fbpx

3 Pertanyaan Penting Sebelum Mengikuti Pelatihan Bisnis

Pelatihan bisnis

Apa yang dicari dalam sebuah bisnis agar tetap berjalan? Tentunya omset dan profit. Ini adalah pendapatan yang akan membantu perputaran dalam bisnis Anda. Berbagai cara tentu pernah Anda lakukan untuk terus meningkatkan profit penjualan misal menekan biaya operasional, meningkatkan harga jual, melakukan pemasaran, dll.

Akan tetapi segala macam itu hanya bertahan sebentar saja. Biaya tidak selamanya bisa Anda tekan, harga jual pasti punya batasannya agar tidak melebihi daya beli customer, pemasaran tentu butuh mengikuti tren pasar. Tahu tidak ada satu cara yang bisa Anda lakukan agar tetap mendapatkan profit tinggi dan bertahan lama?

Ya, betul sekali. Pelatihan bisnis jawabannya. Dalam pelatihan bisnis, pemilik bisnis akan dibimbing oleh seorang pelatih bisnis/bisnis coach. Namun, tentu banyak pebisnis masih ragu karena tidak tahu bagaimana cara kerja pelatih bisnis untuk bisnis Anda.

Silakan baca artikel ini sampai selesai, agar Anda tahu hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan mengikuti pelatihan bisnis untuk bisnis Anda. Mari kita simak berikut pertanyaan yang harus Anda tanyakan ke diri Anda sendiri sebelum memulai pelatihan bisnis.

  1. Ketahui siapa yang Anda butuhkan.

Sebelum Anda bekerja dengan bisnis coach, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu siapa bisnis coach. Apa perbedaan bisnis coach dengan mentor dan konsultan?

Mentor adalah orang yang memiliki pengalaman yang sama dengan bisnis yang Anda jalankan dan biasanya mentor adalah orang yang telah memiliki kesuksesan dan mampu menjadi pembimbing Anda agar mencapai kesuksesan yang sama dengannya.

Lalu konsultan adalah orang yang juga memiliki pengalaman dan keahlian dalam suatu bidang bisnis tertentu yang mampu membantu Anda mendapatkan solusi untuk masalah bisnis Anda.

Terakhir adalah bisnis coach. Bisnis coach adalah orang yang juga memiliki pengalaman dan keahlian dalam dunia bisnis, bisa membantu Anda menggali potensi Anda serta bisnis Anda sehingga Anda tahu bagaimana mengembangkan diri dan bersikap independen untuk menjalankan bisnis Anda.

Dari ketiga peran di atas, paling direkomendasi jika Anda memilih kombinasi mentor dan bisnis coach. Mentor dapat membantu Anda dengan berbagai trik yang membuat bisnis Anda mencapai kesuksesan dan bisnis coach berpengalaman dan terpercaya seperti yang ada di GLC, bisa membantu Anda untuk jangka panjang dalam merubah mindset Anda, sehingga ketika dihadapkan dengan masalah dan memimpin tim, Anda sudah siap dan memiliki mental kuat dalam mengembangkan bisnis Anda.

  1. Di tahap manakah bisnis Anda sekarang?

Apakah Anda seorang pebisnis yang baru? Atau Anda sudah lama menjalankan bisnis namun butuh bantuan bisnis coach? Tahapan-tahapan dalam bisnis tentu berpengaruh terhadap pemilihan pelatih bisnis. Pelatih bisnis tentu perlu tahu sudah di tahap manakah bisnis Anda sekarang sehingga bisa memiliki gambaran untuk membantu Anda.

Pikirkan bantuan seperti apa yang dibutuhkan oleh bisnis Anda sekarang. Apakah Anda perlu menyusun tim penjualan untuk memulai bisnis atau Anda butuh membentuk sebuah tim yang dapat mendukung Anda mengembangkan bisnis Anda? Setiap tahapan dalam bisnis memiliki tantangannya masing-masing sehingga membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Bisnis coach setelah melihat situasi dari bisnis Anda baru bisa memiliki rencana bagaimana melatih Anda dan mempersiapkan pelatihan bisnis yang cocok untuk bisnis dan tim Anda. Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan solusi yang sama, banyak formula dalam berbisnis yang bisa Anda digunakan. Untuk menentukan formula yang mana, maka Anda bisa konsultasikan dengan bisnis coach.

Dalam menjalankan bisnis meskipun pada industri yang sama dengan orang lain, belum tentu memiliki rencana dan sistem bisnis yang sama. Disinilan tugas dari bisnis coach mengarahkan dan menggali keunikan dari Anda untuk dituangkan dalam bisnis Anda. Pola pikir dan potensi diri Anda akan terus digali sehingga Anda bisa melihat bisnis Anda dari segala aspek dan bahkan dari titik butanya sekalipun dimana yang tidak pernah Anda prediksi bisa menjadi peluang untuk bisnis Anda.

  1. Apa yang Anda rasakan tentang bisnis dan diri Anda sendiri?

Pertanyaan ini coba Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri dan renungkan terlebih dahulu sebelum menjawabnya. Bisnis Anda hanya dapat berkembang jika Anda memiliki kehendak untuk mengembangkannya karena Andalah pemilik bisnis tersebut. Bisnis Anda adalah cerminan dari diri Anda.

Jika Anda bekerja keras dalam bisnis Anda tentu bisnis Anda akan berkembang. Namun, jika terlalu keras bekerja Anda cenderung melupakan kehidupan personal Anda. Anda dipaksa untuk terus siap secara fisik dan emosional untuk memimpin bisnis Anda.

Ada begitu banyak pebisnis yang memiliki penjualan yang besar namun sebenarnya dalam dirinya mereka stres dan bingung. Menurut mereka, bekerja keras untuk bisnis mereka ini nantinya akan bisa mengisi kekurangan dalam diri mereka. Kadang merencanakan sebuah strategi pemasaran yang sudah baik, dipekirakan akan menyelesaikan masalah dalam bisnis namun belum tentu ini adalah solusi terbaik.

Sebenarnya yang harus Anda ubah untuk mendapatkan solusi dalam berbisnis adalah pola pikir. Bisnis coach membantu anda lebih menggali dan membereskan mindset Anda terlebih dahulu. Bisnis Anda dimulai dari diri Anda sendiri, maka jika ada masalah dalam bisnis tentu yang perlu dibereskan adalah pola pikir Anda. Bisnis coach akan membantu Anda dengan bertanya kepada Anda bagaimana agar Anda mendapatkan jawaban dari dalam diri Anda. Dengan demikian, Anda nantinya akan mendapatkan solusi yang bisa Anda pertanggung jawabkan dan bisa dijalankan dengan baik.

Dari ketiga pertanyaan di atas, Anda setidaknya sudah memiliki gambaran seberapa perlunya Anda bekerja dengan bisnis coach. Jika Anda ingin lebih memahami fungsi dan tugas dari bisnis coach dalam membantu bisnis Anda silakan hubungi kontak yang ada pada halaman ini. Pelatihan bisnis tidak hanya untuk pebisnis yang baru memulai usaha namun juga bagi pebisnis yang telah lama berusaha bahkan sudah sukses namun belum menemukan arah tujuan dari bisnisnya. Bisnis coach tidak hanya membereskan masalah bisnsi Anda namun juga masalah dalam diri pemilik bisnis yang menjadi kunci penting dalam bisnis tersebut.

Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan di sosial media Anda. Silakan berikan komentar apabila Anda perlu kami bantu untuk mendiskusikan masalah-masalah dalam bisnis Anda. Semoga bermanfaat, Always Go Big!