fbpx

5 Dampak Positif dari Konsultan Bisnis Retail untuk Bisnis Anda

Konsultan Bisnis Retail

Bisnis retail adalah bisnis yang bisnis yang bergerak di bidang usaha yang menjual produk/jasa secara langsung kepada konsumen akhir (end-user) untuk penggunaan pribadi dan bukan untuk kepentingan bisnis. Banyak orang menganggap bahwa bisnis retail berarti menjual produk namun nyata menjual jasa juga termasuk retail, selama barang/jasa itu dijual ke konsumen akhir untuk kepentingan pribadinya.

Oleh karena tujuan bisnis ini untuk memenuhi kebutuhan pribadi maka banyak sekali bisnis jenis ini yang beredar di Indonesia. Untuk satu bidang misalkan fashion seperti department store, boutique, dll memiliki bnayak sekali kompetitornya. Apalagi dengan bidang lain seperti pangan yang notabene mensuplai kebutuhan dasar manusia. Tentu persaingan bisnisnya semakin besar pula.

Apabila Anda bergerak di bidang retail, ada baiknya bekerja sama dengan konsultan bisnis dalam membantu menjalankan bisnis dan sekaligus mengembangkan bisnis retail Anda. Mengapa demikian?

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih rinci alasannya, jadi pastikan Anda membaca artikel ini dengan seksama dan sampai selesai. Bagi Anda yang baru memulai bisnis retail, sangat cocok sekali mengetahuinya terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan. Bagi Anda pebisnis yang sudah lama bekerja di bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru untuk pengembangan bisnis Anda. Langsung saja kita simak ulasannya.

Membantu identifikasi masalah

Untuk menyelesaikan setiap masalah apapun tentu harus mengetahui akar permasalahannya terlebih dahulu dan memahami masalahnya. Dalam bisnis retail, tentu banyak masalah yang akan terjadi. Kebanyakan masalah seputar harga, profit, strategi marketing,dll.

Konsultan bisnis profesional tidak akan langsung memberikan solusi untuk masalah Anda. Konsultan bisnis retail berpengalaman seperti yang ada di GLC, tentu akan mengidentifikasi masalah terlebih dahulu. Cara untuk identifikasinya adalah dengan berdiskusi dengan Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan demikian, Anda wajib memahami masalah apa yang sebenarnya terjadi dalam bisnis retail Anda.

Identifikasi masalah tentu membutuhkan banyak data-data dan dokumen penting berhubungan dengan bisnis Anda. Konsultan bisnis tidak hanya melihat masalah dari satu sisi namun dari segala aspek yang menjadi faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah.

Tujuan dari identifikasi masalah adalah agar solusi yang nantinya diberikan konsultan tertarget dengan baik. Selain itu, mengantisipasi agar masalah tidak terjadi di kemudian hari dengan menyusun juga tindakan pencegahannya.

Menyediakan solusi

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa persaingan bisnis retail sangat besar. Setiap menit yang dihabiskan untuk pengembangan bisnis terasa sangat berharga karena akibat yang dihasilkan mempengaruhi bisnis dalam jangka waktu panjang.

Pemilik bisnis retail selalu mengusahakan memberikan yang terbaik bagi konsumennya karena persaingan yang sedemikian tinggi. Oleh karena itu, apabila menemukan masalah dalam internal mauoun eksternal sebisa mungkin harus segera diselesaikan.

Masalah yang muncul jika tidak diselesaikan segera maka akan menurunkan kinerja dari bisnis retail. Nah, tugas konsultan bisnis dalam situasi seperti ini sangat berperan penting. Seorang konsultan bisnsi berpengalaman sudah dapat membaca situasi dan masalah yang sedang dihadapi pemilik bisnis maka konsultan bisnis mampu menyediakan solusi yang cepat untuk menyelesaikan hambatan dalam bisnis retail tersebut.

Meningkatkan produktifitas

Jika seorang konsultan bisnis bisa mencapai posisinya saat ini melayani kliennya dalam bisnis tentu ia adalah orang sudah memiliki pengalaman dalam bidang tersebut untuk waktu yang cukup lama.

Konsultan bisnis dengan pengalamannya tersebut tentu paham bagaimana cara memotivasi karyawan atau anggota. Pemilik bisnis retail apalagi yang masih baru dalam bidang ini tentu tidak terbiasa memimpin begitu banyak orang. Bukan hanya memimpin namun mengarahkan mereka agar bisa membawa bisnis retail ini ke tujuan yang ingin dicapai.

Sebagai orang yang berpengalaman lebih lama dibanding pemilik bisnis, konsultan akan membantu memotivasi anggota Anda. Tidak hanya itu, namun juga ikut meningkatkan produktifitas dan semangat bekerja mereka.

Konsultan bisnis tidak hanya bekerja membantu pemilik bisnis namun juga anggota di dalamnya. Dengan memberikan pelatihan dan motivasi, tentu anggota menjadi lebih bersemangat. Tidak hanya motivasi, apabila kemampuan atau bakat dair karyawan yang belum memenuhi kriteria untuk suatu pekerjaan maka konsultan mampu memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan bakatnya.

Untuk bisa bekerja dengan produktif, tentu butuh sebuah sistem kerja yang baik. Dalam bisnis retail, akan sangat sering mengalami perubahan-perubahan. Hal ini tentunya karena parameter kualitas pelayanan dan kepausan pelanggan yang membuat pemilik bisnis berusaha mengupgrade terus bisnisnya.

Setiap bisnis yang ingin sukses tentu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Konsultan bisnis tidak hanya merancang agar semua konsumen nyaman namun juga memikirkan kenyamanan karyawan Anda saat bekerja dengan perubahan yang sering terjadi.

Hemat Biaya

Banyak orang beranggapan bahwa dengan menyewa konsultan bisnis apalagi di awal memulai bisnis tentu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Umumnya pemilik bisnis yang baru memulai bisnsi retail biasanya bekerja sendirian. Sebagai pemilik bisnis tunggal tentu segala macam pekerjaan Anda kerjakan sendiri.

Bekerja sendiri membuat pemilik bisnis kesulitan untuk fokus pada masalah dalam bisnis sehingga umumnya ketidak sadaran tersebut membuat bisnis cepat gagal. Agar fokus Anda terhadap bisnis retail Anda tetap berjalan dengan baik dan masalah bisnis dapat diselesaikan maka peran konsultan bisnis sangat penting agar bisa membantu Anda mencari solusi atas masalah bisnis Anda sementara Anda bekerja untuk hal-hal operasional dalam bisnis Anda yang masih dalam wewenang Anda.

Memberikan kritik membangun

Jangan Anda pikir jika konsultan bisnis adalah orang baik yang menawarkan solusi saja. Konsultan bisnis sebagai pihak ketiga bisa memberikan kritikan untuk Anda baik dari segi cara bekerja sampai hal-hal detil tentang bisnis Anda.

Kritikan ini gunanya agar Anda bisa sadar dan mencari solusi bersama untuk menyelesaikan masalah atau kesalahan yang luput dari pantauan Anda ketika menjalankan bisnis. Sebagai pihak ketiga, konsultan bisnis akan bersikap dan menilai secara objektif kira-kira di bagian apa saja yang perlu dilakukan perbaikan atau perubahan.

Meskipun Anda sebagai pemilik bisnis retail bekerja dalam sebuah tim belum tentu bisa menilai, memantau, mengukur, mengidentifikasi bahkwan mendapatkan solusi untuk masalah yang dihadapi bisnis Anda atau tentang perkembangan bisnis Anda.

Partner bisnis atau juga karyawan Anda akan lebih fokus bekerja sesuai porsi kerja mereka. Konsultan bisnis retail ibarat mata ketiga yang bisa melihat bisnis retail Anda dari segala sisi dan dengan pengalamannya akan membantu Anda mencari jalan keluar terbaik untuk perkembangan bisnis Anda.

Silakan pikirkan kembali dan segera take action untuk menghubungi kontak di halaman ini apabila Anda membutuhkan konsultan bisnis dan bagikan artikel ini agar bisa bermanfaat juga bagi pemilik bisnis lainnya yang sedang mempertimbangkan menggunakan jasa konsultan bisnis atau sedang menghadapi masalah untuk bisnisnya.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!