fbpx

5 Skill Coaching Yang Wajib Dipelajari Para Pemimpin

Leadership Coaching Skill

Makin banyaknya perusahaan sadar akan gunanya teknik coaching di perusahaan. Selain itu metode ini cocok untuk manajemen pemimpin perusahaan.

Pemimpin disinilah beda artinya dengan Boss. Boss lebih cenderung adalah orang yang memberi perintah. Lain halnya dengan Pemimpin yang bekerja bersama dengan anggotanya. Nah teknik coaching ini lebih cocok diterapkan untuk Pemimpin perusahaan.

Jaman sekarang, bahkan banyak perusahaan mencantumkan skill coaching sebagai kualifikasi untuk jabatan manager/leader. Sekilas tentang coaching bagi Anda yang baru tahu istilah ini. Coaching adalah sebuah teknik bertanya dari seorang coach kepada coachee guna mendapatkan jawaban atas tujuan yang ingin dicapai. Coaching ini bukan hanya untuk kebutuhan professional namun juga untuk kehidupan personal.

Banyak pemimpin yang belajar teknik coaching dari bisnis coach berpengalaman seperti yang ada di GLC. Disini bisnis coach adalah orang yang punya track record bisnis yang bisa dipercaya dan dijamin kesuksesannya.

Kembali ke pembahasan coaching untuk leader, mengapa teknik ini cocok bagi pemimpin perusahaan? Alasan paling sederhana adalah agar pemimpin bisa memberikan kebebasan beraspirasi bagi karyawannya sekaligus menjalin bonding antara atasan dan bawahan.

Anda tentu bertanya kira-kira dari teknik coaching ini skill apa yang penting untuk dipelajari? Silakan baca artikel ini sampai selesai karena akan diulas tentang beberapa skill coaching yang penting bagi leader. Dari bahasan ini diharapkan leader dapat lebih memahami teknik dasar coaching dan bisa menerapkannya di perusahaan. Langsung saja kita simak bahasan berikut ini.

Skill Coaching Untuk Pemimpin.

1.      Rasa Empati

Empati ini tentang cara berhubungan antar sesama individu tanpa adanya penilaian atau perasaan pribadi. Dengan mengembangkan bakat empati ini, pemimpin dapat membangun kepercayaan dari karyawan Anda. Rasa empati yang terjalin antara pemimpin dan anggotanya membuat anggota percaya dan merasa aman dengan arahan dan keputusan dari pemimpin.

Jadi, misalkan saja pemimpin membuat sebuah keputusan yang sulit dan bahkan beresiko tidak akan mengurangi dukungan dari karyawan. Mereka percaya bahwa Anda sebagai pemimpin telah membuat keputusan yang terbaik dan tidak akan mengecewakan.

Untuk melatih bakat ini tentunya butuh proses yang tidak singkat. Anda harus menjadi contoh dan bertanggung jawab atas apa yang Anda katakana dan putuskan. Jika Anda bisa membuktikan dari tindakan dan perkataan Anda inilah yang dapat memunculkan empati dari anggota Anda.

2.      Selalu Punya Rasa Penasaran

Tetaplah menjadi penasaran akan hal apapun. Rasa ingin tahu yang tinggi ini sangat berguna. Dalam teknik coaching, rasa penasaran ini dikelola dengan memberi pertanyaan yang mentrigger anggota untuk berpikir.

Nah, rasa penasaran Anda sebagai pemimpin penting. Usahakan selalu penasaran tentang keadaan bawahan Anda. Namun, tetap posisikan diri Anda sebagai partner kerja mereka bukan membuat mereka merasa terintimidasi. Rasa penasaran berbeda halnya dengan Cuma ingin tahu dan ingin mencari tahu(discover).

Penasaran ini membuat Anda tidak membuat penilaian yang subjektif namun hanya karena Anda ingin menelusuri lebih dalam. Setelah Anda tahu, anda tidak akan melanjutkan lagi dengan memberi penilaian apapun akan hal itu. Tetap jadilah objektif dan asah rasa penasaran Anda agar Anda lebih paham akan keseluruhan gambaran tentang masalah atau sebuah pekerjaan.

3.      Mampu Mengenali Kekuatan/ Kelebihan

Seorang pemimpin dan coach yang hebat mampu menemukan titik terang dari anggotanya. Cara lama yang menyarankan Anda untuk mencari titik lemah lalu memperbaikinya tidak dapat digunakan lagi jaman sekarang.

Pemimpin jaman sekarang harus menggali dan menonjolkan keunikan dan kekuatan dari tiap anggotanya. Hal ini memastikan bahwa tiap karyawan bisa bekerja dengan maksimal pada bidang keahliannya. Lalu, hasil tersebut sudah pasti berhasil dan terbaik untuk kelangsungan bisnis.

4.      Menjadi Partner Kerja yang Baik

Sulit bagi tiap pemimpin perusahaan untuk bisa membuat dirinya setara dengan anggotanya di perusahaan. Selalu ada batasan yang dibuat antara pimpinan dan anggotanya. Hal inilah yang menjadi tantangan terbesar yang harus dipecahkan.

Menjadi partner dalam bekerja akan mampu meningkatkan kesuksesan bisnis. Seorang leader yang hebat bukan mengarahkan namun bersama-sama mencapai kesuksesan.

Memimpin artinya membentuk sebuah suasana kerja dimana anggota Anda merasa didengarkan, pengalaman mereka dinilai dan diakui, sehingga tiap keputusan dari pemimpin akan didukung anggotanya. Mereka paham bahwa pemimpin mereka dapat menjadi partner yang membawa sukses bagi bisnis yang dijalankan ini.

5.      Menciptakan Strategi Terbaik untuk Perubahan

Perubahan berkala dalam perusahaan bisa saja terjadi. Hal ini guna membuat perusahaan terus berkembang ke arah lebih baik. Namun tidak semua anggota mau mengikuti perubahan dan cocok dengan perubahan. Oleh karena itu dibutuhkan pemimpin yang bisa mengarahkan dan membuat anggota tetap percaya terhadap arahannya.

Memimpin sekaligus menghubungkan tiap orang membutuhkan keahlian. Keahlian tersebut adalah menciptakan perubahan dan mengarahkan orang untuk menjalankannya. Seorang pemimpin yang hebat akan membangun perubahan dengan menciptakan masa depan yang dapat dicapai bersama untuk perusahaan.

Pemimpin harus menginspirasi dan membuat langkah perubahan melalui interaksi antar individu. Dengan demikian, barulah bisa mengarahkan anggotanya untuk mengikuti perubahan. Meskipun dalam prosesnya mengalami sedikit kendala.

Dari kelima keahlian ini bisa menjadi modal bagi pemimpin untuk membawa timnya menuju kesuksesan dan sekaligus mendapat kepercayaan dari anggotanya. Memimpin tidak harus dengan perintah. Namun memimpin dengan hati bisa memberi dampak yang luar biasa bagi kesuksesan sebuah tim.

Apabila Anda ingin berdiskusi lebih detil tentang coaching, silakan hubungi bisnis coach kami melalui kontak yang ada di halaman ini. Jika artikel ini bermanfaat silakan praktekkan dan bagikan juga kepada rekan bisnis Anda dan leader di perusahaan Anda. Semoga berguna, Always Go Big!

Looking for GLC for Corporate? Find it here.