fbpx

5 Kriteria Utama Bisnis Konsultan Keuangan Terpercaya

Bisnis Konsultan Keuangan

Perkembangan bisnis yang semakin pesat membuat transaksi dalam keuangan bisnis semakin banyak. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengatur keuangan dan merencanakan keuangan yang tetap terarah. Jasa Konsultan Keuangan adalah solusi terbaik anda untuk membantu mengurus keuangan Anda.

Konsultan keuangan dapat membantu Anda mengatur arus kas yang lumayan banyak dan tetap memantau agar tidak terjadinya kesalahan dalam pengaturannya. Tidak hanya itu saja tugas konsultan keuangan, ia dapat memeriksa kesehatan keuangan bisnis Anda dan mencari solusi atas masalah keuangan tersebut.

Banyak sekali bukan manfaat dari konsultan keuangan untuk membantu pengaturan keuangan bisnis Anda? Namun, sekarang semakin banyak pula bisnis konsultan keuangan yang membuat Anda kesulitan untuk memilih mana yang terbaik di antara banyaknya pilihan tersebut.

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mengetahui dengan jelas kriteria apa saja yang diperlukan oleh konsultan keuangan agar Anda mendapatkan konsultan keuangan terpercaya yang bisa membantu mengurus keuangan Anda. Mari kita lihat ulasan lengkapnya.

Kriteria Konsultan Keuangan yang Baik

1.      Kenali Kebutuhan Bisnis Anda

Sebelum Anda memilih konsultan keuangan, Anda perlu menganalisa terlebih  dahulu bagaimana bisnis Anda berjalan. Apakah memang memerlukan bantuan dari konsultan keuangan. Hal ini perlu dilakukan karena menggunakan jasa konsultan keuangan berarti Anda mengeluarkan sejumlah biaya.

Pastikan Anda sudah paham permasalahan keuangan dalam bisnis Anda dan tujuan dari konsultan keuangan dalam bisnis Anda tersebut. Dengan demikian, konsultan keuangan dapat bekerja optimal dan sudah paham tentang bisnis Anda. Setiap konsultan keuangan memiliki spesifikasi sendiri sehingga Anda perlu jeli dalam memilih orang yang tepat dan memiliki latar belakang yang tepat.

Belum tentu semua konsultan keuangan pernah menghadapi permasalahan keuangan yang terjadi dalam bisnis Anda. Maka, Anda perlu tahu terlebih dahulu kebutuhan Anda barulah mencari konsultan keuangan yang tepat agar masalah Anda diselesaikan dengan cara terbaik dan sesuai dengan tujuan Anda.

2.      Diskusikan dengan Tim Kerja

Apabila dalam berbisnis Anda memiliki partner kerja atau Anda memiliki tim kerja. Penggunaan Jasa Konsultan keuangan perlu Anda diskusikan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Jika Anda dalam bisnis keluarga atau berbisnis dengan orang lain, kepemilikan atas bisnis itu bukan hanya Anda sendiri sehingga perlu persetujuan dari berbagai pihak untuk menggunakan jasa konsultan keuangan. Apalagi bagian keuangan adalah bagian privasi dalam bisnis Anda tentu sangat sensitif apabila diketahui oleh pihak ketiga.

Apabila, Anda tidak memiliki partner atau Anda menjadi pemilik tunggal, Anda tetap butuh berdiskusi terlebih dahulu dengan tim kerja Anda terutama di bagian keuangan untuk hal ini. Hal ini gunanya agar nantinya saat konsultan keuangan bekerja dalam bisnis Anda tentu semua tim akan ikut bahu membahu dalam mendukung konsultan keuangan.

Berdiskusi dengan tim/karyawan tidak berarti menurunkan derajat Anda sebagai bos namun membantu Anda mendapatkan masukkan dan juga Anda bisa mencari tahu lebih banyak masalah keuangan apa saja dalam bisnis Anda yang perlu diselesaikan oleh konsultan keuangan.

3.      Sertifikasi

Untuk menyerahkan keuangan bisnis Anda dikelola oleh konsultan keuangan tentu Anda perlu seseorang yang dapat dipercaya dan punya kompetensi. Namun, kompetensi tidak dapat diukur dengan kasat mata maka perlu adanya bukti otentik seperti sertifikat konsultan keuangan dari lembaga keuangan terpercaya yang bisa menjadi pegangan bagi Anda.

Sebelum memilih, Anda perlu melakukan cross- check lembaga keuangan yang menjadi tempat sertifikasi konsultan tersebut. Apakah memang lembaga keuangan yang terpercaya atau hanya abal-abal? Selain itu latar belakang dari konsultan keuangan juga penting agar Anda tahu track record dari konsultan keuangan Anda dalam membantu klien-kliennya seperti konsultan bisnis dari GLC yang telah memiliki pengalaman yang banyak dalam membantu klien, salah satunya dalam bidang keuangan.

4.      Berdialog dengan Calon Konsultan Anda

Tentu sebelum menjalin suatu kerja sama baik merekrut karyawan atau klien atau dengan orang yang baru dikenal Anda sebaiknya perlu bertemu dan berdialog langsung dengan orang tersebut. Sama halnya dengan konsultan keuangan.

Anda disarankan untuk bertemu langsung agar Anda bisa menilai bagaimana karakter dari konsultan keuangan Anda dan Anda bisa menemukan kenyamanan dalam percakapan serta membangun chemistry.

Dalam bekerja sama hal paling diutamakan adalah kenyamanan dalam komunikasi dan juga kecocokan. Dengan demikian, proses bekerja menjadi lancar dan Anda bisa percaya dengan konsultan keuangan Anda dalam menyelesaikan masalah keuangan bisnis Anda.

5.      Pembayaran

Banyak orang menganggap remeh hal ini, biasanya jika sudah nyaman dan cocok tentu Anda akan lebih longgar dengan hal ini. Namun, ini adalah hal penting yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja. Untuk bisnis skala kecil yang sedang berkembang Anda perlu budget dalam menyewa jasa konsultan keuangan.

Ada beberapa cara pembayaran yang biasanya diterapkan yakni sistem komisi, berdasarkan jam kerja, atau melalui persentase pembagian laba melalui aset yang diinvestasikan. Hal ini perlu dibicarakan dan berdasarkan kesepakatan bersama. Bagi pemilik bisnis sebaiknya menetapkan perjanjian kerja sama antara Anda dengan konsultan keuangan Anda.

Dalam menggunakan jasa konsultan keuangan bukanlah hal yang wajib dalam berbisnis. Hal ini tergantung dari kebutuhan masing-masing pemilik bisnis. Namun, Anda perlu mengecek seberapa butuhnya Anda dan seberapa urgensi masalah dalam keuangan bisnis Anda yang perlu diselesaikan.

Meskipun sudah menggunakan konsultan keuangan, Anda tetap harus kritis dan memantau keuangan bisnis Anda sendiri sehingga Anda bisa independen nantinya dalam mengurus keuangan bisnis Anda. Konsultan keuangan hanya sebagai solusi cepat dalam mengatasi masalah keuangan bisnis Anda.

Semoga Anda mendapatkan pandangan berbeda dan pengetahuan yang lebih mendalam sebelum Anda memilih konsultan keuangan untuk bisnis Anda. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan jasa konsultan keuangan Anda dapat menghubungi kami melalui contact di halaman ini. Silakan juga bagikan informasi ini ke rekan bisnis Anda agar tidak salah dalam memilih konsultan keuangan yang tepat.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!