fbpx

Bagaimana Kombinasi Business Coaching dan Mentoring Bisa Memajukan Bisnis Anda?

Business Coaching dan Mentoring

Pada artikel sebelumnya pernah dijelaskan tentang business coaching dan business mentoring. Keduanya masing-masing memberikan manfaatnya tersendiri serta dijelaskan pula bahwa kombinasi business coaching dan mentoring adalah hal yang baik.

Business coaching dan mentoring memang dua hal yang berbeda namun jika dikombinasi memiliki manfaat yang luar biasa. Business coaching lebih mengarah ke menggali potensi sedangkan mentoring membantu Anda pemilik bisnis dalam menyelesaikan masalah dalam usaha secara professional.

Menurut Anda, apa keuntungan yang didapat dari kombinasi demikian? Coba berikan pandangan Anda sebelum kami menjelaskam lebih detil.

Mari lanjut membaca artikel ini agar Anda mengetahui keuntungna business coaching dan mentoring untuk kemajuan bisnis Anda.

Manfaat Kombinasi Business Coaching dan Mentoring

Coaching dan Mentoring dapat memberikan manfaat bagi sebuah perusahaan dari berbagai ukuran khususnya untuk usaha kecil. Business coaching dan mentoring juga merupakan pelatihan kombinasi yang disarankan di GLC karena member dampak yang besar untuk sebuah bisnis. Kombinasi ini dapat dihubungakan dengan efisiensi dan sikap produktif, dimana akan memberikan karyawan sebuah cara untuk terhubung, belajar dan berkembang di perusahaan di sepanjang karir mereka. Berikut adalah beberapa manfaat kombinasi coaching dan mentoring

Peningkatan kerja yang signifikan

Teknik coaching dan mentoring dapat membantu karyawan cepat beradaptasi dengan lingkungan dan kultur perusahaan. Contohnya seperti seorang mentor membantu karyawan beradaptasi dengan lingkungan baru dan bekerja dengan awal yang baik. Mentor akan menjelaskan secara professional alur bisnis perusahaan.  Coaching biasanya untuk karyawan baru atau karyawan lama dimana membantu dalam pengarahan individu untuk tugas kerja yang spesifik, proses atau tanggung jawab tertentu. Usaha kecil dapat menggunakan mentor untuk membantu mengembangkan karyawan di perjalanan karirnya seperti manajemen.

Dengan kombinasi keduanya, karyawan baru dapat mengalami peningkatan kerja yang signifikan begitupula dengan karyawan lama yang memiliki pergantian tanggungjawab/promosi, coach akan membantu mengarahkan sekaligus menentukan potensi dari karyawan sehingga kinerja dan bidang kerja cocok untuk karyawan tersebut.

Komitmen dan kesetiaan

Kombinasi coaching dan mentoring dapat meningkatkan kesetiaan/loyalty terhadap perusahaan. Ketika coach membantu untu membangun karir dan menyediakan kesempatan untuk karyawan, maka akan timbul koneksi dan komitmen yang besar terhadap bisnis.  Coaching membantu karyawan untuk merasa nyaman dengan manajemen dan mendukung komunikasi terbuka, kinerja yang positif. Hal ini dapat membantu perusahaan menghemat biaya dibandingkan melakukan pelatihan berkelanjutan dan training karyawan baru. Dengan coaching dan mentoring, karyawan yang telah digali potensinya dan bagaimana menyelesaikan suatu permasalahan maka ia akan berkomitmen untuk eksekusinya karena solusi ditentukan sendiri oleh karyawan. Hal inilah yang menimbulkan loyalitas dari karyawan terhadap perusahaan.

Pengembangan Diri

Teknik coaching dan mentoring sangat bagus membantu karyawan baru untuk mempercepat kinerja. Hal ini yang memberikan hasil yang efisien ketika menerima karyawan baru. Sebagai tambahan, teknik kombinasi ini mempengaruhi perjalanan karir karyawan. Secara spesifik, coaching membantu individu untuk menyelesaikan masalah namun tetap fokus dengan batasan-batasan dalam hubungan profesional dan confidential. Hal ini membantu mengurangi frustasi dari karyawan dan meningkatkan kepuasan kerja dari karyawan, memberikan manfaat bagi perusahaan.

Dengan masalah yang cepat terselesaikan dengan program coaching, karyawan fokus untuk menggali kemampuannya yang lain sehingga proses pengembangan diri tiap individu dalam perusahaan berjalan dengan cepat. Seiring dengan itu perkembangan bisnis juga ikut maju.

Efisiensi Tim

Selain pengembangan karyawan, coaching dan mentoring dapat meningkatkan fungsi dari tim, departemen dan seluruh perusahaan. Coaching dan mentoring membuat manager mampu melihat kelemahan dan kekuatan dari tiap karyawan. Hal ini membuat perusahaan memegang kendali SDMnya sehingga seluruh tim bekerja dengan lancar meskipun ada seorang karyawan yang mengajukan cuti atau ijin sakit.

Coaching dapat dilakukan pula oleh leader dalam sebuah tim begitupula dengan mentoring. Perpaduan keduanya ini yang membantu leader untuk mengoptimalkan kinerja anggotanya. Dengan coaching, leader akan melihat kemampuan tiap anggotanya lalu melalui program mentoring akan diberikan pengarahan tentang tugas dan tanggungjawab agar anggota dapat melaksanakan dengan baik. Dengan demikian, tidak adanya anggota tim yang bekerja tidak optimal atau tumpang tindih tugas karena semua tugas diberikan sama rata sesuai kemampuan masing-masing anggota.

Kesimpulan

Dari artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat dari kombinasi business coaching dan mentoring adalah

  1. Peningkatan kerja yang signifikan
  2. Komitmen dan kesetiaan
  3. Pengembangan diri
  4. Efisiensi tim

Jadi, setelah membaca artikel di atas Anda telah memahami tentang manfaat kombinasi business coaching dan mentoring. Meskipun kadang kedua bertolak belakang namun memiliki porsi tugasnya masing-masing dalam membantu perkembangan usaha Anda.

Business coach yang handal adalah yang dapat sekaligus menjadi mentor, seperti yang ada di GLC dimana coachnya merupakan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya dan dapat memberikan coach bagi pemilik bisnis seperti Anda.

Apabila artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan Anda bagikan di social media Anda dan beritahu kepada orang sekitar Anda agar ikut membaca dan dapat merasakan manfaat dari business coaching dan mentoring untuk usahanya.