fbpx

Ketahui tentang ICF Indonesia dan Organisasi Sejenisnya

Tetntang ICF Indonesia

Semakin banyaknya pelatihan bisnis di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bisnis coach. Tahukah Anda di balik setiap bisnis coach tentu perlu adanya akreditasi atau suatu wadah untuk memantau kompetensi dari coach terutama di Indonesia. Nah, ICF (Internationa Coach Federation) Indonesia adalah salah satu organisasi yang didedikasikan untuk professional coach di Indonesia.

ICF Indonesia adalah bagian dari ICF yang berpusat di Lexington, Kentucky, Amerika Serikat. Sedikit info tentang ICF di AS, pada April 2017, anggota ICF telah mencapai 30.000 orang di 140 negara. ICF didirikan pada tahun 1995 oleh Thomas J. Leonard dengan menyuarakan standar professional terhadap profesi coaching di seluruh dunia, dan menyediakan sertifikasi independen untuk coach professional (melalui ICF Credential) dan program pelatihan coach (melalui ICF Training Program Accreditation). ICF sudah dianggap sebagai sebuah badan terakreditasi dan kredibel untuk program pelatihan dan untuk coach.

Dari artikel ini Anda akan mengetahui gambaran lebih jelas tentang ICF Indonesia dan organisasi sertifikasi coach lainnya. Tentunya dengan mengetahui informasi ini akan lebih paham tentang bagaimana profesi coach yang ada di Indonesia.

Seluk Beluk ICF Indonesia

ICF Indonesia yang berbasis di Jakarta adalah sebuah organisasi tempat bernaungnya semua coach di Indonesia yang telah terdaftar di ICF. Di dunia yang semakin berkembang pesat ini, makin banyak juga bertumbuh bisnis, organisasi dan individu yang berubah ke jalur professional ccoaching untuk meningkatkan efektifitas mereka, membangun hubungan dan mencapai tujuan mereka.

ICF adalah sebuah jaringan yang mendukung professional coach di bidang apapun baik coaching tentang kehidupan, eksekutif, kepemimpinan, dll. ICF memimpin komunitas global dalam memajukan profesi coach. ICF membantu memberikan pelayanan kemanusiaan dengan menggunakan kreatifitas dan proses mengali pemikiran coach untuk memaksimalkan potensi professional dan personalnya.

ICF mendukung anggota melalui perkembangan professional dan kesempatan bertumbuh, baik secara local maupun internasional dengan konferensi, laporan riset tahunan dan program networking. Organisasi ini juga berdampingan dengan penyedia SDM untuk menguntungkan anggota dan menggunakan kekuatan ICF dalam hal jumlah. ICF mendukung melalui dukungan tambahan dengan website, database dan publikasi.

Organisasi Sertifikasi Coach Lainnya

Selain ICF Indonesia, juga terdapat alternatif organisasi pelatihan coach yang tersertifikasi. Berikut adalah beberapa contoh organisasinya.

1.     Loop Indonesia

Loop Indonesia adalah sebuah perusahaan coaching, konsultasi, dan pelatihan. Program pelatihan tidak hanya terfokus pada penyampaian program pelatihan namun juga proses pembelajaran dan perkembangan sebagai satu kesatuan alur bisnis dan pertumbuhan bisnis.

Loop Indonesia dalam melakukan pelatihan coach didukung juga oleh ICF agar calon coach dapat menjadi member dari ICF dan mampu melanjutkan ke ICF Credential ACC. Program yang diusung oleh Loop Indonesia adalah Coach Program ACTSH 88. Program ini dirancang untuk orang yang ingin menjadi professional coach khususnya baik dari latar belakang profesi apapun. Program ini berjalan lebih kurang 4 bulan dengan 4 tahap dimana peserta dapat langsung mengaplikasikan ketrampilan dan kometensi professional coach dalam pekerjaan dan kehidupannya. Melalui program ini, peserta yang lulus akan langsung terdaftar sebagai anggota dari ICF dan bergabung ke kmunitas professional coach global.

2.     Coaching Indonesia

Coaching Indonesia juga menyediakan program sertifikasi coaching yang telah mendapat pengakuan dari ICF sehingga bagi peserta akan dipersiapkan untuk menjadi coach professional dengan standar etika dan komeptensi yang telah teruji dari ICF.

Program sertifikasi dari Coaching Indonesia diadakan selama 3 hari penuh yang meliputi in class training, praktek coaching (disertai observasi dan feedback) serta self-study. Program ini melatih para peserta untuk menjadi coach professional dengan standar etika dan kompetensi dari ICF.

Tujuan program ini adalah memberikan pelatihan untuk menjadi coach yang kompeten dengan standar internasional dari ICF, mengintegrasikan metode dan teknik coaching ke dalam praktek profesi yang sudah dijalankan, dan bergabung ke network coaching yang ada di local dan global.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kami simpulkan bahwa ICF Indonesia adalah sebuah organisasi cabang dari ICF di Amerika Serikat yang merupakan wadah bagi coach professional untuk dilatih dan dibimbing.

Selain ICF Indonesia, organisasi lain yang juga memiliki visi dan misi yang mirip contohnya adalah.

  1. Loop Indonesia
  2. Coaching Indonesia

Dengan membaca artikel ini, semoga Anda mendapatkan gambaran tentang ICF Indonesia dan organisasi sertifikasi coach professional lainnya. Apabila Anda mendapatkan manfaat dan informasi penting dari artikel ini silakan bagikan artikel ini di social media Anda agar orang lain mendapatkan informasi bermanfaat seperti Anda.