk mendukung hidup Anda. Kira-kira apa tiga area yang langsung Anda fokuskan terlebih dahulu?

Inti dari pertanyaan tersebut adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan bisnis Anda menjadi bisnis level 3 dalam waktu 1 tahun. Hal ini adalah target sangat ambisisus bagi sebagian besar pemilik bisnis, namun hal ini menarik bagi Anda. Jika waktu 1 tahun dirasa cukup berat maka ubahlah menjad 2 tahun atau 3 tahun.

Dengan menjawab pertanyaan di atas maka Anda dapat mengetahui area kritis mana yang perlu Anda perhatikan lebih sebelum dan membutuhkan pantauan Anda selama Anda tidak lagi bekerja penuh nantinya.

Pertanyaan 4: Apa tiga langkah yang dapat kamu ambil pada 30 hari ke depan yang akan memberikan pengaruh besar agar Anda mencapai tujuan Anda mendapatkan bisnis autopilot hingga akhir tahun?

Dalam menjawab pertanyaan di atas, Anda hanya perlu memikirkan 3 langkah yang benar-benar bisa memberikan pengaruh terbesar hingga menjadikan bisnis Anda autopilot.

Pertanyaan 5: Siapa yang bisa membantu Anda untuk memberikan saran dan memantau Anda tetap berjalan menuju tujuan Anda membangun bisnis autopilot?

Banyak pemilik bisnis merasa mereka sendiri dalam menjalankan bisnis. Membangun bisnis dalam lingkup tertutup adalah hal yang sangat sulit. Namun bekerjasama dengan tim atau partner bisnis maka pekerjaan akan terasa menyenangkan, menarik dan tentunya lebih kuat.

Selain tim dan partner bisnis Anda, ada satu orang yang akan konsisten membantu dan menjaga Anda tetap di jalur menuju tujuan Anda membangun bisnis autopilot. Ia adalah seorang Bisnis Coach. Bisnis Coach akan membantu Anda menggali potensi dan kemampuan diri Anda hingga Anda dapat menjawab semua pertanyaan di atas. Bisnis Coach juga bertindak menjadi pengingat untuk semua langkah yang Anda ambil dalam mengubah bisnis menjadi bisnis Autopilot. Bisnis Coach seperti yang ada di GLC tentunya telah berpengalaman dalam bisnis dan dapat menjadi mentor yang baik untuk menjadikan bisnis dan tim Anda sebagai satu kesatuan yang tanpa perlu Anda ikut di dalamnya telah dapat berjalan sendirinya atau disebut Autopilot.

Itulah kelima pertanyaan pamungkas yang perlu Anda jawab sebelum Anda membangun atau merubah bisnis Anda menjadi bisnis Autopilot. TIdak ada hal yang sulit untuk dilakukan hanya perlu niat dan konsistensi dari Anda, pemilik bisnis untuk mampu mengerjakan pekerjaan ini bersama dengan tim Anda, partner bisnis dan bisnis Coach tentunya.

Silakan bagikan artikel ini di social media Anda atau ke klien maupun pebisnis lainnya jika Anda menerima manfaat dari artikel ini.