fbpx

Praktekkan 5 Cara Memulai Bisnis Online yang Ampuh di tahun 2019

Jelang tahun baru, apa resolusi Anda pada tahun mendatang? Apakah berbisnis salah satunya? Bisnis online cukup diminati masyarakat.  Namun, banyak yang bingung cara memulai bisnis online. Ada pula yang tidak berani untuk memulai bisnis online misalnya ketakutan akan gagal atau takut tidak laku. Coba berikan alasan mengapa Anda belum memulai bisnis online? Jika Anda sudah mulai berbisnis online silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Jika salah satu alasan Anda belum berbisnis online adalah tidak tahu cara memulai bisnis online. Mari simak lebih lanjut artikel ini untuk mengetahui caranya.  Artikel ini juga dapat menginspirasi Anda yang telah berbisnis online untuk dapat mengembangkan bisnis Anda lebih baik lagi.

1.    Membuat Blog

Langkah awal paling mudah bagi seorang pemula adalah membuat blog. Anda dapat membuat blog dengan topik menarik dan memberikan manfaat adalah hal yang gampang. Topik yang dibahas dapat   berhubungan dengan minat/hobby atau keahlian yang Anda minati. Tentu banyak orang di internet yang memiliki hobi yang sama dengan Anda. Nah, orang –orang inilah yang menjadi target Anda.

Lalu, ketika blog anda telah memiliki banyak pengunjung, Anda bisa memonetize blog Anda. Caranya bisa dengan memasang iklan, misalnya menjadi publisher dan memasang iklan Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dll. Dengan monetize blog Anda akan memilki keuntungan jangka panjang

2.    OnlineShop dan Affiliate Marketer

Membangun online shop/toko online sudah tidak asing lagi Anda dengar. Membangun sebuah online shop dapat melalui banyak platform contohnya dengan WordPress atau melalui e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dsb. Anda dapat juga membuat website dari toko online jika Anda ahli dalam bidang web development.

Nah, gimana kalau tidak punyak produk untuk dijual? Kita bisa menjual produk orang lain yang banyak dijual di internet melalui program dropshipping dari supplier. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu pusing dalam hal pengadaan barang, tidak perlu menyetok barang, tidak perlu mengemas dan mengirim barang, dan supplier mengirim barang atas nama toko online Anda.

Menjadi affiliate marketer (reseller) adalah cara paling mudah dan simple bagi pemula bisnis online seperti Anda. Semuanya telah disediakan oleh supplier Anda, jadi yang perlu Anda lakukan hanya memprosmosikan dan mencari sebanyak mungkin pembeli dengan berbagai cara misalnya dari beriklan di social media atau sistem mouth to mouth (cara konvensional).

 

3.    Menjual produk digital

Apabila Anda memiliki keahlian tertentu, maka Anda bisa tuangkan keahlian Anda dalam bentuk e-Book, video, podcast atau membership. Model bisnis ini sangat berpotensi apalagi jaman digital sekarang dimana orang lebih banyak memilih buku digital dibandingkan buku fisik.

Menjual barang digital ini juga telah didukung oleh platform-platform tertentu contohnya saja podcast yang dapat diakses melalui aplikasi di Handphone yang nantinya Anda akan bekerja sama dengan platform tersebut dan mendapat pemasukkan.

Jika Anda tidak punya keahlian, Anda bisa membuat video seperti mereview suatu barang dan diunggah di channel Youtube Anda. Strateginya adalah Anda tinggal membuat konten menarik agar mengundang banyak penonton untuk menonton, berlangganan channel Anda dan menyukainya. Dari traffic penonton inilah yang akan dinilai oleh Youtube agar Anda dapat menghasilkan uang dengan Adsense atau platform iklan lainnya yang terhubung dengan Youtube.

4.    Start-up berbasis digital

Bisnis Start-up bagi sebagian orang merasa ini adalah hal yang sulit dilakukan, namun Anda jangan khawatir ada beberapa jenis start-up yang bisa Anda jalankan. Tentunya catatannya adalah Anda harus punya koneksi, keahlian dan mau belajar.

Ada beberapa jenis start-up di Indonesia berdasarkan skala bisnisnya yakni:

  1. Skala kecil yakni pendanaan dari tabungan sendiri
  2. Buyable start-up yakni perusahaan yang dibangun kemudian dijual ke pihak ketiga untuk dapat keuntungan
  3. Scalable start-up yakni jenis start-up paling umum di Indonesia dimana jenis usaha ini dirintis hingga menjadi besar yang nantinya pendanaannya akan didapat dari investor

Ada banyak sekali bidang start-up contohnya di bidang perdagangan, keuangan, jasa, dll. Bidang ini disesuaikan dengan passion Anda dan kebutuhan dari masyarakat. Tentu awalnya Anda harus punya produk prototype dulu. Sistemnya mirip dengan jualan online, Anda dituntut untuk meraih pengguna kemudian hal ini yang akan diperlihatkan untuk menyakinkan investor.

5.    Menjadi Ghost Writer

Profesi ini cukup laris di dunia internet karena saat ini banyak sekali pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Tidak hanya situs besar yang perlu penulis, situs-situs yang baru merintis juga membutuhkan penulis yang handal.

Walaupun bisnis ini sulit dilakukan namun banyak yang sukses dan bertahan. Jadi bagi Anda yang memiliki hobi menulis silakan saja dicoba bisnis ini.

Kesimpulan

Melalui artikel ini dapat disimpulkan beberapa cara memulai bisnis online di tahun 2019 yakni:

  1. Membuat Blog
  2. Membangun Toko Online
  3. Menjual produk digital
  4. Menjalankan start-up berbasis digital
  5. Menjadi Ghost Writer

Demikian artikel tentang cara berbisnis online di tahun 2019 semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda dalam berbisnis online di tahun mendatang. Silakan dicoba sesuai selera Anda dan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda agar mereka dapat terinspirasi juga.