fbpx

Konsultan Bisnis Tidak Efektif Jika Bekerja Sendiri

Kombinasi Konsultasi dan Coaching

Konsultan bisnis adalah orang yang pemberi dukungan dan informasi yang dapat membantu Anda dalam pengembangan atau penyusunan strategi bisnis. Sebagian orang mungkin baru mengenal istilah konsultan bisnis. Jika disebut konsultan bisnis maka yang diingat ialah konsultan bidang keuangan atau perpajakan. Konsultan bisnis mensupport Anda dalam penyelesaian masalah bisnis Anda secara cepat karena sudah pengalaman dalam bidang bisnis, seperti yang pernah diulas dalam artikel sebelumnya.

Dari penjelasan di atas mungkin Anda memiliki gambaran apa saja tugas konsultan bisnis. Akan tetapi, bekerja dengan konsultan bisnis saja tidak efektif dalam mengembangkan bisnis Anda. Mengapa demikian? Untuk mengetahuinya silakan baca artikel ini lebih lanjut.

Di bawah ini akan dibahas lebih dalam alasan dari kurang efektifnya konsultan bisnis jika bekerja sendiri di perusahaan Anda.

Kekurangan Konsultan Bisnis

Ada sedikit kekurangan dari konsultan bisnis yang dapat berpengaruh negatif bagi perusahaan Anda yakni meski konsultan bisnis memberikan Anda semua kemudahan dalam menyelesaikan masalah, hal ini akan membentuk sebuah rasa bergantung terhadap konsultan bisnis. Tentu rasa ini harus dihindari oleh seorang pemilik bisnis dalam berbisnis karena membuat Anda menjadi dependen dan tidak mandiri.

Dengan alasan tersebut rasanya tidak efektif jika konsultan bisnis terus bekerja dalam bisnis Anda. Menurut kami, perlu adanya kombinasi antara konsultasi bisnis dengan pelatihan jenis lainnya seperti bisnis coaching. Contohnya saja di GLC, dimana para coach juga dapat berperan sebagai konsultan bisnis ketika dalam proses bisnis Anda menghadapi masalah penting yang harus diselesaikan dalam waktu cepat.

Kombinasi Konsultasi Bisnis dan Bisnis Coaching

Sekarang coba kita simak bersama bagaimana manfaat jika konsultasi digabung dengan coaching dalam bisnis Anda. Berikut adalah kelebihan yang dapat Anda rasakan untuk bisnis Anda, yakni.

1. Kendala cepat Diketahui dan Dihadapi secara Mandiri

Sebagai pemilik bisnis tentu harus segera menyelesaikan masalah yang muncul agar tidak menjadi halangan dalam bisnis Anda. Konsultasi bisnis membantu Anda mengenali masalah dalam perusahaan ataupun tim Anda dengan cepat. Lalu, melalui coaching Anda dapat menghadapi dan mendapat solusi atas masalah tersebut.

Contohnya tim marketing yang mengalami masalah penurunan order yang diketahui oleh konsultan bisnis karena munculnya produk baru dari kompetitor yang lebih canggih. Melalui teknik coaching, Anda akan mengajak tim marketing untuk sama-sama memikirkan cara-cara menaikkan permintaan. Pemikiran dari tiap orang tentunya berbeda-beda dan inilah yang menjadi pertimbangan bagi Anda. Dari berbagai jawaban maka Anda dapat bertanya kembali mana yang lebih efektif dan terbaik sehingga produk Anda masih dapat terus bersaing dengan produk baru dari kompetitor.

Setelah tim Anda menentukan sendiri strategi yang akan dilakukan maka bisnis coach atau Anda cukup memantau apakah strategi berjalan dengan baik dan tim Anda menjadi mandiri dan lebih bertanggung jawab akan pekerjaan mereka dalam mengembangkan bisnis.

2. Bisnis Berkembang relatif Cepat

Dengan cara konsultasi bisnis dapat membantu menyusun strategi pemasaran, merencanakan langkah kerja dan model bisnis sehingga bisnis Anda telah tertata dengan baik. Konsep bisnis yang bagus harus dieksekusi dengan baik pula. Nah, tugas bisnis coach untuk mengkontrol, mengingatkan dan mendukung Anda dalam menemukan potensi diri sehingga semua perencaan dapat dilakukan dengan baik.

Konsep yang telah disusun oleh konsultan bisnis sudahpasti bisa membantu Anda mendapatkan profit secara efektif apalagi dengan adanya bantuan dari bisnis coach yang menjadikan Anda mampu berpikir dan mencari solusi atas masalah Anda secara mandiri sehingga bisnis Anda akan berkembang dengan cepat dan tujuan Anda dapat cepat dicapai.

3. Pengembangan Jiwa Kepemimpinan

Jika bisnis sudah berkembang tentu SDM anda juga ikut berkembang bersama dengan bantuan dari bisnis coach dan konsultan bisnis. Kenapa bisa terjadi? Karyawan Anda diajak untuk terus berpikir dan terus memotivasi diri bersama dalam mengembangkan perusahaan Anda.

Karyawan Anda telah terlatih agar dapat memtuskan sendiri solusi terbaik, menyelesaikan masalah dan terlatih lebih bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan melalui teknik coaching. Semua bakat yang sudah ada inilah dapat memicu terbentuknya jiwa kepemimpinan dalam diri tiap karyawan Anda. Oleh karena itu, baik project apapun yang dilakukan, siapa saja mampu menjadi pemimpin dan dengan demikian Anda sebagai pemilik bisnis sudah bisa melepaskan bisnis Anda berjalan autopilot.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa konsultan bisnis dapat menimbulkan rasa ketergantungan pada pemilik bisnis atau perusahaan maka disarankan untuk dikolaborasikan dengan bisnis coach sehingga memiliki manfaat sebagai berikut.

a. Kendala cepat diketahui dan diselesaikan dengan Mandiri

b. Bisnis berkembang relatif cepat

c. Pengembangan Jiwa Kepemimpinan

Setelah Anda membaca artikel di atas tentu sudah paham dengan alasan konsultan bisnis mengapa perlu dikolaborasikan dengan pelatihan lain. Apabila Anda memilik pendapat lainnya, silakan tuliskan di kolom komentar. Beritahu kami pandangan kombinasi apa yang paling cocok dengan konsultasi bisnis untuk dapat mengembangkan usaha Anda.

Silakan bagikan artikel ini apabila Anda merasa bermanfaat bagi Anda dan orang banyak. Jika Anda memiliki masalah bisnis yang ingin diselesaikan maka hubungi bisnis coach kami pada nomor kontak yang tertera di halaman ini.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!