fbpx

5 Cara Sukses Mulai Dari Nol Ala Bob Sadino

Cara Sukses Ala Bob Sadino

Tiap orang bekerja atau berbisnis tujuannya adalah Ingin Sukses. Namun, banyak yang mengira dengan bekerja keras bisa menuju kesuksesan. Ternyata tidak demikian.

Nah, jaman sekarang bekerja keras saja tidak cukup membuat Anda sukses. Persaingan yang begitu ketat mengubah segalanya. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai kesuksesan.

Coba lihatlah kebanyakan orang ingin sukses namun masih tidak tahu arah. Akan tetapi mereka terus mencoba. Melakukan banyak trial and error.

Sebelum Anda membaca lebih lanjut, yuk mari berpikir sejenak makna sukses versi Anda seperti apa. Hal simple saja sudah cukup. Ada yang ingin membahagiakan kedua orang tua. Ada yang ingin punya mobil merk A. Definisi sukses tiap orang itu berbeda.

Namun, cara untuk sukses itu tidak banyak. Umumnya orang sukses memiliki cara dan pola pikir yang hampir sama.

Mari lanjut baca artikel ini sampai selesai. Kami akan mengulas cara dari salah satu orang sukses di Indonesia. Beliau adalah Bob Sadino. Seorang pengusaha nyentrik yang berbisnis dari nol. Langsung saja simak rahasia dari Bob Sadino.

5 Rahasia Sukses dari Nol ala Bob Sadino

1. Bebaskan diri dari takut, harapan dan cara berpikir

Ketakutan adalah tantangan terbesar yang perlu dilawan. Takut itu timbul karena sudah nyaman di satu titik.

Seperti halnya Bob Sadino, dengan modal nekat memulai usaha. Bob mulai berbisnis telur ayam negri dari satu rumah ke rumah lain. Tanpa adanya ketakutan akan gagal, ia terus maju. Lihat sekarang kesuksesan seperti apa yang beliau raih?

Lalu, harapan. Nasihat dari Bob Sadino “Jangan berharap terlalu banyak” Memang impian semua orang adalah sukses. Namun, harapan yang terlalu muluk, membuat Anda kecewa. Tidak semua usaha langsung berhasil, semua butuh proses. Harapan yang terlalu banyak, menjadikan Anda kurang fokus.

Kemudian, Bob Sadino juga menerapkan cara berpikir yang simple. Mengapa perlu demikian? Cara berpikir demikian akan lebih mudah menemukan solusi. Jangan memperkeruh masalah dengan pikiran yang berlebihan.

2. Mau Belajar dan Berpikir Kreatif

Belajar itu tidak hanya di sekolah atau perguruan tinggi. Menurut Bob Sadino, paling efektif belajar adalah dari kehidupan sekitar. Biasanya dari sana muncul banyak kejadian tak terduga. Anda dituntut untuk mampu mengatasi masalah yang hadir.

Lalu tentang berpikir kreatif. Anda bertanya, “Saya bukan orang yang kreatif, bagaimana caranya?” Berpikir kreatif bukan berarti menjadi orang kreatif. Namun, artinya Anda bisa berpikir dari sisi yang berbeda dan unik.

Memiliki pandangan yang lain dari orang pada umumnya. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan sebuah ide yang unik. Lihatlah segala aspek dalam membentuk sebuah bisnis. Jangan hanya fokus dengan satu aspek saja. Inilah caranya agar dapat berpikir kreatif.

3. Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Setiap bertemu dengan orang baru, selalu kosongkan gelas Anda. Jadilah orang yang rendah hati dan mau belajar. Ibarat ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk. Banyak orang sukses yang meski sudah kaya namun masih tetap belajar.

Menurut Bob Sadino, tiap orang yang kita temui pasti memiliki pelajaran yang mungkin tidak kita ketahui. Oleh karena itu, selalu ingat kosongkan gelas Anda dan selalu haus akan ilmu dari orang lain.

Dengan demikian, Anda belajar menghargai orang lain sekaligus belajar dari pengalaman dan kesalahan mereka. Jadi, tanpa perlu mengalaminya Anda sudah tahu bagaimana mencegah masalah tersebut.

4. Berani Ambil Resiko dan Action

Banyak pemula dalam bisnis tidak berani menghadapi resiko. Takut akan gagal atau bangkrut. Seperti yang dibahas di atas. Oleh karena itu, mereka cukup baik dalam perencanaan, namun tidak bisa take action.

Umumnya hal ini dialami oleh millenial jaman sekarang. Menurut Bob Sadino, eksekusi menentukan 90% kesuksesan Anda.

Yang terpenting dari take action adalah MULAI. Anda paksakan diri untuk melakukannya. Dengan demikian, ini akan berubah jadi sebuah kebiasaan. Ibarat belum perang namun sudah menyerah dulu. Mental ini yang harus dipupuk dari awal berbisnis.

5. Kerja keras dan Kerja Cerdas

Pepatah mengatakan bahwa kerja keras agar sukses. Ini masih berlaku namun jaman sekarang, kerja keras saja tidak cukup. Anda perlu untuk kerja cerdas.

Bagaimana kerja cerdas itu? Artinya ialah bekerja secara efektif dan efisien. Efektif berarti mampu memanfaatkan segala sumber daya yang ada. Efisien berarti menggunakan waktu atau produk dengan minim namun menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai.

Bob Sadino menyarankan agar bekerja dengan orang yang ahli. Beliau berkata, “Orang goblok butuh orang lain untuk mengejar kesuksesan, yaitu mereka dengan gelar sarjanan”

Jadi meski Anda tidak cerdas secara akademis, jangan patah semangat untuk sukses. Anda masih punya kesempatan untuk sukses.

Dari kelima cara di atas, tentu Anda punya gambaran bagaimana Bob Sadino bisa menjadi orang yang sukses. Sebagai pemula dalam bisnis atau bagi yang sudah sukses, tetap ingat akan hal ini. Menjadi sukses bukan berarti berhenti belajar namun harus terus mengembangkan diri agar bisa bertahan. Hal yang paling sulit bukan membangun bisnis namun mempertahankannya.

Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda jangan lupa untuk dishare agar turut memberi manfaat bagi orang lain. Always Go Big!

Looking for GLC for Corporate? Find it here.