fbpx

4 Keunggulan Pelatihan Bisnis Rumahan bagi Pelaku Bisnis

Bisnis Kain Tenun Rumahan

Bisnis rumahan banyak menjamur dalam kalangan masyarakat desa. Pemerintah mengupayakan pelatihan bisnis rumahan agar dapat dikembangkan menjadi UMKM. Tujuan pelatihan bisnis rumahan adalah agar dapat meningkatkan ketrampilan pelaku usaha dan juga membantu pengembangan bisnis menjadi usaha yang lebih besar seperti UMKM atau home industry.

Jangan anggap remeh bisnis rumahan karena dari bisnis ini dihasilkan banyak sekali produk-produk kreatif yang ikut dipasarkan meskipun dalam lingkup desa. Bagi pengusaha bisnis rumahan dengan modal yang kecil bisa dihasilkan produk dengan untung yang besar. Namun, sering kali kendala bagi pengusaha rumahan adalah tidak adanya inovasi sehingga produk yang dihasilkan terbatas kreasinya.

Oleh karena bisnis rumahan yang hanya dapat dikembangkan di daerah tertentu menyebabkan perkembangan bisnis sering terhambat. Maka dari itu banyak generasi muda di pedesaan yang memutuskan untuk mencari nafkah di kota-kota besar. Tentunya produk ketrampilan daerah dan perekonomian daerah menjadi berkembang lambat.

Bisnis rumahan ini menjadi tulang punggung bagi perekonomian daerah terutama di pedesaan agar dapat meningkatkan jati diri dari daerah tersebut di ranah nasional.

Melalui artikel ini akan diulas lebih dalam untuk Anda pemilik bisnis rumahan, apa manfaat dari pelatihan bisnis rumahan terhadap perkembangan bisnis Anda. Setelah Anda mengetahui manfaatnya barulah Anda dapat memutuskan untuk mengikuti pelatihan bisnis tersebut. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat Pelatihan Bisnis Rumahan

1.      Pengembangan Daerah

Bisnis rumahan seperti yang dijelaskan di atas adalah tulang punggung bagi perekonomian daerah. Pelatihan bisnis rumahan berguna untuk membantu mengembangkan daerah. Pengembangan daerah yang dimaksud seperti dalam bidang pariwisata  sehingga dapat membantu perekonomian daerah.

Cara paling cepat untuk mengembangkan daerah adalah dengan mempromosikan daerah tersebut dengan produk-produk khas yang menjadi identitas dari daerah tersebut. Produk-produk tersebut melalui pelatihan bisnis rumahan dapat ditingkatkan nilai jualnya sehingga manfaat lain dari produk tersebut dapat dicapai.

2.      Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya pelatihan bisnis rumahan maka akan menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di daerah dengan meningkatkan kreatifitas dan ketrampilan mereka. Hal ini juga sekaligus mencegah perpindahan masyarakat dari daerah ke perkotaan yang biasanya terjadi karena sedikitnya lapangan pekerjaan di daerah.

Banyak generasi muda daerah yang lebih memilih untuk berbisnis di luar daerah seperti perkotaan karena lebih banyak peluang dan target pasar yang dapat dijangkau. Dengan pelatihan bisnis rumahan tentu menjadi wadah bagi mereka untuk melatih diri dan mengubah pola berpikir mereka sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pengembangan daerah sehingga daerahnya lebih dikenal akan produknya. Bisnis rumahan ini selalu dimulai dengan produk local yang nantinya bisa dibawa hingga ke pasar nasional bahkan internasional karena distribusinya melalui wisatawan.

Melalui pelatihan bisnis rumahan ini juga diharapkan agar perekonomian daerah ikut meningkat dan juga diharapkan daerah tidak hanya mengandalkan produk barang mentah namun juga pengolahan produk menjadi barang jadi yang dapat menarik perhatian wisatawan.

Pengolahan barang mentah menjadi barang jadi ini tentunya dapat dilakukan setelah mengikuti pelatihan bisnis rumahan dimana diajarkan tentang ketrampilan dan kreatifitas dalam memproduksi produk jadi.

3.      Meningkatkan Kesejahteraan

Manfaat lain dari pelatihan bisnis rumahan adalah memberikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan. Peningkatan kesejahteraan memang patut diperhatikan oleh pemerintah agar makin meningkatnya pemberdayaan yang membantu perekonomian daerah. Dari pelatihan bisnis ini diharapkan dapat menambah penghasilan dan pendapatan daerah dari hasil yang dijual.

Diharapkan juga dalam pelatihan bisnis akan dilatih ketrampilan dari para generasi muda sehingga bisa menghasilkan beragam produk yang berbeda jenis dan variasinya sehingga mengurangi persaingan di daerah.

Pelatihan bisnis rumahan khususnya untuk pemilik bisnis menjadi suatu peluang untuk merubah mindset dari pemilik bisnis agar bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan menjadi usaha mikro kecil menengah(UMKM) yang bisa dibawa ke tingkat yang lebih tinggi sehingga targetnya tidak lagi di daerah namun dikenal hingga luar daerah. Tentunya dengan demikian kesejahteraan akan cepat meningkat.

4.      Pemanfaatan sumber daya

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa perekonomian daerah juga didorong dari segi pariwisata. Dengan pelatihan bisnis, para pelaku usaha rumahan dilatih untuk mengolah barang mentah dan memanfaatkan sumber daya alam di daerah untuk dijadikan sebagai produk jadi yang khas dari daerah tersebut. Contohnya membuat kain tenun atau baju dari kain tenun, dll.

Pemanfaatan sumber daya alam di daerah tentunya menjadi peluang bisnis yang berbeda dan merupakan ciri khas dari daerah tersebut sehingga persaingan bisnis pun masih minim. Selain itu, dituntut kreatifitas dari para pebisnis untuk mengolah produk mentah tersebut menjadi berbagai macam kreasi agar menarik perhatian bagi wisatawan baik local maupun mancanegara.

Contoh lainnya apabila di daerah tersebut terkenal dengan buah-buahan lokalnya maka dapat diolah menjadi jus atau sirup yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan anda hanya menjual buah-buahan tersebut. Pengolahan bahan mentah tersebut seperti menjadi sirup tentu daya gunanya menjadi lebih tahan lama sehingga dapat didistribusikan hingga ke luar daerah dan menjangkau lebih banyak pasar lagi.

Pelatihan bisnis rumahan adalah sebuah peluang yang bermanfaat bagi semua pemilik bisnis selain mengembangkan diri juga melatih ketrampilan dan kreatifitas. Anda juga dapat menyediakan wadah bagi karyawan atau merekrut penduduk lainnya untuk ikut berperan dalam bisnis Anda sehingga Anda menjadi pencipta lapangan pekerjaan bagi daerah Anda.

Anda sebagai pemilik bisnis tidak akan ditinggal begitu saja setelah mengikuti pelatihan bisnis, pelatih bisnis yang peduli seperti pelatih bisnis di GLC akan terus mendukung dan mengingatkan anda untuk melakukan eksekusi tentang hal yang telah Anda pelajari dalam pelatihan bisnis.

Silakan Anda pikirkan kembali bagaimana pelatihan bisnis rumahan bisa mengubah bisnis Anda dalam jangka waktu yang lebih panjang. Apabila artikel ini bermanfaat untuk Anda jangan ragu untuk membagikannya ke social media. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang pelatihan bisnis Anda dapat menghubungi kami di kontak yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!