fbpx
Tugas Konsultan Bisnis

Keputusan untuk menggunakan jasa konsultan bisnis adalah keputusan yang cukup penting bagi sebuah bisnis. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan jasa konsultan bisnis akan terjadi perubahan yang cukup signifikan pada keseluruhan bisnis. Anda secara tidak langsung memperbolehkan pihak ketiga untuk menilai dan merubah sistem bisnis Anda. Namun perubahan ini tentu adalah perubahan yang positif bagi bisnis Anda.

Selain itu, tentu biaya yang dikeluarkan untuk menyewa jasa konsultan bisnis cukup besar dan lumayan mempengaruhi cash flow perusahaan. Maka keputusan ini harus dipikirkan dan dirundingkan dengan seluruh anggota tim Anda.

Nah sebelum Anda memutuskan menggunakan atau tidak menggunakan jasa konsultan bisnis ada baiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai. Dalam artikel ini akan diulas lebih detil tugas dari konsultan bisnis dalam membantu perusahaan. Bukan hanya sembarang memberikan solusi namun banyak tugas dari konsultan bisnis hingga akhirnya bisa memberikan solusi tepat untuk bisnis Anda. Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Tugas Konsultan Bisnis

1. Deteksi Masalah

Berbagai masalah dalam bisnis seperti penurunan omset, arus kas bermasalah atau adanya masalah internal manajemen, tetap saja masalah ini harus segera diselesaikan. Kadang kala Anda sebagai pemilik bisnis susah mengetahui hal ini kecuali sudah mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, tugas konsultan bisnis dalam mendeteksi segala masalah bisnis dari berbagai aspek yang berbeda. Konsultan bisnis tidak akan langsung memberikan hasil dengan cepat. Konsultan bisnis perlu melakukan riset dan beberapa uji guna mendeteksi masalah apa saja yang ada dalam bisnis Anda.

Konsultan bisnis akan bekerja seiring berjalannya operasional perusahaan dengan demikian barulah dapat melakukan uji dan riset dengan akurat dan alami. Konsultan bisnis memerlukan data yang pasti bukan sekedar omongan saja karena saat berhadapan dengan klien dibutuhkan profesionalisme dengan fakta yang menjadi bukti bahwa benar perusahaan tersebut memiliki masalah.

Anda sebagai pemilik bisnis tentunya perlu ikut bekerjasama dan terbuka agar semua masalah-masalah dan hambatan dalam bisnis Anda mampu dideteksi dengan akurat oleh konsultan bisnis. Tentunya konsultan bisnis yang berpengalaman akan bekerja dengan menggunakan model bisnis yang tepat sebagai acuan dan juga SOP perusahaan sebagai pedoman agar tidak adanya penilaian yang subjektif.

Setelah mendeteksi masalah yang ada maka akan dibuatkan laporan hasil deteksi masalah dan dibuat perbandingan fakta yang terjadi di lapangan dan yang seharusnya dilakukan. Dari laporan ini tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat dari aspek mana saja hambatan terjadi dalam bisnis Anda.

2. Memberikan solusi

Mendeteksi masalah hanyalah bagian awal dari program kerja konsultan bisnis. Inti dari tugas konsultan bisnis adalah memberikan solusi terbaik untuk Anda. Konsultan bisnis yang ahli seperti yang ada di GLC akan bersama dengan kliennya, duduk untuk berdiskusi tentang solusi dari masalah-masalah yang telah dilist down. Diskusi akna berhubungan dengan tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki masalah tersebut dan tentunya tindakan pencegahan agar masalah tidak terus terjadi di kemudian hari.

Berdasarkan laporan deteksi masalah tersebut maka konsultan bisnis mengajak pemilik bisnis ikut berpikir dan memberikan beberapa saran untuk penyelesaian masalah tersebut. Namun, tentunya semua keputusan terbaik akan diserahkan kepada pemilik bisnis, hal ini gunanya agar pemilik bisnis ikut andil dan bertanggungjawab atas perubahan yang akan terjadi dalam bisnisnya.

Dengan pengalaman dan keahlian dari konsultan bisnis tentunya tidak hanya solusi namun nasihat-nasihat berharga akan diberikan kepada Anda. Mungkin mahal biaya yang dikeluarkan untuk menyewa seorang konsultan bisnis namun hal ini setara dengan hasil yang Anda dapatkan dan juga untuk masa depan bisnis Anda karena tentunya konsultan bisnis ingin agar masalah ini bisa dibasmi hingga ke akarnya akan tidak terulang lagi.

3. Optimasi Perusahan

Sebagian perusahaan tidak menyadari bahwa kinerja dalam perusahaannya tidak efisien atau bahkan sistem kerjanya kurang efektif bagi karyawannya. Sebagian lainnya menyadari namun tidak tahu cara untuk memperbaikinya. Konsultan bisnis sebagai pihak ketiga yang ahli bisa membantu memberikan wajah bagi perusahaan. Meski hal ini cukup beresiko karena adanya perubahan besar dalam kinerja tiap orang di perusahaan tersebut, namun hal ini tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi perkembangan perusahaan.

Konsultan bisnis akan melakukan evaluasi peruasahaan secara keseluruhan untuk tahu bagaimana cara mengoptimalkan sistem perusahaan. Konsultan bisnis bersama dengan Anda akan merancang ide baru untuk imej perusahaan yang lebih fresh. Tentu saja, bukan hanya imej luar namun juga sistem keseluruhan dari perusahaan harus ikut dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian, produktifitas dari bisnis Anda akan meningkat dan karyawan dapat bekerja lebih efisien.

Anda sebagai pemiliki bisnis tentu diuntungkan karena Anda tidak perlu stress memikirkan sendiri bagaimana membuat bisnis Anda bisa tertata rapi dan impian setiap pebisnis adalah hasil yang banyak dengan kerja yang efisien dan waktu yang efektif serta biaya yang dapat diminimalkan. Konsultan bisnis berpengalaman mampu mengusahakan hasil itu untuk Anda.

Dari ketiga tugas konsultan bisnis tersebut, Anda sudah paham bahwa dengan budget yang besar tentu hasil yang Anda dapatkan dari konsultan bisnisjuga memuaskan bukan? Apabila Anda ingin bertanya lebih detil tentang konsultasi bisnis silakan hubungi konsultan bisnis kami pada kontak yang tertera di halaman berikut ini.

Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan bagikan di sosial media atau rekan bisnis Anda agar mereka lebih paham tentang tugas konsultan bisnis.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!