fbpx

5 Rahasia Kunci Sukses Dalam Bisnis Dan Hidup

8 Rahasia Kunci Sukses Dalam Hidup Dan Bisnis

🔑Kunci sukses dalam bisnis dan hidup adalah satu hal yang paling sering dicari oleh orang. Sukses berarti mengetahui apa yang diinginkan dan berhasil mencapainya.

Ada orang menganggap bisnis dan kehidupan adalah dua hal yang terpisah. Nyatanya kesuksesan dalam bisnis dan hidup saling mendukung atau berjalan berdampingan.

Ada orang percaya bahwa kesuksesan itu dipengaruhi oleh keberuntungan. Memang benar bahwa keberuntungan tidak bisa kita kendalikan secara langsung. Jadi sebaiknya tidak terlalu kita pikirkan. Lebih baik kita memfokuskan sumber daya kita pada hal lainnya.

Cara yang paling efektif untuk mencapai sesuatu adalah dengan meniru orang yang sudah pernah mencapainya. Di artikel ini kita akan belajar dari 8 pengusaha sukses kelas dunia. Kita akan mengetahui apa yang menjadi kunci sukses mereka dalam bisnis dan hidup.

Ini adalah 8 pengusaha sukses tersebut:

Li Ka Shing, orang terkaya di Hongkong.

Richard Branson, pendiri Virgin Group yang mengontrol lebih dari 400 perusahaan.

Jeff Bezos, pendiri Amazon dan saat ini merupakan orang terkaya di dunia.

Bill Gates, pendiri perusahaan Microsoft dan merupakan orang terkaya kedua di dunia.

Warren Buffett, investor saham paling terkenal dan merupakan orang terkaya ketiga di dunia.

Steve Jobs, pendiri perusahaan Apple yang memproduksi iPhone.

Jack Ma, pendiri Alibaba group dan merupakan orang terkaya di China.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook dan merupakan orang terkaya kelima di dunia dengan usia 34 tahun.

Data yang tertera di atas adalah yang terkini ketika artikel ini ditulis, Maret 2019.

Di antara kunci sukses dalam bisnis dan hidup dari 8 pengusaha sukses ini, ada 5 kunci dimana mereka semua menyetujui hal yang sama. Jika kita juga mempelajari pengusaha sukses lainnya, kemungkinan besar mereka juga akan menyetujui hal yang sama.

Dalam artikel ini, 5 kunci sukses ini akan diberikan dengan menggunakan sudut pandang umum agar bisa dipelajari oleh setiap orang. Ini dia 5 kunci sukses tersebut.

1. Memiliki Gol Yang Besar

Sebuah gol atau tujuan adalah syarat utama untuk sukses. Kalau belum jelas, maka kita akan berjalan tanpa arah, tidak tahu sukses itu dimana.

Gol yang ingin kita capai dalam bisnis biasanya selaras dan mendukung gol atau impian besar dalam hidup kita.

Satu hal yang paling penting adalah komitmen. Tanamkan mindset ini pada diri kita, “Apapun yang terjadi, saya akan terus berjalan menuju gol ini sampai tercapai.”

Tidak perlu khawatir jika saat ini kita tidak tahu bagaimana caranya. Setiap orang pasti mengalami hal yang sama. Maka dari itu, kita akan menggunakan kunci sukses yang kedua.

2. Belajar Terus Tanpa Henti

Sekarang kita mau mencari cara untuk mencapai gol kita. Kita cari orang-orang yang sudah pernah berhasil mencapai gol kita, setidaknya mereka juga sudah pernah berjalan menuju gol yang kita inginkan.

Pelajari bagaimana strategi mereka dan hal-hal apa saja yang mereka lakukan.

Menurut Jack Ma, kita sebaiknya jangan hanya belajar dari keberhasilan orang lain. Kita juga harus bisa belajar dari kegagalan atau kesalahan mereka. Dengan begitu, kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama. Kita pun bisa lebih cepat mencapai gol kita.

Di samping itu, kita juga harus rutin mengisi otak kita dengan ilmu atau informasi terbaru. Dari sini kita bisa saja menemukan cara lain yang bisa mempercepat kesuksesan kita.

Kita juga bisa mencari seorang bisnis coach atau mentor untuk membantu kita. Setelah business check-up, mereka akan mengerti bagaimana kondisi bisnis kita dan kemudian membantu kita menuju arah yang benar. Proses belajar kita akan menjadi jauh lebih efektif.

3. Berpikir besar, mulai dari kecil

Banyak orang menyerah di awal-awal, atau bahkan belum memulainya, ketika hendak menyelesaikan sesuatu. Karena ukuran hal tersebut sangat besar, motivasi langsung hilang.

Dalam mengatasi masalah ini, kita harus pintar melakukan perencanaan. Buat daftar hal apa saja yang perlu kita lakukan. Kemudian pisah menjadi bagian-bagian kecil agar terlihat gampang dikerjakan.

Ini adalah cara agar kita bisa tetap termotivasi. Beri diri kita sebuah hadiah setelah berhasil menyelesaikan beberapa bagian.

Contohnya, Anda boleh makan permen coklat setelah menyelesaikan 3 tugas kecil, kemudian Anda boleh nonton sebuah film jika berhasil menyelesaikan 10 tugas dalam satu hari.

4. Ingat Jangka Panjang

Tidak masuk akal jika sebuah gol besar bisa dicapai dalam waktu yang pendek. Kalaupun bisa, itu artinya gol tersebut terlalu kecil bagi kita.

Dengan mengingat hal ini, kita tidak akan gampang putus asa ketika mengalami sebuah kegagalan. Ketahui bahwa di balik setiap kegagalan, ada jalan lain yang terbuka yang menuju impian besar kita.

Kita juga jangan terlalu takut pada kesalahan. Lakukan saja! Jangan sampai kita tidak melakukan sesuatu karena takut salah.

Lebih banyak orang yang menyesal karena tidak melakukan sesuatu daripada melakukannya dengan salah.

5. Kontribusi

Dengan tujuan dan rencana yang jelas, disertai dengan ketekunan tinggi, hanya tinggal menghitung waktu untuk mencapai gol kita.

Apakah cukup dengan 4 kunci sukses di atas? Ternyata masih ada satu hal lainnya yang sering dilupakan oleh banyak orang, yaitu kontribusi.

Kembali ke pembahasan mengenai keberuntungan yang tidak bisa dikendalikan secara langsung. Menurut 8 pengusaha sukses di atas, keberuntungan ini ternyata dipengaruhi oleh satu hal, walaupun tidak secara langsung, yaitu dari memberi.

Pikirkanlah manfaat apa yang bisa kita berikan kepada orang lain, dan berikanlah sebanyak mungkin. Mulai dari orang-orang terdekat dalam hidup kita; orangtua, pasangan, anak, saudara, kerabat, teman-teman dekat, dan kemudian orang-orang lainnya.

Prinsip ini sering kita dengar dengan sebutan give and take. Memberi dan kemudian menerima, bukan sebaliknya ya. Kita harus memberi dulu, kemudian baru kita akan menerima sesuatu.

Para pengusaha ini percaya bahwa semakin banyak hal baik yang kita berikan ke dunia ini, dunia akan mengembalikan yang lebih baik lagi kepada kita. Apakah ini yang sering kita anggap “keberuntungan”?

Jadi inilah 5 kunci sukses dalam bisnis dan hidup dari 8 pengusaha sukses di atas. Seperti yang dibahas di point ke-5, Anda bisa memberikan manfaat untuk orang-orang dalam hidup Anda dengan membagikan artikel ini kepada mereka sekarang juga.

Salam sukses dan Always GO BIG!!!