fbpx

Ketahui 6 Keuntungan In House Training Bagi Perusahaan Anda

Mengapa Memilih In-House Training

Sebelum kita mulai, In-House Training itu apa sih? Mungkin beberapa di antara pemilik bisnis belum pernah menggunakan program In-House Training atau pernah menggunakan tetapi tidak sadar.

In-House Training adalah sebuah bentuk pelatihan dimana materi pelatihan, waktu serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan yang diminta dan dibutuhkan oleh peserta atau perusahaaan yang meminta. Lalu, mengapa In-House Training lebih baik dilakukan dibandingkan pelatihan lain? Bagi Anda yang telah menjalankan di perusahaan Anda, coba berikan tanggapan Anda mengenai hal di atas.

Melalui artikel ini akan dijelaskan lebih detil tentang In-House Training dan mengapa training ini lebih baik digunakan untuk perusahaan Anda. Silakan baca artikel ini hingga selesai agar Anda dapat memahaminya.

Tujuan In-House Training

Tujuan In-House Training adalah membantu meningkatkan kualitas SDM yang menjadi eksekutor atas ide, rencana dan kegiataan perusahaan.

Materi In-House Training

Materi yang diberikan biasanya berkaitan dengan permasalahan yang lebih spesifik yang diminta oleh perusahaan. Materi training akan dirancang secara khusus oleh pihak trainer/provider training yang Anda pilih agar relevan dan berkaitan langsung dengan kinerja pada bidang kerja tertentu dan mencari solusi jika terdapat permasalahan terkait. Dengan demikian, perusahaan akan dapat meningkatkan kinerja karyawan dan meningkatkan kualitas serta hasil kerja karyawan secara langsung.

Tempat In-House Training

Tempat penyelenggaraan In-House Training ditentukan oleh perusahaan bisa di kantor sendiri, hotel atau dimana pun yang mendukung acara training berjalan lancar. Tempat training harus diperhatikan agar memberi kenyamanan bagi peserta training dan mendukung efektifitas jalannya training.

Peserta In-House Training

Peserta dalam In-House Training dipilih oleh pihak perusahaan dan jumlah peserta harus ditentukan sesuai kesepakatan degan pihak Trainer yang diundang.

Manfaat In-House Training

Pelatihan seperti In-House Training biasanya dilaksanakan dengan berbagai tujuan dan target yang ingin dicapai sesuai kebutuhan dari perusahaan penyelenggara. Manfaat utama dari In-House Training adalah:

1.     Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Hal ini diharapkan dapat mendukung taget perusahaan dalam upaya mencapai sasaran yang ditetapkan. Bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan

2.     Menciptakan interaksi antara peserta.

Jika perusahaan memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa daerahmaka ekmungkinan memiliki cara kerja yang berbeda, pengalaman kerja dan pengalaman hidup yang berbeda, dan memiliki kualitas yang berbeda pula. Melalui In-House Training peserta dapat bertukar informasi sehingga cara ini mungkin yang paling efektif untuk menciptakan standarisasi kinerja yag efektif. Mana yang terbaik, mana yang paling efektif dan paling bagus bisa dibuat standar kerja di semua cabang sehingga seluruh cabang bisa berkembang secara merata dengan kualitas yang baik.

3.     Mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara karyawan

Oleh karena bekerja untuk satu perusahaan yang sama, tentu akan mencairkan suasana antar karyawan sehingga tidak ada rasa kaku satu sama lain untuk berbagi, bersahabat dan lebih kompak.

4.     Meningkatkan motivasi dan budaya belajar yang berkesinambungan

Dalam In-House Training, dapat mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat mencari solusi secara bersama-sama dengan keputusan solusi terbaik.

Masih banyak lagi manfaat yang diharapkan oleh perusahaan terhadap In-House Training tergantung dari apa yang ditargetkan oleh perusahaan itu sendiri.

Keuntungan In-House Training

Selain manfaat dari In-House Training, tentu ada kelebihan yang membedakan training ini dengan pelatihan yang lain yakni:

1.     Biaya yang lebih murah

Mengapa biaya lebih murah? Karena biaya-biaya seperti tempat penyelenggaraan dapat ditekan misalnya dengan menggunakan hall meeting di kantor sendiri. Anda hanya perlu mengakomodir biaya transport untuk trainer atau akomodasi apabila trainer dari luar kota. Biaya makanan tidak dapat ditekan karena sekaligus diberikan untuk peserta juga.

2.     Hasil dapat lebih maksimal

Hasil dari pelatihan lebih maksimal karena telah ditentukan target dari pelatihan dengan jelas dan disesuaikan materinya dengan permasalahan karyawan di lapangan.

3.     Resiko kecil

Peserta adalah orang-orang dalam 1 (satu) perusahaan sehingga meminimalkan resiko rahasia perusahaan bocor/masalah internal dari perusahaan.

Rahasia internal atau masalah perusahaan merupakan hal yang krusial dan sensitive apabila diketahui oleh lawan perusahaan Anda maka melalui training ini kerahasiaan terjamin karena peserta adalah karyawan perusahaan sendiri dan telah dipilih berdasarkan bidang atau jabatan tertentu.

4.     Materi lebih spesifik

Materi lebih spesifik sesuai dengan yang diajukan oleh perusahaan. Dengan materi yang spesifik akan lebih mudah dipahami karyawan karena mereka yang terjun langsung bekerja dan menghadapi masalah. Training yang dirancang trainer ini akan membantu karyawan dengan efektif mendapatkan solusi terbaik.

Melalui training ini, perusahaan juga dapat menyelipkan pesan atau masukkan kepada karyawan misalnya seperti tentang peraturan perusahaan atau SOP yang ingin diingatkan kembali serta dapat meminta materi pelatihan khusus di luar materi yang dipersiapkan oleh trainer, contohnya materi tentang public speaking yang mungkin diperlukan oleh karyawan perusahaan agar dapat fasih dan lancar berbicara di depan umum.

5.     Trainer/Provider Training dapat melakukan proses training analysis

Proses training analysis ini berupa survey pendahuluan hingga wawancara terhadap karyawan perusahaan. Hal ini bertujuan sebagai bahan masukan agar lebih fokus ke inti permasalahan yang ada dalam perusahaan

6.     Trainer dapat dengan mudah mengumpulkan data  awal

Data awal yang dimaksud seperti masalah, kebutuhan, latar belakang, dan harapan perusahaan sehingga hal ini membantu trainer dalam merumuskan sasaran pelatihan, membuat desain pelatihan, membangun alur, membentuk kasus, memilih metode, dsb.

Kesimpulan

Kami dapat menyimpulkan bahwa ada 6 alasan utama mengapa In-House Training yakni:

  1. Biaya yang lebih murah
  2. Hasil yang lebih maksimal
  3. Rahasia perusahaan terjaga
  4. Materi lebih spesifik
  5. Trainer dapat melakukan proses training analysis sebelumnya
  6. Trainer mengumpulkan data awal perusahaan

In-House Training, yang juga tersedia pada salah satu program pelatihan di GLC ini, cocok untuk perusahaan Anda yang memiliki jumlah karyawan yang banyak atau memiliki banyak cabang di beberapa tempat sehingga melalui training ini pelatihan SDM dapat menyeluruh dan efisien.

Apakah Anda merasa artikel tentang In-House Training memberi informasi baru untuk Anda? Kira-kira apa pandangan Anda tentang kelebihan Training ini? Jika Anda merasa artikel ini memberi manfaat dan informasi bagus untuk Anda silakan bagikan dan berikan komentar positif di social media Anda mengenai hal ini.