fbpx

Rahasia Manajemen Keuangan Bisnis untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Manajemen Keuangan Bisnis UMKM

Pengertian Manajemen Keuangan Bisnis adalah aktivitas pemilik dan manajemen perusahaan untuk memperoleh sumber modal yang seminim mungkin dan menggunakannya dengan efektif, efisien, produktif untuk menghasilkan laba yang besar.

Untuk perusahaan besar seperti perseroan, fungsi dan tugas dari manager telah dipilih dan ditentukan sesuai struktur dan strategi organisasi. Lain halnya dengan usaha kecil seperti UMKM yang fungsi dan tugas manager berbaur menjadi satu karena belum diperlukan posisi tersebut dalam organisasi. Biasanya yang menjadi manager adalah pemilik usaha.

Tugas rangkap dari pemilik bisnis sebagai manager ini yang sering menimbulkan permasalahan, terutama dalam bidang keuangan. Pemilik bisnis cenderung meremehkan manajemen keuangan bisnis usahanya sehingga menyebabkan perputaran uang dalam bisnis berjalan lambat.

Melalui artikel ini, akan diulas mengenai apa saja hal yang penting dalam bidang keuangan perusahaan untuk mengatur keuangan bisnis UMKM Anda. Silakan simak ulasan berikut ini.

Dalam manajemen keuangan bisnis, tidak semua hal dilakukan dalam bidang keuangan namun terkait dengan bidang lainnya seperti personalia, operasi dan produksi, pemasaran, dsb). Beberapa kegiatan utama yang terjadi dalam bidang keuangan dan tentunya ada sub-bagian dalam bidang keuangan yang memiliki tugasnya masing-masing. Berikut ini adalah bagian dalam bidang keuangan.

Administrasi Hutang

Hutang adalah kewajiban perusahaan kepada pihak lain yang bekerjasama dalam usaha Anda. Dokumentasi atau pencatatan hutang sangat penting karena hal ini akan berguna sebagai peringatan kepada pemilik bisnis Anda untuk melakukan berbagai antisipasi apabila munculnya masalah keuangan pada usaha UMKM Anda dalam membayar hutang tersebut.

Peringatan ini bukan saja sebagai antisipasi tapi juga sebagai pengingat jadwal pembayaran hutang Anda agar tidak lewat dari jatuh temponya. Resiko yang terjadi apabila anda melakukan pembayaran melewati masa jatuh tempo maka Anda akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar denda keterlambatan pembayaran tersebut. Hal ini tentunya merugikan bagi usaha Anda.

Administrasi Piutang

Bagian ini berguna untuk melakukan pencatatan penting sebagai informasi internal dan eksternal. Informasi eksternal dapat dijadikan sebagai agunan kepada pemberi pinjaman untuk mengatasi masalah keuangan jangka pendek sedangkan informasi internal dapat digunakan untuk perencanaan dan evaluasi/pengadaaan.

Administrasi Aset Tetap

Aset tetap adalah harta berupa benda berwujud maupun tidak berwujud yang tidak habis dalam kurun waktu tertentu namun mengalami penyusutan dari segi nilai. Aset tetap memiliki potensi menjadi modal dengan syarat bahwa perusahaan melalukan pencatatan atas aset tersebut.

Pencatatan aset tetap memiliki fungsi untuk menunjukkan kapan barang tersebut dibeli dan menentukan tingkat penyusutan dan mulai berlakunya serta waktu berakhirnya penyusutan tersebut.

Administrasi Kas

Kas adalah uang tunai yang nantinya digunakan untuk mendukung kegiatan operasional. Umumnya, jumlah kas tidak dalam jumlah yang besar namun ketersediaannya cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional usaha Anda. Biasanya nominal kas ditetapkan berdasarkan jumlah maksimal penggunaan untuk kebutuhan operasional usaha.

Pencatatan keuangan kas berguna untuk memberikan informasi tentang berapa uang kas yang masuk dan keluar sehingga menjaga keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran. Umumnya pencatatan dilakukan setiap hari selama operasional usaha berjalan.

Administrasi Persediaan

Persediaan dikatakan sebagai kekayaan perusahaan karena memiliki peran utama dalam usaha umumnya jenis usaha dagang yang dapat digunakan untuk menghasilkan profit. Usaha dagang umumnya banyak digeluti oleh pemiliik usaha UMKM.

Administrasi persediaan yang tepat waktu sangat membantu pemilik usaha dalam mengambil keputusan waktu pembeliaan persediaan untuk menjaga agar tidak kehabisan persediaan barang dagangan. Jika terjadi kehabisan stok persediaan maka akan menganggu jalannya proses bisnis dalam usaha Anda dan menghentikan transaksi usaha Anda.

Oleh karena persediaan termasuk dalam kekayaan perusahaan maka pencatatan untuk stok dan nilai setiap barang persediaan perlu dilakukan dengan tepat dan teliti agar diketahui dengan tepat nilai kekayaan perusahaan tersebut.

Administrasi Penggajian

Administrasi ini berkaitan dengan manajemen personalia. Ini adalah dasar untuk perhitungan pajak penghasilan. Manfaat lainnya ialah untuk menjaga keseimbangan yang terjadi di lingkungan kerja sehubungan dengan kinerja karyawan. Karyawan juga adalah aset perusahaan yang harus dijaga dan terus diperhatikan kesejahteraannya sehingga nyaman bekerja dalam perusahaan Anda dan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam bisnis Anda.

Dari keenam penjelasan tentang bagian dalam manajemen keuangan bisnis ini, Anda mempelajari bahwa setiap bagian dalam keuangan ini memiliki tugas dan fungsinya masing-masing sehingga menjadi satu kesatuan yang akan membentuk suatu manajemen keuangan bisnis usaha UMKM Anda menjadi solid dan kuat. Dalam keuangan, tindakan administrasi mengambil peran utama agar manajemen keuangan bisnis Anda teratur, rapi dan detil sehingga Anda bisa membaca pergerakan dan perkembangan bisnis Anda.

Bagaimana pandangan Anda tentang peran bagian dalam manajemen keuangan bisnis terutama untuk Anda pemilik UMKM? Apakah hal di atas telah Anda terapkan dalam usaha Anda? Apabila artikel ini memberikan informasi dan bermanfaat untuk usaha Anda silakan bagikan artikel ini di social media atau ke rekan bisnis Anda agar mereka mendapatkan manfaat yang sama setelah membaca artikel ini.