fbpx

5 Hal Penting Yang Didapat Dari Pelatihan Bisnis Untuk Usaha Anda

Pelatihan Bisnis (Business Coaching) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Usaha Anda

Anda memiliki usaha atau Anda baru saja memulai bisnis? Bagi pemilik bisnis yang sudah memiliki tim baik besar maupun kecil, pernahkah Anda memberikan pelatihan bisnis kepada tim anda? Menurut Anda seberapa penting pelatihan untuk tim dan usaha Anda?

Silakan baca artikel ini sampai selesai agar Anda mengetahui alasan pentingnya pelatihan bisnis untuk usaha Anda.

Pelatihan bisnis tidak hanya dilakukan untuk pemilik bisnis saja, namun karyawan juga membutuhkan pelatihan karena mereka juga turut andil dalam perkembangan usaha anda. Pelatihan bisnis atau sering disebut business coaching adalah sebuah proses menggali kemampuan/potensi dari individu dengan proses bertanya untuk mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

Berikut, kami jelaskan beberapa alasan pentingnya pelatihan bisnis untuk tim dan usaha Anda.

Meningkatkan Motivasi dan Kepercayaan diri

Motivasi Dan Kepercayaan Diri

Saat proses pelatihan, coach/pelatih akan bertanya sehingga menggali pikiran dari diri Anda. Saat mencapai titik tertentu, Anda akan merasa termotivasi. Ibarat di film animasi, lampu di otak anda akan menyala.  Jika Anda/karyawan Anda secara sadar terinspirasi menjadi penuh motivasi bukankah itu hal yang menarik.

Melalui coaching, Anda dan tim anda disadarkan dengan tujuan yang jelas. Inilah yang meningkatkan motivasi seseorang. Dengan motivasi yang telah bangkit, karyawan akan membangun rasa percaya diri untuk mengembangkan usaha Anda. Bayangkan jika satu orang saja termotivasi bisa melakukan berbagai cara meningkatkan kinerjanya, apalagi jika seluruh karyawan anda termotivasi dan percaya diri usaha anda akan melaju pesat dengan sendirinya.

Peningkatan Performa Tim

Index Performa merupakan tolok ukur seseorang bekerja dengan baik atau tidak. Index Performa tidak hanya untuk individu namun untuk sebuah tim/usaha merupakan penentu apakah tim bekerja dengan baik atau usaha Anda mengalami peningkatan bisnis. Makin tinggi nilai Index Performa pada Bisnis Anda bisa dikatakan bisnis anda berkembang pesat.

Dalam proses bisnis coaching, tim maupun individu diajak untuk berpikir secara kreatif bagaimana meningkatkan index performa diri serta menekankan pentingnya index performa tidak hanya dalam pekerjaan namun kehidupan sehari-hari.

Eksplorasi Usaha

Seperti layaknya sebuah koin, ada sisi gambar dan angka. Kira-kira begitulah bisnis, Anda tidak bisa hanya melihat bisnis Anda dari satu sisi. Manfaat bisnis coaching adalah membantu Anda melihat dan mengeksplorasi sisi lain dari usaha Anda. Tujuan eksplorasi ini agar membuka pemikiran Anda dalam melihat peluang baru untuk pengembangan bisnis Anda.

Bisnis coach seperti pemandu yang membantu Anda agar tidak hanya fokus dengan satu cara tapi mengingatkan ada jalan lain untuk meningkatkan usaha anda. Kadang dalam meraih sebuah tujuan, anda bekerja begitu keras hingga menciptakan sebuah titik buta (blind spot), Anda seakan memakai kacamata kuda hanya fokus dengan satu jalan untuk mencapai tujuan anda padahal ada cara yang bisa dilakukan. Bisnis coach memiliki sudut pandang yang objektif dan memiliki kemampuan cepat mengidentifikasi area masalah yang mungkin tidak anda perhatikan.

Pelatihan bisnis mungkin bisa memberikan solusi yang tidak dapat Anda/tim pikirkan sebelumnya atau mendorong Anda dan karyawan untuk keluar dari zona nyaman untuk membantu meningkatkan bisnis.

Rencana Keuangan yang Efektif dan Efisien

Perencanaan Finansial Bisnis

Bisnis tidak melulu tentang penjualan, salah satu hal yang juga menjadi penentu kesuksesan ialah bagian keuangan. Suatu usaha wajib memiliki rencana keuangan sebagai salah satu pondasi awal berjalannya sebuah usaha. Namun, kemampuan untuk secara efektif mengeksekusi rencana tersebut adalah hal lain. Anda membutuhkan pelatih bisnis sebagai pembimbing untuk membantu anda memperhitungkan segala hal terkait  dengan pengendalian keuangan  dan cash flow  agar bisnis anda menjadi bisnis yang sehat.

Pelatih bisnis seperti yang ada di GLC sudah berpengalaman dengan perusahaan besar dan kecil untuk membantu merencakan keuangan secara efektif dan efisien. Pelatih bisnis melihat dari segi baik dan buruk dan dapat membantu Anda menetukan keputusan keuangan mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Kekompakan tim

Team Building

Hubungan antar individu dalam suatu tim menjadi penentu kesuksesan tim. Coaching membantu Anda dan tim tidak hanya tentang pekerjaan namun juga bagaimana meningkatkan kualitas hidup diri individu. Tentu menyenangkan jika setiap individu dalam tim menjadi pribadi yang menyenangkan, positif dan mampu memberikan inspirasi untuk lingkungan sekitar. Dengan coaching, tidak hanya menggali kemampuan individu namun juga permasalahan dalam tim sehingga menciptakan tim yang kompak. Tim yang solid tentu akan memiliki visi dan misi yang sama untuk kesuksesan bisnis.

Dalam pelatihan bisnis sendiri, juga diajarkan tentang gaya kepemimpinan dan membantu Anda mengerti tentang diri Anda sendiri. Potensi yang tergali dalam diri tiap individu tentunya akan membuat pembagian pekerjaan terasa gampang dan menyenangkan serta tim dapat kompak mencapai tujuan yang diinginkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat kami simpulkan bahwa ada 5 Alasan utama pentingnya pelatihan bisnis untuk meningkatkan usaha Anda.

  1. Meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri
  2. Performa tim yang meningkat
  3. Eksplorasi Usaha
  4. Perencanaan Keuangan yang Efektif dan Efisien
  5. Membentuk Tim yang Kompak

Jadi, para pemilik bisnis sekarang sudah mengerti tentang pentingnya pelatihan bisnis untuk usaha Anda.

Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan bagikan di sosial media anda dan berikan komentar apakah anda merasa penting untuk mendapatkan pelatihan bisnis untuk diri anda dan tim anda? Apabila anda pernah mengikuti pelatihan bisnis berikan juga komentar bagaimana hasil dan manfaat yang telah anda dapatkan.