Riset Facebook bersama PT PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menyebutkan, 89% Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia menggunakan empat aplikasi besutan Facebook untuk mengembangkan bisnisnya. Keempat aplikasi itu adalah Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Public Policy Lead Facebook Indonesia Ruben Hattari mengatakan, Instagram dan Facebook umumnya digunakan untuk memasarkan produk dan menggaet pelanggan. Sedangkan, WhatsApp dan Messenger dimanfaatkan untuk percakapan dengan pelanggan.
“Jadi, intinya dari semua lini bisnis Facebook, tiap aplikasi memiliki peranannya masing-masing, tergantung dari sisi apa pelaku usaha ingin mendorong bisnisnya,” kata dia saat konferensi pers Facebook Indonesia Summit di Jakarta, Rabu (10/16).
Ruben menyatakan, hasil risetnya menunjukkan bahwa keempat platfrom itu juga membantu UKM mengakses peluang baru dalam bisnis. Rinciannya, mengurangi biaya pemasaran (75%), meningkatkan jumlah pelanggan (92%), mengurangi hambatan pertumbuhan (74%), serta efisiensi manajemen staf dan operasional (71%).
Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Riset: 89% UKM RI Kembangkan Bisnis Pakai Facebook hingga Instagram” , https://katadata.co.id/berita/2019/10/16/riset-89-ukm-ri-kembangkan-bisnis-pakai-facebook-hingga-instagram
Penulis: Cindy Mutia Annur
Editor: Desy Setyowati