fbpx

6 Manfaat Utama Pelatihan Bisnis Online untuk Bisnis Anda

Manfaat Pelatihan Bisnis Online

Apakah Anda sering mengeluarkan biaya besar untuk pelatihan bisnis? Pernahkah Anda mendengar tentang pelatihan bisnis online? Apa sih pelatihan bisnis online itu?

Pelatihan bisnis online adalah sebuah proses pelatihan dimana keseluruhan pelatihan dilaksanankan melalui sebuah situs internet namun esensi dari pelatihan itu sendiri tidak hilang. Karyawan atau Anda sendiri tetap melakukan pelatihan dibantu oleh coach/mentor bisnis sebagai partner diskusi namun Anda sendiri juga dapat belajar dari materi pelatihan secara online kapanpun dimanapun.

Untuk mengetahui manfaat pelatihan bisnis online yang lebih jelas, silakan Anda baca artikel ini sampai selesai agar Anda memahaminya.

1.    Menghemat biaya transport

Biaya transport domestic per trip untuk seorang karyawan hampir Rp. Jika bisnis Anda adalah bisnis kecil atau baru memulai bisnis, biaya itu sangatlah besar. Harga ini akan berlipatganda apabila kantor Anda berada di luar negri.

Biaya perjalanan bertambah apabila Anda harus membayar coach/trainer untuk mengunjungi kantor Anda guna melatih para karyawan atau ketika Anda harus membayar seorang karyawan untuk melakukan perjalanan untuk mengikuti pelatihan. Bagaimana kalau biaya tersebut bisa dipotong dari pengeluaran?

Dengan pelatihan bisnis online, semua biaya tersebut dapat dikurangi. Karyawan Anda tinggal duduk nyaman dan masuk ke pelatihan bisnis online melalui laptop atau computer dimanapun ia berada.

2.    Memaksimalkan produktifitas

Coba anda totalkan jumlah karyawan Anda lalu kalikan dengan gaji rata-rata per jam mereka. Lau hasilnya Anda kalikan dengan waktu pelatihan bisnis Anda dan waktu perjalanan Anda. Itulah menjadi hasil produktifitas dari pelatihan individu.

Itu mungkin hanyalah sedikit program pelatihan untuk tim kecil pada tingkat gaji yang menengah setiap tahunnya. Sekarang, bagaimana kalau Anda harus melakukan pelatihan untuk seluruh karyawan di kantor? Atau memberikan informasi yang kompleks dan membutuhkan waktu lama?

Angka itu menunjukkan nilai yang hilang dari produktifitas bisnis Anda. Melalui pelatihan bisnis online/ bisnis coaching online akan mengurangi kehilangan tersbut dengan membuat karyawan mengakses materi pelatihan kapan saja dan tanpa perlu melalukan perjalanan jauh. Waktu adalah uang, dan pelatihan online akan menyelamatkan bisnis Anda dari kehilangan waktu yang cukup banyak.

3.    Tidak ada biaya akomodasi

Selanjutnya mari kita pikirkan tentang lokasi. Apakah kantor Anda memiliki area untuk melaksanakan training? Perusahaan kecil biasanya perlu melakukan reservasi untuk tempat pelatihan dan workshop karena area kantor yang tidak memadai. Jika pelatihan ini dilakukan berulang maka akan memakan biaya yang cukup besar.

Dengan pelatihan bisnis online akan memberikan kesempatan untuk mengurangi pengeluara yang berhubungan dengan pengatuan manajemen dan event termasuk lokasi pelatihan hingga makanan ringan dan makan siang untuk karyawan.

Sebagai tambahan, karyawan anda akan lebih senang karena tidak menghabiskan banyak waktu di lokasi pelathan. Mereka juga dapat mengakses dengan gampang semua materi pelatihan melalui computer dan telepon seluler. Kenyamanan ini bagi mereka sebanding dengan pengurangan biaya yang jarang Anda lihat di bisnis apapun.

4.    Menghemat biaya Trainer/Coach/Mentor

Pelatihan offline, memaksa Anda untuk membayar seseorang (baik itu karyawan yang Anda gaji sepenuhnya atau ahli yang Anda perlukan) untuk mengajar karyawan Anda. Pelatih ini biasanya akan dibayar untuk jasanya tidak termasuk biaya perjalanannya.

Dengan bisnis coaching online, waktu ditentukan oleh peserta pelatiham, sehingga mengurangi kebutuhan mencari coach yang full-time. Umumnya, Anda bisa memperoleh modul atau bahan pelatihan baik yang dibuat sesuai kebutuhan atau umum, dan disimpan selamanya.  Karyawan tetap dapat berlatih dengan pelatih untuk berdiskusi dan menjelaskan tentang modul pelatihan. Anda dapat juga mencari materi pelatihan yang cocok di internet secara gratis.

5.    Mengurangi biaya material (kertas dll)

Dengan pelatihan bisnis online, dapat mengurangi penggunaan bahan kertas sebagai materi belajar karena semua materi tersedia dalam bentuk digital. Tidak ada lagi hand-out pengajaran. Dengan materi digital, akan menghemat penggunaan kertas sekaligus menghemat tempat penyimpanan. Anda dapat selalu mengakses kembali bahan pealtihan Anda atau disimpan di cloud yang ada di internet jaman sekarang.

6.    Real time tracking

Pada awalnya, hal ini mungkin tidak berpengaruh signifikan dan bukan kelebihan yang dapat dipertimbangkan namun secara tidak langsung hal ini berpengaruh terhadap bisnis Anda jika menggunakan pelatihan bisnis online. Hal ini adalah tracking statistic performa dari karyawan Anda. Jika biasanya pelatihan offline membutuhkan sesi evaluasi dan butuh waktu lama agar mengetahui perkembangan karyawan dala mengaplikasikan yang dipelajari maka dengan pelatihan bisnis onlne semua hal ini berjalan secara otomatis.

Melalui pelatihan bisnis online, Anda dapat melihat perkembangan dari kinerja karyawan sepanjang waktu dan membantu Anda memonitor progress mereka. Laporan yang otomatis akan membuat keseluruhan proses pelatihan menjadi mudah untuk Anda atur. Anda tidak perlu kuatir tentang esensi dari pelatihan karena semuanya telah terjadwal dengan baik dan dikirim secara otomatis.

Anda juga dapat melihat karyawan mana yang perlu tambahan bantuan dan dapat menganjurkan pelatihan mana yang cocok untuknya. Anda dapat melakukan perubahan kecil dan beberapa penyesuaian untuk memastikan harga yang Anda keluarkan sangat berarti untuk training tersebut.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kami simpulkan bahwa manfaat pelatihan bisnis online dari segi biaya dan waktu adalah:

  1. Dapat menghemat biaya transport
  2. Memaksimalka produktifitas
  3. Tidak perlu mengeluarkan biaya akomodasi
  4. Menghemat biaya trainer
  5. Mengurangi biaya material
  6. Dapat memonitor progress karyawan secara real time.

Jadi, Anda sudah paham dengan manfaat dari pelatihan bisnis online. Pelatihan bisnis online masih jarang diaplikasikan di perusahaan karena masih banyak pemilik bisnis yang belum paham akan mekanisme. Dengan artikel ini semoga memberikan pengetahuan dan informasi bagi pemilik bisnis dan silakan Anda bagikan artikel ini di social media Anda agar dapat bermanfaat untuk orang lain.