
“Mengapa Perusahaan Menyewa Konsultan Bisnis Perusahaan?” Banyak orang mempertanyakan hal demikian. Apalagi perusahaan yang sudah besar dan cukup baik sistemnya. Bagi Anda pebisnis muda atau baru mulai merintis simak lebih lanjut ulasan ini karena akan dibahas alasan dari pertanyaan di atas.
Sangat wajar apabila banyak yang bertanya-tanya untuk apa perusahaan besar masih menggunakan jasa konsultan bisnis. Tentu memakan biaya yang lumayan untuk menyewa konsultan bisnis padahal dengan sistem perusahaan yang sudah baik seharusnya permasalahan dalam bisnis dapat diselesaikan.
Namun bagi perusahaan besar, ini adalah hal yang sangat wajar dan tidak memakan biaya yang besar pula. Banyak pertimbangan yang mungkin telah dipikirkan oleh manajemen perusahaan sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan bisnis.
Berikut ini akan kami jabarkan beberapa alasan utama menggunakan jasa konsultan bisnis perusahaan.
1. Membutuhkan Pandangan dari Pihak Ketiga
Pernahkah Anda mencari pendapat atau masukkan dari orang lain baik keluarga maupun sahabat ketika sedang menghadapi masalah? Nah, sama halnya dengan perusahaan. Ketika bertemu dengan masalah yang sulit diputuskan solusinya maka mereka mencari opini dari pihak lain.
Banyak klien cenderung sudah menyiapkan sebuah jawaban namun masih ragu untuk mengeksekusi, maka dibutuhkan konsultan bisnis yang bisa mengecek resiko yang ditimbulkan dari solusi yang ditawarkan klien.
Pandangan lainnya ialah bahwa konsultan bisnis memiliki pengalaman yang sudah banyak dengan berbagai klien berbeda. Dengan pengalaman tersebut, konsultan bisnis dipercaya mampu memberikan perspektif yang berbeda sesuai dengan apa yang pernah ia kerjakan sebelumnya. Selain itu, konsultan bisnis dipercaya mampu memberikan ide yang segar dan inovatif serta tantangan baru kepada perusahaan yang mungkin belum pernah dijalani sebelumnya. Dengan demikian, perusahaan dapat keluar dari zona nyaman dan berkembang dengan baik.
2. Membutuhkan keahlian yang khusus
Hal paling umum yang dicari oleh perusahaan dengan bantuan konsultan ialah, konsultan bisnis menawarkan keahlian yang khusus yang tidak dimiliki karyawan yang bekerja di dalamnya. Dengan kemampuan dari konsultan bisnis pula, mampu membawa perusahaan Anda bertemu dengan orang-orang baru dalam bidang keahlian konsultan misalnya dalam bidang keuangan.
Tentunya hal ini membuka akses bagi perusahaan mendapatkan karyawan dengan keahlian yang mumpuni dan sudah terjamin hasil kerjanya. Perusahaan merasa diuntungkan dengan situasi tersebut dan tentunya mampu membawa sebuah suasana lingkungan kerja yang berbeda bagi timnya.
Perusahaan tidak perlu lagi memberikan penjelasan yang detil dan karyawan yang telah ahli tentu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya sehingga dapat menghemat waktu belajar dan tetap produktif dalam bekerja. Perusahaan sangat diuntungkan apabila karyawan yang bekerja telah berpengalaman dan ahli maka karyawan hanya butuh waktu adaptasi dengan lingkungan kerja dan nantinya bisa mampu menyelesaikan masalah dan bekerja dengan efektif dan efisien.
3. Membutuhkan tenaga tambahan
Umumnya masalah yang dihadapi oleh perusahaan perlu diselesaikan dalam waktu yang singkat, namun karena keterbatasan kinerja karyawan jadi tidak ada yang bisa fokus menyelesaikan masalah tersebut. Sebuah perusahaan tentu tidak bisa hanya fokus pada satu masalah, ada pekerjaan operasional yang harus diprioritaskan, serta setiap karyawan telah diberikan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.
Apabila memperkerjakan seorang karyawan baru untuk menyelesaikan masalah tersebut tentu membutuhkan biaya dan tidak masuk akal. Anda harus memperkerjakan mungkin lebih dari 1 orang untuk menyelesaikan suatu proyek atau masalah yang sifatnya hanya sementara.
Jika kondisinya demikian, konsultan bisnis dapat menjadi solusi yang paling dicari oleh perusahaan. Konsultan bisnis dapat digunakan jasanya dalam periode tertentu. Dengan keahlian dari konsultan bisnis tentu masalah dapat diselesaikan dengan baik dibandingkan Anda memperkerjakan karyawan yang harus Anda latih lagi. Dengan demikian tentu biaya yang Anda keluarkan untuk konsultan bisnis tidak akan sebesar jika Anda menggaji beberapa karyawan. Win-win solution bagi perusahaan karena menghemat biaya dan masalah juga diselesaikan oleh ahli yang telah memiliki pengalaman.
4. Butuh Zona Aman
Kadang kala, perusahaan besar sering mendapatkan tawaran pekerjaan atau proyek yang besar namun menantang atau kontroversial. Nah, tentu hal ini menyulitkan bagi pihak perusahaan untuk membuat sebuah keputusan besar atau bertindak tanpa terlibat dalam masalah kontroversial yang bisa saja berhubungan dengan politik atau hal yang sensitif di masyarakat. Oleh karena itu, konsultan bisnis dibutuhkan sebagai seorang penasihat yang membantu mereka menjadi tameng dalam pekerjaan tersebut.
Konsultan bisnis menjadi penengah antara Anda dengan klien Anda sehingga tidak adanya permasalahan di kemudian hari yang bisa merugikan perusahaan. Dengan demikian, nama baik perusahaan tetap dijaga dan tentunya tawaran pekerjaan dapat diambil. Ini adalah solusi yang paling sering diambil para pemilik perusahaan apabila menangani proyek penting.
Dari keempat alasan tersebut lah, perusahaan mampu mempercayakan urusan bisnisnya kepada konsultan bisnsi perusahaan. Tanpa perlu pusing akan masalah dan biaya masih wajar, konsultan bisnis perusahaan mampu menjadi solusi terbaik dan penasihat bagi perusahaan besar.
Mungkin tidak semua perusahaan menyewa konsultan bisnis perusahaan, namun jika dibutuhkan maka konsultan bisnis perusahaan adalah one-stop solution tercepat apabila Anda perlu menyelesaikan sebuah masalah kritis dan darurat.
Apabila Anda tertarik dengan jasa konsultan bisnis perusahaan silakan hubungi konsultan bisnis kami pada kontak halaman ini dan silakan bagikan juga artikel ini apabila Anda merasakan manfaat dan memberikan informasi penting bagi orang banyak. Semoga bermanfaat, Always Go Big!