fbpx

Kendala Bisnis Coaching Di Perusahan

Hambatan Pelatihan Bisnis

Aset berharga apa yang ada dalam bisnis Anda? Coba berikan komentar Anda di bawah ini.Sambil memikirkan jawabannya, yuk baca lagi artikel ini sampai selesai karena ada bahasan yang cukup menarik bagi Anda pemilik bisnis yang ingin sukses.

Salah satu aset paling berharga dalam perusahaan adalah karyawan Anda, karena tanpa mereka Anda belum tentu bisa menjalankan bisnis hingga saat ini. Bisnis yang ingin terus bertumbuh tentu perlu anggota tim yang banyak untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain. Tidak mungkin sebuah bisnis akan berkembang besar dan pesat jika dijalankan oleh satu orang saja. Kekuatan sebuah tim adalah kunci perkembangan sebuah bisnis terutama jika tim tersebut solid, kompak dan saling mengisi satu sama lain.

Namun, banyak pemilik bisnis yang memiliki bisnis yang sudah cukup besar malah sudah merasa “di atas awan”. Pemilik bisnis umumnya hanya mampu melihat cangkang luar dari bisnisnya tanpa tahu isi dalam dari bisnis. Hanya sepersekian kecil pemilik bisnis yang masih cukup peduli dan campur tangan dalam bisnisnya.

Hal ini bisa saja menjadi boomerang bagi pemilik bisnis. Anda tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam internal bisnis dan apa yang dilakukan karyawan selama ini. Mungkin Anda merasa kinerja mereka sudah baik dan sangat luar biasa namun ini bisa jadi senjata yang berbahaya. Apalagi jika karyawan Anda adalah golongan muda yang masih butuh banyak pengalaman dan suka akan tantangan. Karyawan muda cenderung jika sudah berada di titik teratas dan merasa stagnan maka akan mundur dari posisi tersebut dan memilih mencari tantangan baru.

Cara Anda tetap menjaga karyawan Anda yang berharga adalah dengan terus menggali potensi diri mereka. Salah satu paling sederhana dan cepat adalah dengan teknik coaching. AKan tetapi, masih banyak pemilik bisnis yang terhambat dan merasa beban untuk melakukan coaching pada karyawannya.

Dalam artikel ini akan dikupas tuntas hambatan apa saja yang ditemukan saat ingin menjalankan pelatihan bisnis untuk karyawannya. Mari kita simak bersama.

Berikut hambatan coaching yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

1. Tidak Ada Waktu

Banyaknya tugas dan tanggung jawab seorang leader tentu membuat Anda merasa 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua tugas Anda apalagi untuk memberikan coaching. Sebenarnya tidak ada orang yang benar-benar sibuk, hanya masalah prioritas saja. Apabila Anda merasa coaching ini cukup bermanfaat untuk Anda dalam jangka panjang tentu Anda tidak akan merasa ini membuang waktu Anda.

Ketika Anda mengelak untuk melakukan coaching kepada karyawan Anda, maka Anda yang akhirnya akan repot untuk terus menyelesaikan masalah yang dihadapi karyawan. Anda adalah seorang penyelesai masalah bukan lagi seorang leader.

Jika Anda mampu memberikan coaching setidaknya seminggu 2 kali untuk karyawan Anda, setidaknya akan muncul sifat kemandirian dari mereka untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri bahkan akan meminimalisir waktu tidak produktif Anda untuk sekedar bekerja memberikan solusi terbaik bagi karyawan Anda.

2. Tidak Menguasai Teknik Coaching

Teknik untuk bisa memimpin dan membentuk sebuah Tim Solid ialah dengan teknik coaching. Teknik coaching sangat ampuh, dalam coaching, pemimpin akan memberikan pengarahan kepada anggotanya agar mampu menghadapi tantangan dalam lingkungan kerja dan membantu anggota untuk menghilangkan kendala sehingga tercapai hasil kerja yang optimal.

Banyak pemilik bisnis belum memahami bagaimana teknik coaching kepada anggotanya. Pemilik bisnis terbiasa mengikuti pelatihan bisnis namun tidak memahami lebih dalam bagaimana teknik coaching ini padalah mungkin saja bisa dipelajari dari pelatih bisnis.

Alasan paling sering dilontarkan pemilik bisnis ialah kurangnya pengalaman dalam memberikan coaching kepada anggotanya. Padahal teknik ini gampang dipelajari baik dari buku atau mengikuti seminar dan pelatihan bisnsi itu sendiri tentang coaching yang efektif. Dengan memahami cara kerja bisnis coach Anda maka Anda bisa praktekkan pada anggota Anda.

3. “Saya Kenal Anggota Saya Sangat Baik”

Hal yang baik bila pemimpin mengenal seluruh anggotanya, dari karakternya, motivasi, kebiasaan, cara bekerjanya, dsb.Akan tetapi tidak berarti semua hal yang Anda kenal saat itu akan kekal. Bisa saja seorang karyawan Anda berubah karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor masuknya anggota baru atau tanggung jawab kerja yang berubah atau bahkan karena sistem kerja yang mengalami perubahan.

Tentunya semua faktor itu secara tidak langsung akan mengubah seorang karyawan dari yang pertama Anda kenal menjadi orang yang berbeda. Nah, sebagai pemimpin yang baik, Anda perlu memberikan coaching kepada karyawan Anda agar siap menghadapi faktor eksternal tersebut. Apabila Anda belum begitu mahir maka Anda boleh menggunakan jasa bisnis coach berpengalaman seperti yang ada di GLC untuk membantu Anda memberikan pelatihan bisnis untuk karyawan Anda.

4. Kinerja Anggota “Sangat Baik”

Banyak pemimpin hanya butuh hasil tanpa tahu proses yang dilalui anggotanya dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Dengan hasil yang baik, pemimpin tentu sudah tenang. Namun dalam bekerja di dunia bisnis, apalagi Anda memilik banyak karyawan, tidak melulu semua hal hanya tentang pekerjaan dan hasil yang baik.

Tahukah Anda bahwa kepercayaan Anda akan hasil kerja yang sudah bagus, bisa jadi boomerang buat Anda. Coba direnungkan apabila Anda memiliki karyawan yang sebenarnya suka akan tantangan namun Anda menambah porsi bekerjanya untuk kegiatan administrasi yang monoton. Mungkin dia bagus dalam bidang tersebut karena sudah terbiasa namun sayangnya potensi diri dari karyawan Anda tidak dapat dikembangkan dengan maksimal.

Dengan teknik coaching anda baru dapat menggali potensi diri dari karyawan Anda, ajak mereka berbincang tentang impian mereka, apa yang mereka butuhkan, support seperti apa yang perlu dilakukan perusahaan, dll.

Dari 4 hal di atas inilah yang sering menjadi hambatan coaching tidak dapat dijalankan dengan baik di perusahaan. Apabila Anda ingin lebih paham akan teknik coaching silakan hubungi bisnsi coach kami di nomor kontak yang ada di halaman ini. Anda juga bisa mempelajari dengan mengikuti seminar kami atau belajar materi pelatihan bisnis online yang ada banyak di internet.

Coaching bukan hanya untuk kelangsungan perusahaan namun juga untuk mempersiapkan karyawan untuk mandiri dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan bertanggung jawab. Apabila artikel ini bermanfaat untuk Anda silakan bagikan dan berikan pada kolega bisnis Anda yang membutuhkan. Terima kasih.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!