fbpx

6 Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Business Coaching di Indonesia

Memilih Business Coaching Indonesia

Sekarang ini, ada banyak Business Coaching di Indonesia. Banyak yang mengaku sebagai Business Coach terbaik di Indonesia. Apakah Anda sebagai pemilik bisnis bingung memilih Business Coaching mana yang tepat untuk bisnis Anda?

Tidak perlu bingung, silakan teruskan membaca artikel ini sampai selesai karena Anda akan mengetahui hal penting apa yang harus Anda perhatikan sebelum memilih business coaching.

Business Coach tidak hanya berguna untuk meningkatkan usaha yang sudah berjalan namun bagi Anda yang baru memulai usaha, Business Coach adalah solusi terbaik agar anda benar-benar siap dan dibimbing oleh orang yang berpengalaman.

Memilih seorang Business Coach bukanlah perkara mudah, tidak hanya mempengaruhi hasil namun juga banyak pengorbanan baik dari segi waktu, modal dan tenaga yang dikerahkkan.

Mari kita simak 6 hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum memilih Business Coaching.

Kenali Business Coach Anda (Find the Chemistry)

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Jadi sebelum anda memilih Business Coach, sebaiknya Anda kenali dulu calon Business Coach Anda jika perlu lakukan sedikit survey dengan  mengikuti seminar -seminar yang dibuat oleh instansi Business Coaching di Indonesia. Melalui seminar dan workshop Anda mungkin akan menemukan kecocokkan (chemistry) dengan Business Coach yang tepat, mungkin dari cara presentasinya, konten yang ia bawakan dan bagaimana business coach berinteraksi dengan penonton.

Koneksi antara Anda dengan Business Coach itu penting, karena bisnis Anda nantinya yang dipertaruhkan. Jika memiliki business coach yang salah, hasil yang didapat kurang maksimal maka hanya akan menghabiskan uang, waktu dan tenaga Anda saja. Business Coach yang sudah cocok dengan karakter Anda akan membuat Anda nyaman dan lebih terbuka dalam berbagi permasalahan dalam bisnis Anda.

Pengalaman dan Latar belakang Business Coach

Banyak orang yang mengaku dirinya Business Coach dan Anda juga tahu banyak instansi yang menawarkan Business Coaching dan mentoring di Indonesia. Apakah semua Business Coach memang betul punya latar belakang bisnis? Atau hanya mengaku-ngaku saja?

Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan bahwa kombinasi coaching dan mentoring merupakan perpaduan yang bagus. Dengan coach sekaligus mentor tentunya haruslah orang yang ahli dalam bidangnya.

Keahlian seorang coach bisa dilihat dari track record kesuksesannya seperti Business Coach di GLC yang sudah punya track record yang bagus. Mereka merupakan orang-orang ahli yang terdiri dari CEO, world class guru, dan top performance leader.

Jadi, sebelum anda yakin untuk memilih Business Coach, ada baiknya Anda cek latar belakang Business Coach tersebut. Apakah betul ia memiliki basic bisnis atau keahlian dalam bidang bisnis Anda. Siapakah beliau ini. Apa cerita sukses beliau di bidangnya tersebut.

Business Coach yang berpengalaman akan lebih mengerti dan mampu melihat dari sudut pandang yang lebih luas untuk meningkatkan bisnis Anda dan menggali kemampuan diri Anda. Ia tahu apa yang harus Anda eksplorasi dalam bisnis Anda.

Fleksibilitas dan Generalis Business Coach

Business Coach tentunya adalah orang yang melihat bisnis Anda dan mengerti bisnis Anda secara keseluruhan. Business Coach yang baik harus mampu melihat bisnis Anda dari segala aspek, bersikap fleksibel dan memiliki pengetahuan yang tak terbatas. Untuk mengetahui bagaimana Business Coach Anda, mungkin bisa dicek bisnis apa saja yang pernah dihandle atau dijalankan oleh Business Coach Anda

Memiliki Pola Kerja(Framework) yang Terbukti

Anda bisa mengecek bagaimana pola kerja dari Business Coach Anda apakah terbukti dan efisien dalam membangun kesuksesan bisnis kliennya. Rancangan kerja yang dipakai harus dibangun dari hasil observasi dan proses coaching dari beberapa kliennya yang memiliki bisnis kecil maupun besar. Sebagai nilai tambah, Anda dapat mengecek apakah rancangan kerjanya telah didaftarkan secara hukum. Jika sudah maka bisnis Anda akan berada di tangan couch yang tepat.

Profil Kesuksesan Business Coach

Profil kesuksesan seorang Business Coach dapat Anda lihat dari berapa banyak klien dan permasalahan yang pernah ia tangani. Anda bukan hanya mengukur dari segi kuantitas namun bagaimana pula proses coach dalam mengembleng klien tersebut. Bagaimana sistem coaching yang ia berikan dan hasil sukses dari kliennya.

Pilihlah Business Coach yang walk the talk bukan talk the talk dalam artian, Business Coach yang kerja dan hasilnya sesuai dengan apa yang diomongkan, bukan hanya dimulut tetapi juga dibuktikan dengan result.

Testimoni Klien

Sebagai bukti dari kerja Business Coach, Anda dapat mengecek dari testimoni klien yang telah bekerjasama dengan coach. Testimoni yang klien berikan merupakan acuan Anda bagaimana proses kerja dan bagaimana coach membantu klien dalam bisnis mereka. Perhatikan juga apa yang telah klien capai selama proses coaching yang ia jalani seperti perubahan apa yang terjadi setelah mengikuti Business Coaching. Melalui testimoni klien, Anda dapat menilai Business Coaching dari segi yang lebih objektif.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa Hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih Business Coaching di Indonesia adalah:

  1. Kenali Business Coach Anda
  2. Pengalaman dan Latar Belakang Business Coach
  3. Seberapa Luas Pengetahuan dan Fleksibilitas Business Coach
  4. Memiliki Pola Kerja yang Efisien
  5. Profil Kesuksesan dari Business Coach
  6. Cek Testimoni dari Klien

Jadi, Anda sudah paham apa saja hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih Business Coaching bukan. Jika Artikel ini bermanfaat dan membantu Anda silakan bagikan di media sosial Anda dan berikan pendapat Anda bagaimana informasi di artikel ini memberikan Anda manfaat dalam memilih Business Coaching di Indonesia.