fbpx

5+1 Cara Meningkatkan Penjualan Online Anda

Peningkatan omset adalah impian tiap pebisnis ketika menjalankan bisnis online. Kendala seperti persaingan yang ketat menjadi penghambat dalam penjualan online.

Banyak bisnis online yang menjamur saat ini. Anda tidak bisa menggunakan teknik pemasaran yang biasa-biasa saja. Kompetitor memiliki pengetahuan yang jauh lebih baik. Update ilmu sangat diperlukan untuk mampu bersaing di dunia bisnis online.

Nah, silakan Anda baca ulasan ini sampai selesai. Di artikel ini akan diulas cara meningkatkan penjualan online Anda. Cara ini efektif dan sangat mudah diimplementasikan.

Cara Sederhana Peningkatan Penjualan Online

Inilah cara peningkatan penjualan online berikut ini.

1. Cross-Selling dan Up-Selling

Teknik cross-selling adalah menjual produk yang melengkapi produk utama Anda. Teknik Up-selling adalah menjual produk yang sama dengan ukuran yang berbeda.

Kedua teknik ini bisa membantu meningkatkan penjualan.

Up-selling dan Cross-seling

Cara cross selling bisa membuat customer sadar akan produk pelengkap Anda. Umumnya customer akan berpikir kembali untuk menambah orderan ketika Anda tawarkan.

Teknik up selling bisa dipakai ketika Anda memiliki berbagai ukuran. Jika Anda menawarkan ukuran lebih besar customer mungkin tertarik. Mereka cenderung membandingkan dengan harga dari ukuran yang lebih kecil. Inilah adalah reaksi alami yang dimiliki semua orang.

Untuk menjalankan kedua teknik ini, Anda harus mengerti kebutuhan dan value dari customer Anda.

2. Perbanyak Kanal Penjualan Online

Tidak semua orang suka berbelanja dari social media atau website toko online.

Ada yang nyaman berbelanja dari e-commerce karena memiliki penawaran menarik. Diskon dan pengiriman gratis jadi kelebihan e-commerce umumnya.

Inilah kesempatan terbaik Anda. Semakin banyak kanal online maka semakin besar peluang bertemu konsumen potensial yang belum kenal tentang bisnis Anda.

E-commerce

Pelajari ketentuan dari masing-masing kanal penjualan seperti e-commerce dan marketplace. Berbeda ketentuan dan aturan untuk tiap kanal.

Namun, sebaiknya kuasai satu kanal sebelum Anda memperbanyak kanal penjualan Anda. Hal ini guna memaksimalkan fitur dari kanal tersebut.

3. Buat Podcast

Mengapa Podcast? Platform satu ini sekarang sedang meningkat trennya.  Keunggulannya Anda bisa share banyak informasi menarik disini.

Prinsipnya sama dengan radio. Di Podcast, Anda bisa menyampaikan product knowledge yang berhubungan dengan brand Anda.

Podcast

Keunggulan podcast adalah bisa didengarkan kapanpun dimanapun.  Cara ini cocok untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. Meski baru mulai popular namun tidak salahnya mencoba platform satu ini.

Caranya juga gampang. Anda bisa merekam percakapan Anda tentang manfaat produk melalui aplikasi di handphone. Lalu unggah ke platform-platform podcast. Tanpa perlu banyak mengedit seperti layaknya merekam video.

4. Kemasan Unik dan Kreatif

Kemasan yang unik dan kreatif. Bagi sebagian orang, pengalaman unboxing produk adalah hal yang menarik.

Kemasan yang unik tentu membuat customer ingat akan produk Anda. Tanpa perlu membeli kertas kado, Anda bisa menghematnya dengan mencetak sendiri kertas pembungkus Anda.

Simak contoh sederhana pengemasan produk berikut ini.

5. Berikan Free Sample

Anda tentu bertanya bagaimana cara memberikan sample secara online. Nah, ada beberapa website yang bisa Anda ajak bekerjasama untuk membagikan free sample bagi customer.

Anda bisa mendaftarkan produk Anda di platform tersebut. Melalui website ini customer diminta untuk melalukan beberapa hal setelah mendapatkan sample gratis.  Contohnya dengan memberikan review jujur akan produk tersebut.

Ini sangat berguna bagi Anda pebisnis online. Customer dapat mencoba produk Anda sebelum membelinya.

Selain itu, website ini dapat menjadi tempat Anda mengiklankan produk Anda secara tidak langsung.

Apabila customer merasakan manfaat produk, mereka akan mencari toko Anda untuk membelinya.

Berikut beberapa website yang memberikan sample gratis.

6. Belajar dari Ahlinya

Coba simak video berikut ini untuk lebih memahaminya.

Cara terakhir ini adalah cara tercepat. Belajar dari orang yang telah memiliki pengalaman.

Nah, selain dari orang yang telah terjun ke dunia bisnis, Anda bisa belajar dari bisnis coach.

Bisnis coach berpengalaman seperti yang ada di GLC tidak hanya berbagi pengalaman namun menuntun Anda menuju target penjualan yang ingin dicapai.

Bisnis coach memberi fasilitas dan menggali potensi Anda. Ia membantu menggali solusi dari diri Anda agar mampu meningkatkan penjualan secara mandiri.

Demikian 6 cara meningkatkan penjualan online secara efektif. Silakan praktekkan dan share pengalaman Anda kepada kami.

Bila Anda ingin berdiskusi tentang bisnis, hubungi kami. Jangan lupa bagikan pula artikel ini apabila bermanfaat untuk Anda.

Salam sukses, Always Go Big!