fbpx

Memilih Konsultan Bisnis Surabaya Yang Baik

Memilih Konsultan Bisnis

Kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta adalah Surabaya. Perkembangan bisnis di Surabaya melaju sangat cepat. Dengan banyak bisnis berkembang di Surabaya tentu persaingan bisnis semakin ketat. Banyak pebisnis merasa terganggu dan membutuhkan bantuan dari konsultan bisnis. Konsultan bisnis Surabaya sudah banyak dikenal dan berskala nasional seperti halnya dengan GLC yang juga telah membantu klien di seluruh penjuru Indonesia dengan coach yang bertaraf internasional.

Konsultan Bisnis membantu Anda mencari jalan keluar untuk kendala bisnis Anda sekaligus mempraktekkannya untuk bisnis Anda. Hal ini adalah solusi tercepat untuk permasalahan dalam bisnis Anda agar tidak tergerus oleh persaingan bisnis yang ketat di Surabaya.

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mengetahui cara memilih jasa konsultan bisnis yang baik. Mari kita simak bersama.

1.    Konsultan Bisnis yang memiliki track record mumpuni

Untuk mengetahui kinerja dari seorang konsultan bisnis, Anda dapat mengecek hasil kerjanya dengan klien-klien sebelum Anda. Konsultan bisnis yang baik memiliki track record yang meningkat tentunya. Cobalah anda mengecek juga siapa saja klien yang pernah memakai jasa beliau. Jika kliennya adalah pebisnis dari perusahaan terkemuka dan perkembangan bisnis klien melaju dengan pesat maka kualitas dari konsultan bisnis tersebut cukup baik untuk dipertimbangkan.

Track record juga menjelaskan bagaimana jejak karir konsultan bisnis tersebut apakah beliau pernah bekerja di perusahaan jasa konsultan atau bekerja sendiri. Sebelum Anda memilih konsultan bisnis ada baiknya Anda cari tahu tentang calon konsultan Anda melalui seminar bisnis yang diadakan. Pada awal seminar akan dijelaskan profil dari pembicara yakni calon konsultan maka dari sana Anda dapat melihat sedikit track record pencapaian calon konsultan Anda.

2.    Memiliki usaha sendiri

Anda dapat mengukur keberhasilan seorang konsultan tidak hanya dari kinerjanya terhadap klien namun dari kinerjanya terhadap bisnisnya sendiri. Bisnis konsultan yang memiliki usaha sendiri memiliki nilai tambah dan lebih menjanjikan karena dapat dipercaya ia memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidang usahanya.

Anda juga dapat mengecek bagaimana perjalanan bisnis yang dikelola oleh konsultan Anda apakah memang berjalan dengan baik. Mungkin tidak semua konsultan bisnis memiliki usaha sendiri tapi hal ini hanyalah nilai tambah jadi Anda tidak perlu mengecek profil klien yang pernah ditangani calon konsultan untuk melihat kinerjanya tapi dapat menilai dari perkembangan bisnis dari konsultan itu sendiri.

3.    Atittude kerja yang baik

Seorang konsultan adalah partner kerja Anda dalam menyelesaikan masalah dalam bisnis Anda. Sebagai seorang partner kerja tentu haru memiliki attitude dalam bekerja. Profesionalitas seorang konsultan dan sikap kerja bertanggung jawab serta peduli dengan bisnis Anda. Hal ini yang diperlukan oleh seorang konsultan bisnis yang baik. Kepedulian konsultan dengan bisnis Anda menunjukkan empatinya dan merasa seakan memiliki bisnis bersama Anda. Dengan demikian, bisnis konsultan mampu menyelesaikan dan mengerti keinginan dan tujuan Anda untuk bersama mengembangkan bisnis Anda.

Sikap bertanggungjawab sangat diperlukan oleh konsultan bisnis agar segala masalah dan pekerjaan dapat diselesaikan sampai tuntas dan cepat. Tanggung jawab konsultan untuk membantu Anda menyelesaikan masalah bisnis dan memberikan saran serta memperluas network Anda. Kelebihan dari seorang konsultan adalah network yang luas sehingga ia mampu membantu Anda memperluas koneksi dan bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih cepat.

4.    Up to Date dengan perkembangan bisnis

Sebagai konsultan yang ahli dalam bidangnya, sudah menjadi kewajiban untuk tahu perkembangan yang berhubungan dengan bisnis sekarang ini. Anda perlu memastikan bahwa konsultan paham tentang tren yang sedang terjadi di masyarakat dan bisa memprediksikan apa yang kira-kira akan menurun di tahun mendatang. Analisa seorang konsultan sangat berpengaruh terhadap arah tujuan dari bisnis Anda. Jika memberikan prediksi yang tepat maka akan meningkatkan target dan bisnis semakin cepat mencapai tujuannya.

Selain update dengan tren, seorang konsultan bisnis harus update dengan peraturan-peraturan Negara agar nantinya mampu membimbing kliennya untuk mengikuti norma yang ada. Cara untuk mengetahui apakah konsultan Anda update dengan perkembangan bisnis tentunya Anda sendiri perlu ikut mempelajari dan perlu sedikit tahu tentang dasar-dasar trend serta berita update tentang bisnis yang Anda geluti. Ketidakmautahuan akan membuat perkembangan bisnis Anda berjalan lambat.

Demikian keempat tips memilih konsultan bisnis yang baik. Jadi sekarang Anda telah mengetahui sedikit gambaran tentang bagaimana mencari konsultan bisnis yang baik sehingga Anda dapat mulai menentukan konsultan bisnis guna membantu menyelesaikan masalah bisnis anda dan mengembangkan bisnis Anda. Anda hanya perlu berbagi info kendala bisnis dan konsultan bisnis akan memberikan solusi sesuai dengan bidangnya.

Apabila artikel ini bermanfaat dan memberikan info penting untuk anda maka silakan bagikan artikel ini ke social media atau ke orang terdekat bahkan mungkin ke klien Anda agar mereka mendapatkan info yang berguna seperti Anda.