fbpx

5 Manfaat Dahsyat Manajemen Bisnis Proses

Manfaat Manajemen Bisnis Proses

Bisnis proses dari UMKM umumnya cukup sederhana. Pemilik bisnis cenderung tidak memiliki bisnis proses yang kompleks. Sesederhana apapun sebuah bisnis proses, hal ini cukup penting. Manajemen bisnis proses yang baik mempengaruhi kinerja bisnis Anda.

Banyak pemilik bisnis yang kurang peduli akan hal ini. Bagi mereka bisnis berjalan secara alami saja. Kurangnya pengetahuan menjadi salah satu alasan bisnis proses tidak disusun dengan baik.

Secara harfiah, bisnis proses adalah sebuah sistemasi kerja yang memudahkan alur kerja perusahaan menjadi lebih efektif  dan mudah dimengerti. Dari definisi sederhana ini Anda tentu paham seberapa pentingnya bisnis proses dalam bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang sudah menjalankan bisnis proses dalam usaha Anda tentu memahami manfaat dan pengaruhnya. Bagi Anda yang belum menjalankannya, silakan baca artikel ini lebih lanjut. Di bawah ini akan dijabarkan lebih jelas manfaat dari manajemen bisnis proses dalam usaha Anda.

Manfaat Manajemen Bisnis Proses

1.  Hemat Biaya

Manajemen Bisnis Proses yang baik akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Dampak itu seperti mengurangi biaya yang berkaitan dengan proses bisnis  dan meningkatkan kualitas kerja  serta produktifitas karyawan.

Saat Anda mengimplementasikannya di awal mungkin tidak langsung terlihat manfaatnya. Namun, seiring berjalannnya waktu akan nampak hasil nyatanya. Misalkan saja lead time yang diminimalkan sehingga kurva penjualan produk berubah. Konsumen mendapat pelayanan yang optimal. Permintaan meningkat, penjualan lebih tinggi  dan peningkatan profit.

Selain itu, Manajemen Bisnis Proses juga mengatur efisiensi pemakaian bahan/sumber daya sehingga tidak adanya pemborosan bahan. Dengan demikian, limbah akan dapat ditekan jumlahnya. Kemudian, dilakukan penanganan atas limbah yang dihasilkan dari produksi.

2.  Efisiensi dan Efektifitas Kinerja

Hal yang paling berdampak dari implementasi manajemen bisnis proses ialah Efisiensi dan Efektifitas. Bisnis Proses sudah terorganisir dari awal hingga akhir prosesnya. Melalui system ini, perusahaan dapat memantau kinerja dari karyawannya.

Jika terjadi masalah dalam satu bidang maka akan saling terkoneksi satu sama lain. Dengan demikian, masalah dapat cepat diselesaikan langsung ke sumbernya. Selain itu juga perusahaan akan dapat membuat system antisipasi agar masalah tidak terulang kembali. Oleh karena itu, Manajemen Bisnis Proses ini membantu perusahaan menghilangkan berbagai hambatan. Selain itu mengurangi juga lead time, meningkatkan level kinerja, membantu optimalisasi proses bisnis dengan otomatisasi. Hal ini sangat baik karena mengurangi berbagai kesalahan yang mungkin terjadi.

3.  Praktis dan Transparan

Secara mendasar, Manajemen Bisnis Proses sekarang ini menggunakan teknologi dalam prakteknya. Hal ini memungkinkan bagi perusahaan untuk lebih mudah melacak  dan menilai kinerja proses bisnis secara real time.

Dengan teknik demikian, maka transparansi dalam bisnis Anda lebih meningkat. Transparansi ini membuat perusahan dapat menilai manajemen bisnisnya lebih akurat. Jadi lebih mudah apabila diperlukan perubahan struktur atau modifikasi proses bisnis yang telah berjalan.

4.  Konsumen Senang, Staff Puas

Dengan system kerja yang otomatisasi, membuat kinerja dalam bisnis lebih efektif. Oleh karena itu, pelayanan terhadap konsumen Anda akan ikut meningkat pula. Anda dan tim Anda memiliki lebih banyak waktu untuk memperhatikan kualitas pelayanan Anda.

Konsumen sebagai sumber dari pendapatan usaha Anda sangat mempengaruhi flow dari bisnis. Jika Anda mampu memberikan pelayanan yang memuaskan tentu hal ini akan mempengaruhi pe jualan dan profit Anda.

Jika konsumen adalah sumber pendapatan, maka staff adalah aset berharga Anda. Staff yang bekerja dengan optimal dan efektif tentu hasilnya akan memuaskan. Pembagian porsi kerja yang tepat dan tertata membuat staff nyaman bekerja. Dengan demikian, staff menjadi lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak output bagi usaha Anda. Kepuasan staff mempengaruhi bagaimana bisnis Anda berjalan dan tentunya memberi dampak bagi pelayanan konsumen pula.

5.  Ketaatan, Keselamatan dan Keamanan

Melalui Manajemen Bisnis Proses, Anda dibantu dengan sajian informasi yang Anda perlukanterkait kewajiban Anda, Hal ini seperti laporan keuangan, regulasi terbaru yang harus ditaati dan disosialisasikan. Sistem Manajemen Bisnis Proses akan menjaga usaha Anda berada di koridor dan standar yang benar dan tepat. Dengan demikian, perusahaan lebih taat akan peraturan dan norma yang ada,

Keselamatan dan Keamanan, dua hal ini jarang menjadi perhatian dari pemilik bisnis. Dengan adanya manajemen bisnsi proses maka hal ini dapat dikendalikan. Dalam system manajemen bisnis proses, telah diatur dan ditetapkan standar keamanan dan keselamatan. Kemudian adanya dokumentasi sebagai bukti penunjang. Didukung oleh kebijakan perusahaan dan pengawasan tentu mampu mendorong staff ikut menjaga aset perusahaan. Selain itu mengurangi penyalahgunaan dan pencurian informasi pribadi.

Banyak pemilik bisnis yang sadar akan pentingnya Manajemen Bisnis Proses namun tidak tahu harus memulai dari mana. Setelah membaca ulasan tentang manfaat manajemen bisnsi proses, Anda tentu ingin segera mengimplementasikannya.

Apabila Anda bingung untuk memulainya, Anda bisa meminta bantuan dari konsultan bisnis proses. Konsultan bisnis proses yang ahli seperti yang ada di GLC sudah pasti paham menyusun bisnis proses yang sesuai dengan kultur dan kebijakan perusahaan Anda. Dengan demikian,  Anda dan staff akan tetap nyaman bekerja meski adanya perubahan system.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang konsultan bisnis proses silakan hubungi kami di kontak yang ada di halaman ini. Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan di social media Anda. Semoga bermanfaat, Always Go Big!