fbpx

Pelatihan Bisnis Gratis Bagi Karyawan

Pelatihan Bisnis Gratis

Dalam perusahaan, sebagai seorang leader Anda tentu memiliki banyak anggota tim. Tidak semua hal dalam perusahaan mampu Anda kerjakan sendiri. Tentu anggota Andalah yang lebih banyak bekerja mengeksekusi rencana yang telah Anda buat.

Karyawan akan menemukan banyak sekali kendala dan hambatan dalam pekerjaan sehingga butuh masukkan dan keputusan Anda sebagai seorang pemimpin. Kadang kala, karena banyaknya tekanan membuat Anda tidak punya waktu meladeni karyawan Anda dan berharap mereka bisa lebih mandiri. Apalagi yang bertanya bukan lagi level staff namun sudah manager yang seharusnya bisa mengambil keputusan sendiri.

Oleh karena masalah ini, Anda sering berpikir untuk memberikan training atau pelatihan bagi manager dan staff lainnya agar terpupuk kemandirian dan skill problem solving dalam diri mereka. Namun, untuk mengikuti pelatihan bisnis dengan jumlah karyawan yang banyak tentu menjadi hambatan karena biaya yang cukup besar akan dikeluarkan.

Tahukah Anda ada pelatihan bisnis gratis yang bisa Anda lakukan sendiri terhadap karyawan Anda? Nah, dengan coaching yang efektif Anda bisa membantu karyawan Anda menyelesaikan masalah dalam pekerjaan mereka.

Silakan baca artikel ini sampai selesai, agar Anda tidak lagi penasaran dengan pelatihan bisnis gratis ini. Akan diulas bagaimana caranya memberikan coaching yang efektif untuk karyawan Anda. Mari kita simak berikut ini

Cara Coaching Efektif Bagi Karyawan Anda

1. Menjadi Pendengar Aktif

Mungkin ini adalah hal tersulit yang harus Anda lakukan sebagai seorang pemimpin. Anda terbiasa didengar bukan mendengarkan. Namun untuk dapat memberikan pelatihan yang efektif tentu Anda harus bisa mendengarkan lebih banyak. Esensi dari coaching ialah lebih banyak mendengar dan mengajukan pendapat dibandingkan memberikan argumentasi.

Guna dari mendengarkan adalah agar Anda dapat mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, menggali informasi, memahami pokok permasalahan, belajar dan menikmati pembicaraan. Tentu Anda harus pahami dulu inti masalah yang dihadapi karyawan, akar permasalahannya bagaimana, setelah itu barulah Anda bisa mengajukan pertanyaan lanjutan.

Semakin Anda terbiasa untuk menjadi pendengar, maka Anda akan memiliki keuntungan untuk menjadi coach yang baik untuk karyawan Anda. Dengan kemampuan Anda menjadi pendengar maka Anda dapat lebih mudah mempengaruhi, bernegosiasi, dan berkomunikasi. Sebagai seorang coach, Anda sebaiknya mampu menekan ego sebagai seorang leader yang dominan karena dalam coaching yang lebih dominan dalam percakapan adalah coachee Anda karena coach hanya membantu mengarahkan dan membuka pikiran coachee dalam mendapatkan solusi untuk masalahnya.

2. Objektif dan Netral

Untuk menjadi coach bagi karyawan Anda, tentu Anda harus berada di posisi yang netral. Tidak boleh memihak bahkan memberikan penilaian yang tidak bagus tentang karyawan Anda. Hal ini akan mempengaruhi hasil dari coaching jika Anda bersifat subjektif dan tidak netral.

Seorang coach harus mampu berada di garis aman yang tidak memberikan penilaian apapun untuk jawaban yang diberikan oleh karyawan. Biarkanlah karyawan Anda menemukan sendiri jawaban atas masalahnya dan biarkan mereka berusaha menjalankan apa yang telah mereka katakan. Berikan jawaban atau respon jujur dan objektif terhadap karyawan Anda.

Dengan memberikan penilaian yang objektif dan netral, karyawan akan lebih nyaman berkomunikasi dengan Anda dan terjalin ikatan kepercayaan antara Anda dengan karyawan. Jika sudah demikian maka coaching bahkan dapat dilakukan secara informal dan tidak canggung. Kepercayaan yang sudah dibangun harus terus dijaga dengan sikap netral Anda. Namun, hal ini tentunya dipisahkan dalam profesionalisme bekerja. Apabila karyawan memang bekerja tidak sesuai atau melewati batas aturan perusahaan maka Anda sebagai leader tetap berhak memberikan peringatan.

3.Jangan Lupa Berikan Respon Sesekali

¬†Dalam coaching, teknik komunikasi efektif sangat diperlukan agar lawan bicara Anda mengerti apa yang Anda bicarakan. Berikanlah respon yang tidak berlebih saat sedang coaching, dengan demikian komunikasi tidak terasa membosankan. Mungkin Anda bisa menjawab singkat dengan kata “Oh ya? Oh begitu ya.”. Respon seperti ini juga memberikan tanda kepada lawan bicara bahwa Anda masih mendengar apa yang ia sampaikan.

Dengan memberikan respon, Anda juga menjaga komunikasi tetap berjalan dan lawan bicara akan lebih bersemangat untuk menjawab dan menjelaskan apa yang mereka ingin sampaikan kepada Anda. Namun, Anda sebagai coach tidak boleh memberikan respon atau mencela saat coachee Anda sedang berbicara karena ini akan menganggu konsentrasi coachee sehingga penyampaian maksudnya tidak terarah.

4. Sabar dan Arahkan untuk Fokus

Seorang coach yang baik adalah yang bersifat sabar terhadap coacheenya, maka Anda yang notabene seorang leader harus mampu menekan emosi Anda apabila sedang memberikan pelatihan bisnsi kepada karyawan Anda. Kesabaran Anda adalah kunci keberhasilan karyawan Anda dalam mengatasi permasalahannya.

Dalam proses coaching, kadang kala mungkin karyawan bingung dengan yang ditanyakan maka Anda jangan lelah untuk mengulang dan memberikan penjelasan lebih sederhana tentang apa yang Anda maksud. Mungkin saja perspektif coachee dan coach berbeda sehingga susah memahami apa yang ditanyakan.

Lalu, saat proses coaching kadang kala bahkan pada umumnya coachee menjawab pertanyaan namun berbelit-belit dan melantur hingga ke permasalahan lainnya. Mungkin coachee sudah nyaman dengan Anda sehingga cenderung ingin mencurahkan segala permasalahan yang dihadapi sehingga melebar ke hal yang bukan berkaitan dengan inti masalah dan tidak mengarah ke hasil yang diingikan.

Sebagai seorang leader yang bertindak sebagai coach Anda bertugas mengarahkan kembali fokus dari coachee Anda dan meluruskan pemikirannya tentang goal yang harus dicapai setelah mengiktui pelatihan bisnis ini. Anda dapat membantu memberikan sedikit kode atau sekedar mengingatkan bahwa bahasan telah keluar dari topik selanjutnya. Dengan demikian, coaching yang Anda lakukan akan lebih efektif dengan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Bagi sebagian pebisnis terutama yang masih baru menjalankan bisnis tentu pelatihan bisnis gratis yang Anda lakukan kepada karyawan Anda ini sangat efektif dan efisien. Anda dapat mengikuti beberapa poin inti di atas sehingga mampu menjalankan coaching yang efektif bagi karyawan Anda.

Silakan bagikan artikel ini apabila Anda merasakan manfaat dan menadapat info berguna untuk bisnis Anda. Apabila Anda ingin lebih mendalami tentang teknik coaching efektif silakan diskusikan dengan bisnis coach kami melalui kontak yang ada pada halaman ini.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!