fbpx

Pelatihan Bisnis Startup Minimalisir Kegagalan dalam Berbisnis

Pelatihan Bisnis Startup

Milenial berlomba-lomba membuka bisnis startup, namun kebanyakan milenial adalah orang yang belum memiliki pengalaman berbisnis sebelumnya. Hal ini tentu merupakan tantangan yang cukup besar bagi milenial.

Banyak bisnis startup yang baru dibuka namun gagal setelah beberapa bulan berjalan. Mengapa demikian? Umumnya milenial cukup cerdas dalam hal planning, banyak mengikuti training dan seminar bisnis. Tentu support dari pengalaman orang lain menjadi modal untuk berbisnis, namun ternyata hal ini saja tidak cukup.

Meskipun sudah banyak teori yang Anda terima sebelum mulai berbisnis startup namun hal ini tidak menjamin keberhasilan bisnis. Jadi jawabannya adalah dengan pelatihan bisnis. Pelatihan bisnis dengan bisnis coach berpengalaman memberikan banyak sekali manfaat.

Silakan baca artikel ini sampai selesai agar Anda semakin paham dengan manfaat pelatihan bisnis startup Anda dan yakin untuk memulai bisnis startup.

Manfaat Pelatihan Bisnis Startup

1.      Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Meskipun melakukan pelatihan bisnis memakan biaya yang tidak sedikit namun hal ini justru menguntungkan bagi bisnis Anda. Mengapa demikian?

Pelatihan bisnis mempersiapkan Anda untuk menghadapi banyaknya masalah-masalah dalam dunia bisnis terutama bisnis startup. Anda belajar dari bisnis coach bagaimana menjalankan sebuah bisnis dan mencari solusi untuk masalah Anda.

Seiring berkembangnya bisnis, banyak hambatan yang akan Anda hadapi dan mungkin Anda bingung untuk mendapatkan solusinya. Bisnis coach berperan aktif sebagai solusi untuk kendala Anda. Dengan pengalaman yang dimiliki bisnis coach, Anda dapat belajar juga dari kesalahan-kesalahan saat berbisnis sehingga Anda tidak terjebak dalam kesalahan yang sama.

Dengan demikian, banyak hal yang bisa dicegah sehingga bisnis Anda tidak terhambat perkembangannya. Bisnis coach berpengalaman akan mengetahui strategi dan trik apa saja yang dapat Anda persiapkan sebelum mulai berbisnis startup. Bagi milenial, hal ini menguntungkan karena minimnya pengalaman membuat mereka takut memulai bisnis.

Terbukti 46% bisnis startup gagal karena kurangnya kompetensi dari pemilik bisnis. Banyak pemilik bisnis yang akhirnya menyesal tidak menggunakan jasa pelatih bisnsi untuk membantu mereka. Jika mereka menggunakan jasa pelatih bisnis maka kegagalan dapat dicegah.

2.      Berkembang Cepat dan Bertahan Lama

Pelatihan bisnis tidak hanya bermanfaat sebelum bisnis dimulai. Ketika bisnis sudah menunjukkan hasil yang positif maka ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu bisnis tersebut stagnan atau berkembang sangat cepat. Biasanya, perkembangan bisnis yang sangat pesat secara tidak langsung seperti memakai topeng kegagalan yang disembunyikan dari Anda pemilik bisnis. Nah, sisi tersembunyi dari bisnis Anda ini yang perlu Anda ketahui dan lacak. Disinilah peran bisnis coach atau pelatih bisnis berguna, dimana ia membantu menelusuri segala aspek atau sisi dari bisnis Anda secara objektif.  Bisnis coach memastikan bahwa perkembangan bisnis Anda berada pada zona yang masih aman.

Perkembangan bisnis tidak hanya membuat perubahan secara eksternal dari segi customer yang bertambah banyak, Anda juga perlu menyeimbangkan dengan load kerja dari karyawan. Perkembangan bisnis secara internal juga harus berjalan beriringan agar tidak terjadinya collapse dan overlapping pekerjaan antar karyawan serta adanya efisiensi pembagian kerja yang efektif.

Sebagai seorang bisnis owner, ada kalanya Anda capek mengurus keseluruhan bisnis Anda maka Anda boleh mulai melakukan delegasi pekerjaan Anda ke karyawan Anda. Hal ini menjaga agar Anda bisa tetap fokus mengerjakan hal utama untuk mengembangkan bisnis dibandingkan Anda berurusan dengan hal teknikal dan detil yang bisa dikerjakan oleh karyawan. Anda mungkin akan mengeluarkan sejumlah biaya untuk menggaji mereka namun Anda bisa mendatangkan pendapatan lebih besar dari pengembangan bisnis Anda.

3.      Belajar Ilmu Marketing

Ilmu marketing tidak akan pernah habis dipelajari, bahkan setelah bisnis Anda dikenal banyak orang Anda tetap perlu memasarkan produk Anda. Hal ini bertujuan agar produk atau jasa Anda tetap diingat oleh customer Anda. Bisnis coach handal seperti di GLC akan mengajarkan Anda berbagai hal terupdate tentang tren marketing saat ini.

Untuk Anda para milenial tentu sadar akan teknologi jaman sekarang. Hal ini penting untuk kelangsungan bisnis startup apalagi jaman digital sekarang yang menuntut Anda harus mengerti tentang teknologi dunia digital dan bagaimana marketing yang bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Bisnis coach yang handal akan terus mengupdate informasi tentang ini guna memberikan Anda ide-ide baru untuk memasarkan jasa/produk Anda.

Untuk bisnis startup khususnya tentu hal yang unik akan diingat oleh masyarakat dan perlu marketing dalam cara yang berbeda dari umumnya. Pelatih bisnis akan memberikan Anda banyak ilmu penting dalam hal ini. Skill ini mungkin bisa Anda dapatkan dengan mengikuti seminar namun tidak akan berlangsung lama dan tidak bisa terus diulang. Dengan adanya pelatih bisnis yang terus membimbing maka pemasaran Anda akan berjalan terus dan Anda terus belajar secara kontinu mengembangkan produk/jasa Anda.

Semua strategi pemasaran dapat dirancang Bersama dengan bisnis coach Anda agar membentuk sebuah customer journey yang mapan dan kokoh untuk menuntut customer Anda hingga membeli jasa/produk Anda. Hal ini yang menjadi impian semua pebisnis yakni mendapatkan omset atas barang yang dipasarkan.

Pelatihan bisnis untuk startup mungkin terasa mahal untuk bagi pebisnis muda namun dampak yang dihasilkan dengan mengikuti pelatihan bisnis sangat besar untuk perjalanan bisnis startup. Bisnis startup mulai membangun tren dan nama dari awal sehingga perencanaan dan eksekusi yang baik adalah kunci keberhasilan. Semua itu didapat dengan bantuan pelatih bisnis yang handal dan berpengalaman.

Semua orang pasti pernah berada di awal bisnis dimana tidak paham tentang semuanya karena belum menjalani dan semua orang bisa gagal dalam berbisnis namun dengan bantuan pelatih bisnis/bisnis coach berpengalaman, kegagalan dapat dicegah dan kesuksesan lebih cepat diraih.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda pebisnis muda atau yang ingin berbisnis startup agar mengetahui manfaat dari pelatihan bisnis atau pelatih bisnis bagi perkembangan bisnis Anda. Jika artikel ini memberikan manfaat bagi Anda silakan untuk bagikan ke social media atau rekan bisnis Anda. Apabila Anda ingin berkonsultasi lebih dalam dengan bisnis coach silakan berikan komentar atau hubungi kami di kontak yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat, Always Go Big!