fbpx

Bisnis Coaching dan Kelebihannya

Kelebihan dari Bisnis Coaching

Banyak yang sudah kenal dengan istilah coaching. Bisnis coaching sudah banyak diterapkan di negara maju. Hal ini karena efektifitasnya dalam meningkatkan performa. Selain itu, membentuk perubahan diri dan lingkup kerja ke arah yang lebih positif..

Selain bisnis coaching, istilah mentoring, training dan konsultasi juga cukup dikenal dalam bisnis. Banyak yang menganggap bahwa semua itu sama. Namun kenyataannya berbeda. Meski tujuannya yang sama yakni membantu menyelesaikan masalah dalam bisnis.

Pada dasarnya coaching adalah proses bertanya dan menggali jawaban atas masalah yang dihadapi oleh coachee. Sementara mentoring, dimana seorang ahli akan memberikan arahan dalam menyelesaikan masalah. Lalu, konsultasi adalah proses dimana konsultan menyelesaikan masalah untuk kliennya. Beda lagi dengan training dimana seorang ahli memberikan materi pelatihan untuk menambah pengetahuan yang mungkin terkait dengan masalah yang sedang dihadapi.

Nah, setelah Anda pahami tentang perbedaannya, menurut Anda apakah coaching itu penting? Coba berikan pandangan Anda di bawah ini. Sementara itu, silakan baca artikel ini sampai selesai jika Anda tertarik untuk tahu alasan dan kelebihan dari coaching. Mari kita simak bersama.

Alasan Coaching itu Penting

Dalam bisnis, untuk cepat mencapai tujuan yang diinginkan Anda butuh bantuan. Bantuan bisa dari anggota Anda dan juga dari ahlinya. Nah, orang yang berpengalaman salah satunya adalah bisnis coach. Prinsip dasar coaching itu seperti yang dijelaskan di atas.

Pada saat coaching, Anda akan diarahkan untuk mendapatkan solusi atau ke tujuan yang ingin dicapai. Coach adalah orang yang berperan penting dalam proses ini. Coach bisa menilai secara objektif, memperjelas sasaran  dan membantu Anda menyelesaikan masalah yang rumit.

Coach yang berpengalaman seperti yang ada di GLC berperan besar mengubah Anda ke arah sukses. Kesuksesan bukan hanya dari segi bisnis namun kehidupan pribadi juga. Coach bisa mengarahkan Anda relatif lebih cepat dibandingkan Anda sendiri belajar secara otodidak.

Kelebihan Coaching

1.      Memaksimalkan cara kerja otak Anda dan berpikir secara efektif.

Proses coaching membuat Anda berpikir lebih maksimal dalam mencari solusi. Coach adalah seorang fasilitator yang bisa mengarahkan Anda. Caranya dengan memberikan pertanyaan yang merangsang pemikiran Anda. Anda diajak untuk berpikir efektif guna menyelesaikan masalah Anda sendiri. Selain itu, coach menuntut Anda untuk berpikir dari segi pandang berbeda. Karena bisnis coach bisa menilai bisnis Anda dari seluruh aspek yang ada.

Namun, coach perlu tahu dan paham akan masalah dan goal Anda sebelum mulai proses coaching. Proses tanya jawab ini akan dilakukan sampai Anda mendapatkan jawaban yang sesuai goal Anda.

2.      Menyelesaikan masalah dan mengembangkan potensi berpikir kritis.

Pada dasarnya dalam coaching, bisnis coach tidak akan memberikan Anda solusi. Anda adalah orang yang harus menyelesaikan masalah Anda sendiri. Bisnis coach bersifat netral dan objektif dalam membantu Anda. Inilah kelebihan coach yang membuat Anda menjadi mandiri.

Anda terlatih untuk berpikir kritis untuk mendapatkan solusi. Hal ini karena dalam coaching secara tidak langsung dengan menjawab pertanyaan yang diarahkan membuat Anda terlatih berpikir kritis. Anda dilatih mengolah informasi sebelum memberikan jawaban.

3.      Mengembangkan kreatifitas Anda untuk berinovasi pada hal baru

Coaching dapat mengembangkan kreatifitas Anda. Hal ini terlatih secara tidak sadar saat Anda menjawab pertanyaan dari coach. Anda terus berpikir dan menggali kreatifitas untuk menemukan solusi yang tidak Anda sadari. Proses berpikir kreatif akan membuat Anda menemukan inovasi terbaru dalam menjalankan bisnis Anda.

Selain itu, dengan bantuan bisnis coach berpengalaman Anda paham akan tren bisnis yang sedang terjadi. Sehingga Anda mendapatkan ide-ide baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

4.      Bertanggung jawab dan pro-aktif.

Coaching membuat Anda lebih bertanggung jawab terhadap tindakan Anda. Hal ini karena Anda sendiri yang menetukan apa yang harus dilakukan. Sehingga memunculkan sis tanggung jawab untuk menyelesaikan apa yang telah dikerjakan.

Selain itu, Anda lebih aktif untuk mengambil inisiatif ketika menghadapi kendala. Melalui coaching, Anda mulai terbentuk rasa tanggung jawab atas bisnis Anda. Anda terpacu untuk lebih aktif dalam mencari solusi. Anda juga inisiatif dalam bertindak dan bekerja tanpa perlu adanya paksaan.

5.      Mau menghadapi masalah ketika masalah itu muncul.

Banyak orang cenderung menjauh ketika masalah datang. Ada yang bahkan membiarkan masalah itu berlarut-larut. Namun, hal ini tidak akan dibiarkan oleh bisnis coach. Setelah Anda mengikuti coaching, Anda akan lebih berani dalam menghadapi masalah.

Dalam dunia bisnis, masalah akan terus muncul. Prinsipnya adalah tanpa masalah bisnis Anda dan diri Anda tidak akan bisa berkembang. Anda tidak mendapat pembelajaran apapun. Melalui coaching, setiap masalah dapat Anda selesaikan. Hal ini yang membuat Anda tidak takut menghadapi masalah.

6.    Mengembangkan kekuatan pribadi Anda.

Proses coaching mampu menggali potensi dan kekuatan diri Anda. Anda sebagai seorang pemilik bisnis perlu tahu dimana kekuatan diri Anda. Hal ini berguna agar Anda bisa focus mengembangkan diri lebih baik.

Jika pemilik bisnis atau pemimpin sadar akan kelebihannya maka ia mampu mengarahkan timnya dengan lebih baik. Anda sadar dimana kekuatan Anda dan bisa memanfaatkannya untuk bisnis. Dengan demikian, Anda tidak hanya mengembangkan diri namun juga bisnis Anda.

Setelah membaca artikel di atas, Anda paham bukan mengapa coaching itu penting dan kelebihannya. Bisnis coach adalah partner bisnis jaman ini yang bisa membantu Anda dan bisnis Anda berkembang lebih baik. Tidak hanya dari segi professional namun juga segi personal. Oleh karena itu banyak pebisnis sukses yang terus menggunakan bisnis coach meski sudah sukses.

Apabila Anda ingin lebih tahu tentang dunia coaching silakan hubungi kontak yang ada di halaman ini. Anda bisa bertanya dengan bisnis coach kami yang telah berpengalaman di bidang bisnis. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda silakan bagikan di platform social Anda agar lebih banyak orang yang tahu tentang coaching. Semoga bermanfaat, Always Go Big!