fbpx

Tepat dan Cermat Dalam Memilih Bisnis Coach Mentor Terbaik

Memilih Bisnis Coach Mentor

Dalam berbisnis, tentu Anda menginginkan agar bisnis Anda dapat berkembang, menguntungkan dan AUTOPILOT. Namun, dalam prakteknya sering menemui kendala dan menguras waktu, tenaga dan uang sehingga usaha kita seolah-olah belum memberikan hasil yang optimal. Bisnis coach atau bisnis mentor adalah solusi tercepat dan terbaik untuk Anda menjalankan bisnis agar cepat mencapai tujuan yang diinginkan.

Melalui artikel ini kami akan mengulas tentang langkah cepat untuk memilih bisnis coach mentor terbaik agar Anda tidak salah pilih dan tepat sasaran sehingga bisnis Anda cepat berkembang dan auto pilot.

1.    Ketertarikan

Sebelum Anda memilih buatlah survey tentang pribadi calon bisnis coach Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengecek website dari calon coach atau coach firm tempat calon coach bekerja atau juga bisa mengikuti berbagai seminar bisnis yang biasanya diberikan oleh coach atau mentor di Indonesia.

Anda sebaiknya mengikuti beberapa seminar bisnis sebelum Anda menentukan bisnis coach mana yang akan Anda ajak bekerja sama. Anda membutuhkan ketertarikan dari segi komunikasi agar nantinya saat coaching Anda nyaman untuk mengutarakan segala kendala yang Anda hadapi dalam bisnis.

2.    Prinsip profesionalitas kerja

Walk the talk artinya coach yang memiliki sifat mengerjakan apa yang beliau katakan. Lain halnya dengan talk the talk yakni hanya omong kosong tanpa adanya tindakan. Dari dua tipe ini manakah yang Anda menurut Anda paling baik? Tentu yang tipe walk the talk.

Nah, saat Anda mengikuti seminar bisnis dari beberapa coach, sebaiknya Anda juga menilai karakter dari calon mentor atau coach Anda. Apakah beliau adalah sosok yang lumayan dikenal? Bagaimana kinerja beliau apakah sesuai dengan yang beliau bicarakan? Anda mungkin dapat mengecek hasil kerja dari calon bisnis coach terhadap beberapa klien yang ditanganinya dan bagaimana perkembangan bisnis dari kliennya. Bisnis klien yang ditangani menjadi tolok ukur kinerja dari coach tersebut.

3.    Siapakah Mereka?

Selain karakter kerja dari calon bisnis coach, tentu yang paling perlu dilihat lagi adalah latar belakang hidup calon coach Anda. Awal karir dari seorang coach hingga ia sukses. Hal ini mampu menentukan bagaimana prinsip hidup, sifat dasar dari calon bisnis coach Anda. Proses yang telah dilalui oleh coach sepanjang karirnya menentukan bagaimana nantinya ia mampu bekerja di bawah tekanan membantu Anda untuk menghadapi masalah-masalah dalam perusahaan.

Pengalaman hidup dan karir seorang bisnis coach menentukan kelak masa depan dari bisnis yang akan beliau bantu untuk dikembangkan. Sebagai nilai tambah apabila calon bisnis coach atau bisnis mentor pernah bekerja di perusahaan multinasional maka ia berpengalaman terhadap bisnis secara internasional.

4.    World Class Business Coaching Firm

Saat Anda ingin memillih seorang bisnis coach tentu Anda melihat referensi melalui perusahaan coaching dan mentoring terutama yang ada di Indonesia. Perusahaan bisnis coach sebaiknya didukung oleeh institusi internasional seperti ICF yang memiliki 20.000 coach di lebih dari 109 negara di dunia. ICF merupakah satu-satunya organisasi coach terbesar di dunia.

5.    Pencapaian untuk membawa Kesuksesan

BIsnis coach atau bisnis mentor yang kompeten dapat dilihat dari setiap pencapaian yang telah beliau raih tidak hanya dalam bisnis karirnya namun juga dalam kehidupannya. Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda tidak mau bisnis Anda ditangani oleh yang tidak tepat dan tidak mau dijadikan kelinci percobaan saja bukan?

6.    Strategi bisnis yang dapat dipraktekkan dan terbukti

Seorang bisnis coach atau bisnis mentor pasti punya siasat rahasia untuk sukses dalam dunia bisnis. Strategi bisnis inilah yang akan dibagi untuk Anda. Apabila, calon bisnis coach Anda telah berpengalaman cukup lama dan menangani banyak klien tentu sudah banyak klien yang mencoba strategi bisnisnya. Nah, strategi bisnis seperti apa yang perlu Anda perhatikan? Strategi bisnis yang telah berhasil dijalankan kepada klien-klien dari coach tersebut dan tentunya masuk akal untuk dipraktekkan. Anda harus menilai juga bagaimana masalah dari klien dan apakah memang pas solusi yang telah diberikan oleh coach.

7.    Generalis

Generalis artinya bisnis coach dan lebih bagus lagi bisa menjadi bisnis mentor untuk kendala di bidang yang bisnis Anda sedang bermasalah. Jadi, bisnis coach serba bisa untuk bidang apapun dalam bisnis Anda. Hal ini seperti bisnis coach yang ada di GLC dimana setiiap bisnis coach mampu bersikap generalis dan memberikan solusi bagi bisnis Anda. Dengan demikian, beliau dapat mellihat bisnis Anda dari berbagai segi pandang dan mampu menganalisa di bagian mana dari bisnis Anda yang bermasalah dan membantu Anda melihat sisi terpendam dari diri Anda juga.

8.    Pengalaman

Pengalaman bukan berarti semakin lama seorang coach bekerja di bidang coaching dan mentoring tentu ia adalah bisnis coach terbaik. Namun pengalaman dilihat dari berapa banyak kasus yang pernah ditangani dan berapa banyak klien yang telah bekerjasama dengan coach dan berapa lama klien tersebut bekerjasama. Bukan hanya kuantitas klien tapi kuantitas waktu bekerjasama menjadi tolok ukur apaka calon bisnis coach atau bisnis mentor Anda berpengalaman atau tidak. Contohnya seperti bisnis coach mentor di GLC yang telah menangani banyak klien dari banyak perusahaan dan ada yang masih bekerjasama hingga saat ini. Inilah yang menentukan kualitas dari seorang bisnis coach.

Kesimpulan

Melalui artikel di atas, dapat kami simpulkan bahwa 8 Langkah cepat untuk menentukan bisnis coach mentor terbaik ialah:

  1. Temukan koneksi/ketertarikan untuk Anda
  2. Coach dengan prinsip kerja yang mau action sesuai perkataannya
  3. Cek latar belakang kehidupan bisnis coach atau mentor
  4. Bekerja di perusahaan yang didukung secara internasional
  5. Mengetahui pencapaian kesuksesan coach
  6. Melihat strategi bisnisnya apakah bisa dipraktekkan
  7. Bersifat generalis dalam hal profesionalitas
  8. Berpengalaman dengan bukti yang nyata

Dari 8 Langkah di atas tentu Anda memahami bahwa untuk mendapatkan bisnis coach mentor terbaik tidak bisa hanya asal pilih saja. Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan dan pikirkan demi masa depan bisnis Anda. Tentu tidak semua bisnis coach mentor bisa langsung cocok dan mampu memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda namun Anda bisa mempraktekkan langkah-langkah di atas agar tidak salah memilih.

Apabila artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk Anda silakan Anda bagikan di social media Anda dan beritahukan kepada klien dan orang terdekat Anda yang mungkin masih bingung dalam mencari bisnis coach mentor untuk bisnisnya.