Tahukah Anda bagaimana Apple menjadi brand yang dikenal seperti sekarang?
Bagaimana peningkatan penjualannya berkali-kali lipat dari awal berdiri tahun 1975 hingga sekarang?
Meski telah banyak pesaing yang bermunculan namun Apple tetap tangguh menduduki posisi tiga teratas untuk produk Smartphones dan Laptop/Komputer.
Bagaimana ini bisa terjadi?
Kreativitas. Ini menjawab segala pertanyaan tentang kehebatan Apple.
Saat pertama kali Steve Jobs memperkenalkan Komputer Mac, tema yang ia usung adalah “Think Different”.
Inilah awal yang membawa Mac mengubah dunia.
Lalu, bagaimana versi “Think Different” yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda? Coba Anda renungkan.
Nah, di awal tadi disinggung tentang penjualan Apple yang berkali-kali lipat meningkat dari tahun ke tahun.
Anda tentu bertanya bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda berkali lipat pula.
Tepat sekali jika Anda sedang membaca artikel ini.
Kami akan berbagi beberapa Ide Kreatif yang dilakukan oleh beberapa perusahaan demi peningkatan penjualan mereka.
Semoga bisa memunculkan sisi “Think Different” untuk bisnis Anda. Mari kita simak bersama.
1. Marketing Email Out of the Box
Anda mungkin sudah tahu bahwa salah satu teknik marketing ini. Email marketing sudah dijalankan untuk waktu yang lama.
Namun tahukah Anda bahwa tulisan-tulisan membosankan dalam email itu hanya akan masuk ke kolom “Tong Sampah”.
Coba simak video berikut ini. Toko Online Shop Furniture ini memberikan sentuhan berbeda dalam email marketingnya.
2. Promosi dengan Meme Lucu
Meme adalah aktivitas, konsep, slogan atau media yang beredar dari satu orang ke orang lainnya dalam sebuah budaya.
Umumnya untuk menyampaikan sebuah fenomena tertentu.
Banyak brand yang mulai menggunakan meme sebagai bagian dari sistem marketing mereka. Contohnya adalah sebuah brand online messenger bernama “Hipchat”.
Meme memiliki kelebihan mudah diingat karena eksentrik dan lucu.
Selain itu, meme dapat mudah dibagikan/shareable di social media sehingga cepat menjadi viral.
Inilah yang membuat produk Anda cepat dikenali dan meningkatkan penjualan berkali lipat.
3. Lakukan Apa yang Tidak Terpikirkan Kompetitor
Di saat kompetitor bermain “Aman”, Anda coba lakukan hal di luar ekspektasi. Inilah peluang bagi brand Anda untuk tampil beda.
Contohnya saja Nike yang menggebrak dengan iklannya yang menggunakan model perempuan Timur Tengah untuk olahraga.
Di saat kompetitor menggunakan model-model atlet papan atas, Nike membidik target yang berbeda.
4. Kolaborasi dengan Brand Lain
Siapa yang tidak suka dengan es krim?
Tentu semua orang suka es krim. Bagaimana jika sikat gigi ada dalam es krim Anda?
Salah satu kolaborasi paling apik adalah brand pasta gigi, Colgate dengan produk es krim lokal.
Melalui kolaborasi ini, tujuannya adalah sebagai pesan pengingat untuk sikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis seperti es krim.
Selain, penyampaian pesan itu ternyata secara tidak langsung kolaborasi ini meningkatkan penjualan dari Colgate berkali lipat.
5. Paket Berlangganan yang Menarik
Nah, promosi satu ini membutuhkan konsisten dari anda sebagai penjual.
Agar penjualan terus meningkat tentu mengubah pembeli menjadi pelanggan adalah cara yang tepat.
Jika Anda menjual produk kebutuhan sehari-hari atau bahkan pelayanan rutin hal ini efektif dilakukan.
Contohnya saja produk pisau cukur ini.
Mereka berkomitmen menyediakan pisau cukur berkualitas setiap bulannya dan menawarkan pengiriman gratis ke rumah Anda.
Anda cukup berlangganan untuk periode waktu tertentu.
Setiap bulannya kurir akan mengantarkan stok pisau cukur baru ke rumah Anda. Cukup menarik bukan?
Simak video iklannya berikut ini.
Nah, demikianlah lima ide kreatif yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membantu peningkatan penjualan Anda berkali lipat. Semoga bisa Anda implementasikan untuk produk/layanan Anda.
Apabila Anda ingin berkonsultasi tentang masalah bisnis, silakan hubungi kami.
Semoga bermanfaat. Always Go Big!