fbpx

4 Peran Utama Konsultan Bisnis di Indonesia

Peran Konsultan Bisnis

Bisa dikatakan konsultan bisnis di Indonesia sudah banyak, Anda tinggal memilih konsultan seperti apa yang cocok dengan Anda. Namun tahukah seberapa besar Peran Konsultan Bisnis dalam membantu bisnis Anda?

Konsultan bisnis adalah orang yang akan memberikan informasi seputar bisnis, bisa dikatakan mereka memiliki pengetahuan yang lebih tentang dunia bisnis. Jadi, pemilik bisnis seperti Anda cocok untuk mencurahkan dan berdiskusi tentang masalah bisnis Anda sekaligus meminta saran untuk perkembangan bisnis Anda.

Secara garis besar, peran konsultan bisnis dalam pengembangan sebuah perusahaan sangat berpengaruh sekali. Sebagai pemilik bisnis yang tentu banyak sekali goal bisnis yang ingin Anda capai, namun jika tanpa pengalaman dan bekerja sendiri goal itu akan lambat dan bisa jadi susah untuk dicapai. Umumnya pemilik bisnis saat menjalankan bisnis tanpa konsultan bisnis akan bekerja sesuai instingnya dan akhirnya visi dan misinya menjadi blur dan tidak terarah.

Konsultan bisnis sebagai pengarah dalam bisnis Anda dan menjadi tempat Anda mencurahkan semua keluh kesah tentang bisnis Anda. Selain itu juga menjadi pihak ketiga yang menilai langsung perkembangan bisnis Anda.

Untuk pemilik bisnis yang baru mulai membangun bisnisnya, sebaiknya menggunakan konsultan bisnis di awal agar meminimalisir kesalahan dan kegagalan dalam berbisnis karena dengan arahan konsultan bisnis yang berpengalamana tentu resiko dalam bisnis bisa dihilangkan .

Mari lanjut membaca artikel ini sampai selesai agar Anda bisa lebih memahami secara detil bagaimana konsultan bisnis berperang secara spesifik dalam pertumbuhan bisnis Anda. Mari kita simak bersama.

Peran Konsultan Bisnis

1.      Business Planner

Konsultan bisnis adalah orang sudah paham akan seluk beluk dalam dunia bisnis. Ia bisa membantu Anda merancang business plan seperti apa yang cocok agar goal bisnis Anda tercapai dengan cepat. Selain itu juga membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran untuk bisnis Anda agar bisa meminimalisir resiko kegagalan dalam berbisnis.

Konsultan bisnis juga dapat menganalisa competitor anda dalam bisnis yang Anda geluti, memetakan pemasaran, membantu melakukan studi kelayakan serta membantu monitoring project-project yang sedang berjalan. Dengan demikian semua pekerjaan Anda dalam hal monitoring dan supervise terhadap bisnis Anda dapat dikontrol dengan baik dan lebih terkonsep.

Dengan sistem yang telah terancang, bisnis Anda akan berjalan dengan independent dan tugas Anda sebagai pemilik bsinis hanya mengarahkan tim Anda agar bekerja sesuai dengan rancangan yang telah ada.

Pengalaman bisnis dari konsultan mampu mendeteksi resiko kegagalan yang mungkin saja bisa terjadi jika Anda salah menyusun strategi bisnis atau bahkan jika anda salah mengeksekusi sebah rencana atau kurangnya monitor karena pekerjaan yang tidak terkonsep membuat semua bisnis plan yang telah dirancang hasilnay tidak memuaskan.

2.      Mendeteksi Masalah

Naik turun dalam menjalankan bisnis pasti dirasakan hampir semua pebisnis. Anda harus menghadapi segala macam kemungkinan yang terjadi pada bisnis Anda. Masalah bisa saja datang dari internal perusahaan maupun faktor luar seperti demand pasar yang meningkat.

Dengan adanya bantuan dari konsultan bisnis, masalah-masalah baik eksternal dan internal dapat segera dideteksi oleh konsultan bisnis dengan demikian dapat dicari pencegahan atau solusinya sebelum masalah terjadi.

Deteksi masalah yang cepat dari konsultan bisnis akan membantu Anda meminimalisir resiko kegagalan dalam berbisnis. Tidak hanya mampu melihat kulit luar dari sebuah masalah namun melihat secara detil akar permasalahan yang Anda hadapi agar masalah tidak akan terjadi lagi di kemudian hari.

Selain mencegah masalah, konsultan bisnis mampu memberikan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang Anda hadapi. Oleh karena pengalamannya yang banyak dalam dunia bisnis, konsultan bisnis mampu menyelesaikan masalah Anda tepat dan cepat

3.      Mendapatkan Klien

Anda jangan menganggap remeh konsultan bisnis, jangan hanya berpikir bahwa konsultan bisnis hanya fokus menangani masalah klien. Konsultan bisnis adalah orang memiliki jaringan kerja yang sangat luas. Dengan menangani banyak klien maka terbentuk ikatan hubungan baik antara konsultan dan kliennya.

Anda sebagai salah satu klien dari konsultan bisnis bisa menikmati salah satu kelebihan dari konsultan tersebut. Dengan koneksi yang cukup banyak bisa saja Anda memperluas jaringan pertemanan dan kerjasama bisnis sehingga mampu mengembangkan bisnis Anda lebih cepat.

Kelebihan lain dari konsultan bisnis ialah mampu mempengaruhi orang lain, dengan segala pengalaman yang dimiliki oleh konsultan bisnis maka gampang sekali mempengaruhi orang lain. Kelebihannya ini dapat bermanfaat bagi Anda agar menambah customer/klien Anda sehingga hal ini berpengaruh terhadap omset penjualan Anda.

Semakin tinggi omset maka pertumbuhan bisnis Anda semakin meningkat pula. Hal ini yang akan mempercepat bisnis Anda terus berkembang dan mencapai tujuan dari bisnis Anda.

4.      Mengembangkan Perusahaan

Pemilik bisnis mana yang tidak senang jika perusahaannya terus berkembang? Tentu tidak ada. Konsultan bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas mampu mewujudkan mimpi Anda mengembangkan perusahaan Anda agar menjadi besar, dikenal dan tercapai semua goal bisnis Anda.

Goal utama yang dicari pemilik bisnis adalah keuntungan atau profit yang besar. Kemampuan konsultan bisnis yang handal dan berpengalaman seperti konsultan di GLC bisa membantu Anda mewujudkannya dengan konsep bisnis yang telah terarah dan terbukti hasilnya.

Dalam proses mengembangkan perusahaan tentu bukan hal yang gampang dan membutuhkan proses serta kerjasama pemilik bisnis, tim dan konsultan bisnis. Orang-orang dengan visi dan misi yang sama yang mampu bekerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Konsultan bisnis tidak bisa bekerja sendiri jika tidak didukung oleh pemilik bisnsi yang kooperatif. Konsultan bisnis hanyalah pihak ketiga yang melihat keseluruhan bisnis Anda dari segi pandang objektif dan mampu memberikan solusi/masukkan yang terbaik untuk bisnis.

Kembali lagi ke pemilik bisnis bagaimana mengeksekusi dan mengarahkan tim agar semua hal yang telah diatur dan dikerjakan oleh konsultan bisnis bisa mendapatkan hasil yang optimal. Konsultan bisnis memang penting dalam berbisnis namun pemilik bisnis juga harus terus belajar dari konsultan agar dapat menjalankan bisnis secara independent nantinya.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jelas tentang cara kerja konsultan bisnis di Indonesia silakan hubungi saja kontak kami di halaman ini. Jangan lupa bagikan juga artikel ini apabila bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda. Jika Anda adalah pemilik bisnis yang telah menggunakan jasa konsultan silakan bagikan pengalaman Anda dan juga ceritakan tentang kasus yang berhasil Anda kerjakan bersama konsultan bisnis Anda.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!