fbpx

10 Persiapan Praktis Cara Memulai Bisnis Online

Praktis. Itu kata yang menggambarkan jaman masa kini. Begitu pula dengan hal berbelanja. Shopping online sudah menjadi tren.  Jaman sekarang bisnis sudah lebih mengarah ke dunia online.

Apakah bisnis online begitu gampang sehingga banyak sekali di masa kini? Apa betul hanya modal internet dan laptop saja? Coba berikan pandangan Anda bagi yang telah menjalankan bisnis online.

Kira-kira adakah persiapan lain sebelum memulai bisnis online selain modal uang tentunya? Bagi yang belum memulai bisnis online, silakan baca sampai selesai agar Anda bisa mengetahui persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis online. Bagi yang telah memulai, artikel ini akan membantu Anda melihat kembali apakah bisnis Anda telah berjalan dengan benar.

Berikut kami akan menjelaskan dengan detil agar bisnis online Anda well-prepared dan dapat bertahan lama. Mari kita simak bersama.

  1. Bisnis yang jelas

Dalam artian, produk atau jasa yang akan anda tawarkan ini jelas spesifikasinya dan detil. Dalam bisnis online, pembeli tidak akan bisa melihat langsung produk Anda tentu perlu anda beri keterangan yang sejelas-jelasnya dari segi ukuran, warna, motif, ketersediaan stock, rincian harga, ongkos kirim, ekspedisi apa yang dipakai. Jangan lupa juga selalu sertakan gambar agar pembeli memiliki gambaran seperti apa produk yang dijual.

Jika anda menawarkan jasa, Anda bisa jelaskan seperti apa jasa yang Anda tawarkan. Seperti jasa laundri online, dari segi harga, jasa yang diberikan seperti (cuci dan setrika), paket-paket apa yang anda berikan, berapa lama laundry dapat diambil, dsb.

Kejelasan ini akan memudahkan pembeli untuk tahu tentang apa yang Anda tawarkan dan membuat pembeli nyaman berbelanja.

  1. Profil Toko yang Jelas

Cantumkan identitas toko Anda dengan jelas. Jika ada website toko boleh dituliskan, alamat toko juga dapat dicantumkan agar pembeli yakin bahwa bisnis Anda bukan bisnis abal-abal. Semakin banyaknya bisnis online, beberapa oknum kerap melakukan kecurangan seperti penipuan dengan berbisnis online namun ketika uang ditransfer barang tidak dikirim.

Cantumkan juga jadwal kerja toko Anda, nomor rekening, website toko Anda di situs e-commerce (jika ada), social media toko, dll. Dengan informasi ini tentu pembeli akan lebih yakin berbelanja di toko Anda.

  1. Update dengan produk Anda

Selalu berikan perhatian untuk produk yang Anda jual, misalnya produk-produk yang sudah lama habis/ kosong diberikan update keterangan atau dihapus dalam postingan dagangan Anda agar pembeli tidak akan kecewa jika ingin membeli produk tersebut.

Postingan Anda di social media tentang produk Anda ibarat etalase dalam toko real yang akan dilihat dan dikunjungi pembeli sehingga harus terus diupdate agar pengunjung tidak kecewa dan tertarik mengunjungi bisnis online Anda.

  1. Tidak Plagiat

Jika Anda menjalankan bisnis online apabila Anda seorang reseller, sebisa mungkin jangan hanya menjual produk dari satu supplier namun dari beberapa supplier dengan barang dagangan yang berbeda agar menghindari plagiarisme (menjiplak).

Plagiarisme sebaiknya dihindari dalam berbisnis online karena akan merugikan bisnis Anda dan mencoreng nama toko anda di mata pembeli dan calon pembeli.

Lebih baik jika berbisnis online, Anda menjual produk orisinal buatan Anda sendiri maka akan terhindar dari plagiarisme.

  1. Jangan Pelit Diskon

Diskon adalah hal sangat diminati oleh pembeli tidak hanya dalam berbelanja online tapi juga berbelanja di toko offline. Berikanlah diskon kepada pembeli Anda pada waktu-waktu tertentu seperti dalam rangka Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Melihat tren pasar apabila ada promosi tertentu seperti merayakan Dirgahayu Kemerdekanaan menyediakan diskon 17% atau 8% tentu akan menarik pembeli.

  1. Marketing

Anda akan memulai bisnis online tentu perlu pemasaran yang online juga. Banyak sekali tools/ alat agar Anda dapat mempromosikan bisnis Anda. Contohnya yaitu sosial media seperti Facebook, Instagram atau melalui e-commerce.

Berbisnis online belum perlu memakai website atau situs online, Anda bisa berbisnis melalui e-commerce yang sudah banyak tersedia di internet tinggal Anda pilih saja. Mempromosikan produk jualan Anda melalui social media juga sangat praktis karena telah banyak fitur yang membantu Anda agar dapat melakukan marketing online.

  1. Kejujuran

Kejujuran adalah awal dalam membangun kepercayaan pembeli. Penjual yang jujur tentu dipercaya dan diminati oleh pembeli. Berbisnis yang jujur akan mampu tidak hanya membentuk kepercayaan namun loyalitas dari pembeli. Contohnya seperti mengembalikan transfer uang yang berlebihan kepada customer atau sekedar memberitahu apabila adanya produk yang cacat sedikit sebelum dibeli oleh customer.

  1. Sikap dan Attitude Berbisnis

Penjual yang ramah tentu akan lebih memberikan kenyamanan untuk pembeli. Sikap Anda sebagai penjual harus ramah, sabar dan selalu komunikatif. Komunikatif maksudnya seperti selalu siap memberikan informasi jelas kepada customer. Pembeli akan lebih terkesan dengan penjual yang membalas chat dengan ramah layaknya teman dan sikap ini sekaligus memberikan keyakinan dan membangun loyalitas pembeli.

Sekalipun barang yang Anda jual berkualitas atau jasa Anda sangat berguna namun sikap Anda terhadap pembeli tidak baik maka akan berbekas di memori pembeli dan tidak membuat nama baik bisnis online Anda menjadi jelek maka berikan pengalaman berbelanja yang berkesan untuk customer Anda.

  1. Responsif terhadap pembeli

Anda tentu pernah berbelanja online, menurut Anda lebih enak berbelanja di toko yang membalas chat cepat atau berbelanja di toko yang penjualnya membalas sangat lama? Tentu lebih enak dengan yang membalas chat cepat. Sebagai pemilik bisnis online, jika Anda responsif dengan pembeli Anda tentu akan membuat pembeli lebih terkesan.

Pembeli adalah raja, hal ini tentu berlaku juga di bisnis online. Waktu respon Anda merupakan titik ukur kualitas pelayanan Anda di mata customer, sekaligus menjadi nilai tambah. Jika Anda lama membalas chat maka bisa saja rasa ingin membeli dari customer mungkin sudah hilang jika dibalas keesokan harinya. Anda pernah sebagai pembeli juga pernah merasakan hal demikian bukan?

  1. Catat penjualan Anda

Tidak hanya toko offline butuh pembukuan yang jelas, Anda yang ingin berbisnis online juga perlu hal demikian. Semua penjualan Anda perlu terdata baik secara sistem atau dicatat manual dalam buku. Hal ini agar Anda dapat menentukan target yang akan Anda raih untuk sukses dan keuntungan yang lebih besar. Pembukuan yang baik akan menentukan berapa lama bisnis Anda akan bertahan.

Kesimpulan

Jadi, dapat kami simpulkan untuk berbisnis online hal yang perlu Anda siapkan yakni:

  1. Bisnis yang jelas
  2. Profil toko yang jelas
  3. Selalu berikan update produk
  4. Tidak melakukan plagiat
  5. Lakukan promo diskon
  6. Pemasaran/marketing
  7. Kejujuran
  8. Sikap dan Attitude
  9. Responsif
  10. Pencatatan penjualan yang baik

Dari artikel di atas, Anda sudah paham dengan persiapan cara memulai bisnis online. Apakah Anda sudah siap berbisnis online? Sudah sampai mana persiapan yang Anda lakukan? Silakan berikan komentar Anda dan bagikan artikel ini di social media Anda agar bermanfaat juga bagi orang lain.