fbpx

5 Trik Jitu Bisnis Untung Besar

Trik Jitu Bisnis Untung

Bisnis-bisnis kecil yang tergolong usaha menengah kecil dan mikro mudah dijalankan. Banyak pemula dalam bisnis yang aktif mendirikan usaha jenis ini. Namun, meski mudah dijalankan kadang kala masih sulit bagi pebisnis mendapatkan untung. Malah banyak yang masih merugi dan sulit mengatur bisnisnya.

Hal ini dipicu juga oleh kurangnya pengalaman dalam berbisnis. Banyak pemilik bisnis yang hanya modal nekat atau bahkan mengandalkan skill saja. Berbisnis tentu tidak semudah yang dipikirkan. Manajemen bisnis adalah kunci mempertahankan bisnis berjalan dengan baik.

Bagi Anda pemilik bisnis yang mengalami kendala yang sama, mari berbagi pengalaman Anda. Mungkin saja bisnis coach kami bisa memberikan solusinya. Nah, sementara itu mari lanjut membaca artikel ini sampai selesai.

Pada artikel kali ini akan diulas tentang beberapa trik jitu bisnis agar cepat balik modal. Ini bisa menjadi masukkan bagi Anda pemula bisnis. Mari kita simak berikut ini.

Cara Jitu Bisnis yang Menguntungkan

1.      Lokasi strategis

Lokasi bisnis adalah factor dasar penungjang bisnis. Hal ini perlu dipertimbangkan sebelum memulai usaha. Lokasi bisnis yang strategi menentukan berapa banyak pengunjung yang datang ke took Anda.

Apabila lokasi bisnis Anda berada di pusat keramaian maka akan lebih banyak calon customer Anda. Selain itu, tempat yang mudah diakses menjadi nilai tambah. Semakin baik lokasi Anda maka semakin tinggi penghasilan Anda.

Sebaiknya carilah lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus atau perkantoran. Di lokasi tersebut tentu target konsumen Anda sudah dipastikan akan banyak. Jadi peluang bisnis Anda juga besar.

2.      Biaya operasional ditekan

Pada awalnya Anda membangun bisnis, tentu cukup banyak modal yang dikeluarkan. Selain itu biasanya biaya operasional akan lebih tinggi dari penghasilan Anda. Biaya ini akan meningkat sering ramainya bisnis Anda.

Apabila memungkinkan, minimalisir biaya operasional usaha Anda serendah mungkin. Hal ini agar Anda tidak mengalami kerugian yang cukup besar. Kerugian yang cukup signifikan akan makin lama mencapai titik balik modal Anda.

Anda mungkin bisa mencari supplier dengan harga bahan baku lebih murah. Selain itu, Anda bisa membeli mesin/alat yang bekas tapi masih bagus kualitasnya. Bisnis baru bukan berarti harus menggunakan segala fasilitas yang baru juga. Banyak pebisnis yang mulai berusaha dengan cara demikian.

3.      Rekrut karyawan berpengalaman

Karyawan yang sudah memiliki pengalaman lebih diutamakan dalam bisnis Anda. Selain karena kinerjanya yang lebih lihai, waktu kerjanya juga menjadi lebih efisien. Karyawan berpengalaman tidak perlu Anda ajari dengan susah payah.

Anda juga bisa menaruh kepercayaan kepadanya. Namun tidak salahnya menerima karyawan baru. Anda masih bisa melatihnya namun perlu waktu yang lebih lama. Beberapa hal seperti kedisplinan dan attitude bekerja menjadi dasar perekrutan setiap karyawan.

4.      Pelayanan yang ramah

Apabila Anda pemula dalam dunia bisnis, kesan pertama bisnis Anda sangat penting. Kesan pertama selalu membekas di ingatan customer Anda. Kesan yang buruk akan terus diingat. Oleh karena itu, berikan pelayanan yang ramah bagi customer Anda.

Latihlah karyawan Anda atau bangun sebuah kultur tentang keramahan terhadap customer Anda. Hal ini akan memberikan kesan positif. Ingatlah bahwa informasi selalu lebih cepat dari mulut ke mulut. Jika konsumen mendapat kesan negatif maka bisnis Anda dijamin akan sepi.

5.       Bekerja sama dengan Bisnis Coach Handal

Hal terakhir dan menjadi rahasia jitu adalah bekerja sama dengan coach handal. Apapun jenis bisnis Anda, bekerja dengan orang yang lebih pengalaman tentu lebih baik. Selain, mampu memberi arahan juga meminimalisir resiko gagal Anda.

Bisnis coach handal seperti yang ada di GLC mampu mengorek potensi diri Anda. Tidak hanya itu, dengan pengalamannya, pelatih bisnis bisa memberikan strategi bagi perkembangan bisnis Anda. Bisnis coach adalah partner kerja yang Anda butuhkan pada jaman sekarang.

Modal nekat saja tidak cukup dalam berbisnis. Dibutuhkan ketrampilan dan pandangan bisnis yang mampu membaca situasi pasar. Hal ini tidak mungkin dimiliki pemula dalam bisnis. Namun, hal ini ada di diri seorang bisnis coach. Bisnis coach bisa menganalisa bisnis Anda dari segala aspek

Bisnis coach tidak hanya membantu Anda dengan bisnsi Anda. Namun, ia juga membantu Anda melihat potensi diri dan karakter Anda. Sehingga Anda tidak hanya bekerja untuk bisnis, tapi untuk diri Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda adalah pemimpin. Anda nantinya yang akan memimpin tim Anda. Jadi, coach tentu akan focus pada karakter Anda. Hal ini akan berefek pada Anda dalam memimpin karyawan Anda. Jika pemimpin tidak tahu mengarahkan bagaiman bisa memimpin. Pemilik bisnis juga harus paham akan masalah dalam bisnis. Bisnis coach ibarat sebuah kamus bisnis yang cukup baik bagi Anda.

Dari kelima cara jitu yang disampaikan, ada beberapa hal yang mungkin Anda sudah ketahui. Tidak sulit membangun bisnis namun butuh kerja extra mempertahankannya. Jika bagi Anda bisnis hanya tentang profit maka Anda salah besar. Anda perlu memahami bisnis Anda untuk dapat menjalankannya dengan baik.

Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan kepada orang sekitar Anda. Semoga bermanfaat, Always Go Big!