fbpx

3 Kelebihan Pelatihan Bisnis Online Dibandingkan Offline

Keunggulan Pelatihan Bisnis Online

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa negara Indonesia cukup tertinggal di aspek teknologi jika dibandingkan negara berkembang lainnya. Kita selalu ketinggalan tren, ketika negara lain sudah terbiasa belanja online, kita baru mulai marak-maraknya belajar menggunakan Internet.

Di negara lain, orangnya sudah terbiasa belanja online, kita baru mulai dan masih skeptis, takut ditipu. Di negara lain, orangnya kuliah tidak perlu hadir di kelas, kalau kita tidak hadir berapa kali dijamin tidak lulus. Benar kan?

Namun beberapa tahun terakhir ini kita sudah mulai memperkecil ketinggalan kita. Organisasi dan perusahaan besar sudah mulai mengadaptasi teknologi Internet dalam membantu aktifitas bisnisnya. Apapun jenis industrinya, baik itu komersial, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya Internet, sebuah bisnis bisa melayani customer yang jumlahnya ratusan hingga ribuan kali lipat dari jumlah karyawan yang dimiliki. Perusahaan besar bisa melakukan meeting dengan mitra atau kliennya tanpa harus bertemu di satu tempat yang sama. Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya yang diperoleh dari teknologi Internet.

Begitu juga dengan pelatihan bisnis atau bisnis coaching, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari pelatihan bisnis berbasis online. Berikut adalah tiga diantara banyak keuntungan yang didapat dari pelatihan bisnis online yang telah dirasakan oleh banyak orang.

1.      Menghemat waktu, uang dan tenaga

Mungkin juga sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, dan di artikel kali ini tetap akan kami masukkan karena ini merupakan keunggulan utama pelatihan bisnis online dibandingkan dengan offline.

Bukan hanya menghemat waktu, uang dan tenaga coachee, tetapi juga waktu, uang dan tenaga bisnis coach. Sehingga, sumber daya yang kita hemat ini bisa lebih difokuskan untuk mengoptimalkan proses coaching atau pelatihan bisnis.

Walaupun banyak yang tahu tentang hal ini, namun masih banyak orang yang enggan untuk berubah. Manusia secara alami berusaha untuk tidak keluar dari zona nyamannya. Maka dari itu, dua keunggulan berikutnya ini diharapkan bisa mengubah mindset Anda untuk mau mencoba pelatihan bisnis secara online.

2.      Meningkatkan fokus

Ketika melakukan sesi pelatihan bisnis online, bisnis coach dan coachee akan menjadi lebih fokus. Mengapa bisa begitu?

Ketika kita melakukan sesi bisnis coaching di satu tempat, misal cafe ataupun ruangan tertutup, akan banyak gangguan-gangguan, baik yang besar maupun kecil. Contoh, orang yang berlalu-lalang, suara musik ataupun percakapan orang lain, dan lain sebagainya.

Namun ketika kita melakukannya secara online, mata kita terfokus pada monitor laptop ataupun smartphone Anda. Ketika mata kita tertuju pada satu hal, maka fokus kita mengalir ke hal tersebut. Makanya rata-rata orang akan menutup matanya ketika hendak membayangkan sesuatu, agar fokusnya tidak terganggu dengan apa yang dilihat.

3.      Meningkatkan tanggung jawab

Satu hal lagi yang merupakan keuntungan pelatihan bisnis online yang tidak bisa didapatkan ketika melakukan sesi bisnis coaching secara offline adalah coach dan coachee dituntut untuk lebih bertanggung jawab.

Kita tahu bahwa bisnis coach yang menjalankan coaching ini dengan hatinya, seperti para coach di GLC, pasti memiliki tanggung jawab yang sangat tinggi dalam membantu keberhasilan coachee-nya.

Namun, keberhasilan coachee ini juga bergantung penuh pada tanggung jawab mereka masing-masing. Karena setiap perubahan itu membutuhkan tanggung jawab pada diri sendiri.

Dengan menggunakan platform pelatihan bisnis online, seperti aplikasi iOS dan Android GlobalExpert dari GLC, terdapat sebuah fitur yang membuat para coach memastikan coachee mencatat segala komitmen yang akan mereka jalankan. Catatan ini akan tersimpan, tidak akan hilang dan bisa diakses di kemudian hari untuk ditelusuri kembali.

Dengan ini, para coachee akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan komitmen-komitmen yang telah mereka rencanakan. Fitur ini bisa dibilang seperti sebuah sistem pendukung yang memastikan para coachee mengejar impian mereka.

Kesimpulan

Setiap sistem memiliki kelemahan dan keunggulannya masing-masing, begitu juga dengan pelatihan bisnis online dan offline. Mana sistem yang paling cocok, Anda sendiri yang bisa menemukan jawabannya dalam diri Anda.

Jika masih ragu, ini adalah tips dari kami. Cobalah kedua-duanya terlebih dahulu. Setelah mencoba beberapa kali, Anda akan mulai merasakan yang mana yang cocok untuk Anda, apakah pelatihan bisnis online atau offline.

Setelah Anda mendapatkan kepastian, tetap perlu kita ingat satu hal penting. Hal itu adalah bahwa yang menentukan kesuksesan kita yang pertama adalah komitmen dan tanggung jawab dari kita sendiri. Kalau kita tidak bisa komitmen mau berubah atau bertanggung jawab atas perubahan diri sendiri, maka sudah dipastikan perubahan menuju kesuksesan tidak akan tercapai.

Hal penting kedua yang bisa membantu Anda agar lebih cepat mencapai kesuksesan adalah adanya bantuan seorang bisnis coach yang handal dan yang benar-benar memiliki hati untuk membantu para coachee untuk berhasil.

Mereka yang pernah mencapai kesuksesan sudah mengetahui seluk beluk perjalanannya, mana yang harus dihindari, mana yang bisa dilewati, mana jalan pintasnya, mana yang harus dilalui walaupun berat rasanya. Kalau tidak berat, maka semua orang di dunia ini pasti sukses kan?

Jika menurut Anda hal ini masuk akal, Anda bisa menghubungi kami melalui halaman ini dan izinkan kami membantu Anda untuk menemukan bisnis coach yang paling cocok untuk Anda.

Semoga bermanfaat dan Always Go BIG!