fbpx

7 Alasan Anda Wajib Memikirkan Sistem Bisnis Sejak Awal

Sistem dalam bisnis menggabungkan bagian-bagian di dalam perusahaan agar dapat bekerja sesuai strategi dan visi perusahaan.

Sistem Bisnis

Sistem bisnis yang efektif dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan.

Sebuah toko elektronik misalnya, memiliki sistem pergudangan, pembayaran, sistem order, dan masih banyak lagi. Di setiap bagian, sistem-lah yang bisa diubah, diatur ataupun ditingkatkan untuk mencapai goals perusahaan.

Sebagai bagian dari infrastruktur perusahaan, sebuah sistem akan menjadi panduan dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.

Bagaimana jika sebuah bisnis tidak memiliki sistem bisnis?

Sederhananya seperti ini. Tanpa sistem bisnis, Anda masih bisa mengembangkan perusahaan tetapi pengembangannya memiliki batas – yaitu sejauh mana Anda kuat bekerja. Adanya sistem membantu Anda untuk menjalankan perusahaan, meskipun Anda sedang tidak berada di tempat.

“Tapi perusahaan saya masih kecil, apa perlu sistem bisnis?”

Justru sistem harus diterapkan sejak dini agar membantu perusahaan lebih terstruktur dan berkembang. Semakin lama dijalankan, maka akan sulit untuk diubah ketika perusahaan sudah besar.

Sistem Bisnis

Masih penasaran kenapa Anda perlu system bisnis sejak awal?

 Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa alasannya!

1. Performa Perusahaan Meningkat

Ikea Online Store

Seperti yang dijelaskan di bagian awal artikel ini. Sebuah sistem bisa diganti ataupun dikembangkan. Seiring berjalannya waktu, sistem dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Contohnya, sebuah toko furniture yang hanya memiliki toko konvensional. Pembelian dilakukan di tempat. Kini dapat mengembangkan sistem penjualan lewat website e-commerce dan beralih ke perangkat digital.

Sistem bisnis yang baik dapat memberikan dampak positif karena menjangkau lebih banyak konsumen dan memenuhi ekspektasi mereka.

2. Efektif dan Efisiensi Bekerja

Sistem Bisnis untuk Karyawan

Sistem bisnis bisa meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan.

Selain itu, dapat menghemat budget dan tetap menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik.

Karyawan bekerja sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Sistem juga dapat menuntun karyawan untuk mengerjakan rutinitas mereka secara konsisten.

Selain itu juga bermanfaat untuk perekrutan karyawan baru. Hal ini karena training yang diberikan memiliki guideline yang dapat direview. Hasil review menjadi penentu karyawan tersebut layak atau tidak.

3. Menghasilkan Solusi yang Berkualitas

Sistem bisnis memastikan adanya standar di dalam perusahaan.  Standar dalam bekerja maupun dalam memberikan hasil yang sama dengan misi perusahaan Anda.

Bayangkan jika bisnis Anda tidak memiliki sistem dan semua staf bekerja sesuai dengan cara mereka sendiri? Apakah hasil yang didapatkan juga sama jika Anda memiliki sistem?

Tentu saja tidak!

4. Mempermudah Identifikasi Masalah

Identifikasi Masalah

Ketika terjadi kesalahan internal dalam perusahaan, Anda cukup mengeluarkan flow chart sistem bisnis.

Kroscek ke setiap departemen terkait untuk mengetahui sumber permasalahan.

Selain proses identifikasi yang cepat, solusi pun dapat dicari dengan tepat.

Jadi, jika ada kesalahan di dalam sistem, Anda dapat memodifikasi bagian dari sistem tersebut tanpa merubah semuanya.

5. Memudahkan Perusahaan untuk Berkembang

Perusahaan waralaba seperti McDonald´s, memiliki cabang di seluruh dunia. Jika tiap cabang memiliki sistem yang berbeda, kira-kira, apakah McDonald´s bisa besar seperti sekarang?

McDonald´s memiliki sistem bisnis yang sama dimanapun ia berada, terlepas dari perbedaan geografis maupun budaya.

Dengan sistem bisnis yang kuat, Anda dapat menghemat waktu dan energi untuk mengembangkan perusahaan. Sistemlah yang membantu menjalankan perusahaan Anda!

McDonalds System

6. Profit Perusahaan Meningkat

Profit Meningkat

Karena produktivitas dan performa meningkat, otomatis perusahaan bekerja dengan sangat efisien.

Bahkan mungkin pengembalian produk oleh konsumen dapat diminimalisir.

Hal ini berdampak positif bagi profit perusahaan karena loyalitas pelanggan semakin bertambah.

7. Nilai Jual Perusahaan Meningkat

Warren Buffett pernah membagikan tips berinvestasi di dalam sebuah perusahaan.

Ia menyarankan untuk memastikan terlebih dahulu, apakah perusahaan tersebut memiliki sistem operasional yang konsisten?

Hal ini sangat krusial karena Anda tidak perlu menata ulang dari bawah. Sistem bisnis yang baik akan meningkatkan nilai perusahaan Anda karena potensinya yang besar untuk dikembangkan.

Sistem bisnis sama pentingnya dengan strategi pemasaran dan penjualan produk/jasa Anda.

Banyak startup yang tidak memikirkan sistem bisnis sejak awal karena menganggap sistem bisnis bisa dipikirkan nanti kalau perusahaan sudah besar.

Sistem bisnis memang terlihat sepele dan menyusunnya pun tampak membosankan karena bisa membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Padahal, dengan mendedikasikan pemikiran dan waktu Anda untuk menyusunnya secara sistematis, sistem bisnis dapat menjadi kekuatan perusahaan yang menentukan masa depan perusahaan Anda.

Jika Anda butuh bantuan untuk membangun sistem bisnis yang solid, segera hubungi kami untuk mendapatkan bantuan para coach yang sudah berpengalaman puluhan tahun dan terbukti berhasil di perusahaan skala kecil hingga besar.

Always Go BIG!!!

Looking for GLC for Corporate? Find it here.