fbpx

Pentingnya Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah dan Pencatatan Keuangan

Laporan Keuangan Usaha Kecil Menengah

Sehat atau tidaknya sebuah bisnis dilihat dari laporan keuangan usahanya baik itu bisnis kecil maupun besar.

Laporan dan catatan keuangan ini berfungsi sebagai tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis.

Artikel ini khususnya ditujukan untuk pemilik bisnis usaha kecil menengah (UKM). Usaha jenis ini merupakan usaha yang berkembang cepat dan menjadi roda perputaran ekonomi di Indonesia.

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan memahami lebih detil fungsi dari laporan keuangan dan pencatatan keuangan terhadap bisnis Anda.

Sebelum kita membahas tentang fungsi, ada baiknya Anda pahami tentang definisi dan garis besar pengelompokkan laporan keuangan

Definisi Laporan Keuangan dan Kelompoknya

Laporan Keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaa pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap meliputi:

  1. Neraca
  2. Laporan Laba Rugi Komprehensif
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Laporan Arus Kas
  5. Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan

Seperti dijelaskan di video sebelumnya. Ada beberapa jenis laporan keuangan utama yakni:

a. Laporan Neraca

Laporan ini adalah laporan yang memperlihatkan kondisi perusahaan dalam periode tertentu.

Kondisi laporan neraca dapat ditunjukkan dari aset, hutang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan pada periode tersebut.

Neraca Saldo

b. Laporan Laba Rugi

Laporan ini memperlihatkan bagaimana kondisi bisnis yang tengah berjalan. Dibuat dalam periode tertentu baik itu bulanan, semester atau tahunan.

Laporan Laba Rugi

Fungsinya ialah mengetahui apakah bisnis Untung atau Rugi dalam periode tertentu.

Jika pengeluaran lebih besar daripada pendapatan maka bisnis yang Anda jalankan dikatakan rugi. begitu pula sebaliknya.

c. Laporan Perubahan Modal

Laporan ini menunjukkan jumlah modal yang digunakan dalam bisnis Anda termasuk modal awal bisnis Anda.

 

Laporan Perubahan Modal

Setiap perubahan harus dimasukkan dalam laporan ini. Gunanya agar diketahui besarannya dan penyebab terjadinya perubahan tersebut.

d. Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas

Laporan ini wajib ada dalam sebuah perusahaan.

Di dalamnya menggambarkan kemana arah keluar masuknya uang tunai. Baik dari modal, profit, operasional, pendapatan, dll.

Dalam akuntansi lebih sering dikenal dengan istilah cash flow.

Pencatatan Keuangan dan Fungsinya

Setelah Anda paham dengan beberapa jenis laporan keuangan, mari kita simak tentang pencatatan keuangan.

Pencatatan Keuangan sering kali dianggap remeh oleh pemilik bisnis. Padahal sangat penting untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Pencatatan meliputi semua transaksi yang terjadi baik itu keluar maupun masuk.

Tanpa adanya pencatatan, maka akan sulit untuk membuat laporan keuangan usaha Anda.

Fungsi dari Pencatatan Keuangan

1. Perkembangan Usaha dapat diketahui secara Detil

Apabila Anda mencatat detil transaksi dalam usaha Anda, maka Anda dapat mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis Anda.

Progress bisnis dapat ditinjau apakah ada peningkatan atau penurunan atau malah stagnan.

 

Perkembangan Bisnis

Kondisi ini dapat dilihat dari catatan keuangan yang dimiliki dan dikonversi ke laporan keuangan.

Dengan mengetahui kondisi bisnis, maka visi bisnis dapat dicapai. Begitu pula dengan misi bisnis Anda.

Sehingga strategi dapat disusun dengan baik. Jadi bisnis akan mencapai pertumbuhan yang lebih baik.

2. Kondisi Keuangan Usaha dapat diketahui

Hidup matinya sebuah usaha ditentukan dari kondisi keuangan bisnis Anda.

Nah, untuk mendapatkan gambaran kondisi keuangan yang pasti dan akurat tentu pencatatan keuangan harus jelas dan terperinci.

Dengan demikian Anda memiliki gambaran kondisi keuangan yang akurat.

Status Keuangan

Pencatatan Keuangan sangatlah krusial apalagi untuk UKM yang baru saja berdiri.

Hal ini karena dari laporan keuangan dapat dilihat kondisi keuangan usaha dari periode tertentu misalkan per bulan atau per tahun.

3. Sumber Pengambil Keputusan

Laporan dan pencatatan keuangan usaha dapat dijadikan sebagai sumber pengambil keputusan.

Pengambilan Keputusan

Jika selama satu bulan ini bisnis merugi, maka Anda bisa menentukan rencana apa yang dapat dilakukan.

Tidak hanya itu, strategi bisnis dan tujuan bisnis Anda dapat direncanakan dengan matang.

Jadi betapa pentingnya sebuah laporan keuangan dan pencatatannya untuk kelangsungan bisnis.

Selain itu penyusunan strategi yang baik untuk perkembangan bisnis Anda.

Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang berbeda bagi Anda. Tentunya dengan menyadari tentang esensi dari sebuah laporan keuangan UKM anda.

Apabila artikel ini bermanfaat buat Anda maka silakan bagikan di social media Anda dan rekan bisnis atau orang sekitar Anda agar mereka mendapatkan informasi berguna ini.

Silakan hubungi kami jika ingin berdiskusi lebih lanjut tentang bisnis Anda. Semoga menginspirasi, Always Go Big!

Looking for GLC for Corporate? Find it here.
slot888 joker123 joker123 ladangbola789