fbpx

5 Kelebihan dari Business Coaching NLP

Business Coaching NLP

NLP (Neuro Linguistic Program) adalah sebuah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang berhubungan dengan neurologi, bahasa dan pola perilaku. Pendekatan ini ditemukan oleh dua orang yang berprofesi sebagai pembicara yakni Richard Bandler dan John Grinder.

NLP ini adalah sebuah teknik komunikasi dimana Anda melihat respon non verbal dan verbal dari lawan bicara Anda. Dari respon tersebut Anda mendapatkan informasi untuk melakukan pendekatan yang cocok terhadap lawan bicara.

Lalu bagaimana jika mengaitkan NLP dengan bisnis coaching? Telah dijelaskan tentang NLP secara garis besar, coaching dengan NLP sangat efektif. Hal ini dikarenakan coach mendapat panduan model, teknik dan proses yang dapat dilakukan. Sehingga dapat membantu memberi perubahan dan membantu klien mencapai tujuan yang diinginkan.

Banyak teknik dari NLP yang dapat dilakukan untuk coaching, dari memberikan motivasi hingga menciptakan visi untuk masa depan. Sebagai pemilik bisnis tentu akan lebih menikmati proses coaching.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam tentang manfaat NLP dalam bisnis coaching. Bagi Anda pemilik bisnis yang sedang mendalami bisnis coaching atau mencari bisnis coach NLP, silakan baca artikel ini sampai selesai agar Anda lebih memahaminya. Mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Manfaat NLP dalam bisnis coaching

1.      Chemistry antara coach dan coachee lebih cepat dicapai

Dalam bisnis coaching, ada kecenderungan tidak nyaman pada awalnya antara bisnis coach dan coachee. Ketidaknyamanan ini dikarenakan Anda sebagai pemilik bisnis belum kenal dengan coach Anda. Biasanya orang akan lebih defensive dengan orang yang belum dikenal/baru dijumpai.

Bisnis coach akan memecah barrier ini dengan mulai bertanya hal-hal kasual pada Anda. Nah, apabila bisnis coach Anda memahami tentang Bisnis Coaching berbasis NLP, proses pengenalan Anda akan berjalan lebih cair. Bisnis coach mampu memahami dan mengenal bagaimana cara komunikasi yang cocok untuk Anda.

Hal ini membuat chemistry antara Anda dan bisnis coach lebih cepat terjalin. Selain itu, Anda akan lebih nyaman untuk mulai menceritakan tentang masalah dalam bisnis Anda.

2.      Coachee lebih leluasa mengeluarkan aspirasi dengan baik

Setelah proses pengenalan yang berjalan dengan baik, bisnis coach akan mulai mengumpulkan informasi terkait masalah Anda. Teknik NLP membuat bisnis coach bisa memahami Anda dari respon non-verbal yakni melalui panca indera Anda.

Teknik NLP dilakukan bisnis coach untuk mengumpulkan informasi atau data tentang diri Anda. Setelah itu mulai menggali masalah Anda dengan pertanyaan yang membuat Anda nyaman untuk bercerita. Hal ini membuat Anda lebih merasa klik dan bisa mencurahkan semua permasalahan Anda.

Melalui teknik NLP juga Anda dituntun menuju ke aspirasi yang bisa menjadi solusi bagi masalah Anda. Anda sendiri yang memilih solusi Anda berdasarkan pertanyaan yang diarahkan oleh bisnis coach. Bisnis coaching dengan NLP membuat Anda lebih mudah paham akan pertanyaan yang dilontarkan bisnis coach.

3.      Coachee lebih bertanggung jawab atas apa yang diinginkannya

Dalam proses coaching, coachee dituntut untuk bertanggung jawab atas hasil yang Anda pilih. Secara tidak sadar, jawaban yang Anda berikan membuat Anda terikat untuk melaksanakannya. Teknik NLP juga berhubungan dengan pola berpikir manusia.

Pola pikir manusia terdiri dari kumpulan dari berbagai pengalaman. Apabila kita bisa mengubah pola pikir ini tentu akan mempengaruhi cara pandang juga. Bisnis coach mencoba merubah pola pikir Anda sehingga Anda melihat sebuah masalah bukan menjad beban namun sebuah puzzle yang perlu disusun agar terpecahkan.

Cara ini membuat Anda menikmati proses mencari solusi. Oleh karena itu,  Anda tidak terbeban dan lebih bertanggung jawab terhadap goal dan tindakan Anda.

4.      Coachee lebih termotivasi

Pikiran dan badan adalah sebuah kesatuan sistem. Jika Anda bisa merubah pikiran maka bisa merubah kemampuan/ tindakan Anda. Cara bernapas, dan cara kerja organ Anda nantinya bisa merubah sistem pikiran Anda. Hal ini sangat menarik karena dengan demikian apa yang Anda rasakan juga ikut berubah.

Motivasi itu muncul dari apa yang Anda rasakan. Bisnis coach tidak hanya melontarkan pertanyaan namun ikut ambil alih dalam perubahan diri Anda. Hal ini lebih fun dibandingkan duduk berjam-jam berbicara dengan coach.

Bisnis coaching berbasis NLP membuat Anda merubah diri Anda terlebih dahulu. Perubahan inilah yang menciptakan motivasi diri. Sehingga hasilnya akan berpengaruh terhadap bisnis Anda. Bisnis adalah cerminan dari bagaimana pemilik bisnis bersikap dan bekerja di dalamnya.

5.      Coachee dituntun untuk mengeluarkan inovasi baru

Sebenarnya manusia memiliki segala macam sumber daya yang lengkap. Suara dan perasaan sebagai sumber, melihat sebuah gambar dalam pikiran, bahkan memiliki suara batin yang bisa menjadi penuntun.

Dengan segala macam sumber daya ini tentu butuh cara yang tepat untuk menggali kemampuannya. Bisnis coach yang handal seperti yang ada di GLC berguna untuk menggali potensi diri dari coacheenya. Melalui Teknik NLP ini kemampuan diri Anda digali sehingga dapat diketahui dimana kelebihan Anda.

Potensi diri inilah yang mulai ditonjolkan dan didukung terus. Sehingga Anda sebagai individu yang mampu menggunakan kemampuan Anda menciptakan inovasi baru untuk bisnis Anda. Bisnis juag akan lebih cepat berkembang.

Dari kelima manfaat di atas, Anda tentu paham bagaimana bisnis coaching NLP  sangat berguna untuk pemilik bisnis sukses seperti Anda. Bisnis coach adalah fasilitator bagi Anda. Dengan teknik yang tepat membuat pemilik bisnis lebih nyaman dan cepat mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jika Anda ingin berkonsultasi tentang bisnis silakan hubungi bisnis coach kami di kontak yang ada di halaman ini.

Apabila artikel ini bermanfaat bagi anda silakan share ke teman-teman Anda. Salam sukses, Always Go Big!