fbpx

Rahasia Sukses Bisnis Café bersama Konsultan Bisnis Café

Konsultan Bisnis Cafe

Bisnis kuliner seperti membuka café masih diminati para pebisnis. Sejak tahun 2010 tren bisnis kuliner terus meningkat. Namun banyak orang yang kuatir apakah bisnis dapat berhasil dan bertahan lama.

Para pebisnis baru maupun pebisnis sukses tetap terbius dan masuk dalam industry ini meskipun persaingannya cukup ketat. Kekuatan dalam industry ini bukan hanya sekedar omset yang fantastis namun juga memberikan kepuasan pribadi dan ada yang menyalurkan hobi kuliner dalam bisnis ini.

Masing-masing café bertanding dengan konsep yang unik, menu makanan yang kreatif, kualitas makanan, dan masih banyak lainnya. Semuanya dikemas dalam sebuah restoran dengan design yang mampu menarik customer.

Bagi Anda, bisnis owner yang ingin terjun ke dunia bisnis restoran atau bagi Anda yang baru memulai berbisnis, silakan baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui beberapa tips persiapan sebelum memulai bisnis café. Bagaimana seorang konsultan bisnis café bisa membantu persapan Anda dalam memulai bisnis tersebut. Mari kita simak Bersama.

Tips Memulai Bisnis Café

1.      Mencari partner bisnis

Apakah tidak mungkin membuka bisnis café sendiri? Mungkin saja namun lebih disarankan untuk mencari partner bisnis karena Anda semakin besar kapasitas bisnsi Anda maka semakin membutuhkan banyak mitra.

Guna dari mitra yang banyak bukan menjamin kesuksesan sebuah bisnis namun setidaknya mampu meminimalkan resiko bisnis karena terbagi ke beberapa mitra lainnya.

Apakah ada batasan dari jumlah partner bisnis? Sebaiknya dibatasi tidak lebih dari 5 orang karena seperti dijelaskan di atas semakin banyak orang belum tentu menjamin keberhasilan sebuah bisnis.

Pilihlah partner bisnis yang memiliki latar belakang yang baik. Sebaiknya dilakukan cek profil terlebih dahulu. Tidak menjamin bahwa partner bisnis meskipun adalah kawan baik Anda tentu memiliki latar belakang segi finansial yang baik. Maka dari itu pilihlah partner bisnis yang memiliki finansial yang cukup dan track record finansial yang bagus.

Satu hal yang paling penting dalam pemilihan partner bisnis adalah harus memiliki passiong dan visi yang sama dengan Anda. Dalam sebuah tim bisnis, hal ini sangat penting agar semua orang yang bekerja sama memiliki tujuan bersama yang akan dicapai dan menciptakan kerja yang solid. Tentu dengan bekerja sama hasil yang didapatkan akan semakin besar dan baik pula serta tujuan juga semakin cepat dicapai dengan ide-ide yang banyak.

2.      Membeli Café yang Sudah Sukses

Jika Anda memiliki dana yang mencukupi strategi ini sangat bagus untuk dilakukan. Hal ini cukup sulit dilakukan namun bukan hal yang mustahil dan patut untuk dicoba. Masih ada beberapa café yang sudah sukses berjalan namun dapat ditake over karena beberapa alasan tertentu.

Beberapa alasannya seperti  adanya beda visi antar pemegang saham, pecah kongsi, tidak ada waktu pemilik bisnis mengurus café atau pindah lokasi baru. Dengan membeli café yang telah sukses berjalan, Anda sudah selangkah lebih maju. Anda tidak perlu pusing mencari lokasi atau mulai membangun brand café Anda dari awal.

Café anda sudah dikenal banyak orang sehingga Anda hanya perlu konsisten untuk memasarkan café Anda dan mengupgrade sistem atau kualitasnya. Resiko yang perlu Anda ambil hanyalah mengeluarkan biaya yang luamyan besar diawal untuk membeli café, namun hal ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keuntungan, resiko dan balik modal yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda jika memulai bisnis café sendiri.

3.      Sistem Waralaba/ Franchise

Pernah dengar istilah tersebut, bukan? Banyak restoran dan café yang menggunakan sistem ini sejak tahun 1980 dan terus berlanjut tren bisnis ini hingga sekarang. Di Indonesia sendiri sistem ini mulai berkembang sejak tahun 2000.

Sistem kerjasama waralaba ini sangat menguntungkan bagi pebisnis yang belum memiliki pengalaman dalam industry kuliner seperti ini. Membuka café membutuhkan planning yang cukup matang, pemikiran konsep, menu makanan/minuman, konsep fisik café, dll. Dengan semua hal ini, perlu perencanaan yang cukup lama dan proses yang panjang. Namun dengan sistem waralaba, Anda hanya perlu memikirkan lokasi café dan perijinan tempat/usaha. Hal detil seperti makanan, konsep, dll tidak lagi menjadi perhatian anda karena biasanya ditetapkan dalam perjanjian kerjasama.

Dalam memiliki waralaba sebuah brand/café tentu Anda perlu menelusuri track record dari brand tersebut, testimoni pelanggan dan bagaimana pengakuan prestasi yang didapat. Ini adalah modal agar Anda tahu bahwa brand tersebut sudah cukup dikenal jadi Anda tidak perlu repot membangun brand dari awal. Hal ini juga memastikan agar saat café berjalan maka Anda otomatis sudah memiliki database pelanggan yang tertarik dengna café Anda.

4.      Mencari Konsultan Bisnis Berpengalaman

Mengapa perlu konsultan bisnis dalam membuka bisnis café? Dalam berbisnis, resiko selalu ada, dengan adanya konsultan bisnis maka resiko dapat dikendalikan dan diminimalisir menjadi lebih kecil.

Konsultan bisnis yang berpengalaman seperti yang ada di GLC penting untuk memastikan sebelum bisnis dimulai, semua persiapan telah diatur dengan baik. Bahkan konsultan bisnis yang handal mampu mengubah hal yang beresiko menjadi sebuah peluang bisnis yang baru.

Bukan hanya sebelum bisnis berjalan perlu konsultan bisnis untuk mengatur strategi bisnis namun sepanjang bisnis berjalan, konsultan bisnis berperan untuk terus mengingatkan Anda tentang visi awal dari bisnis café Anda, hal apa saja yang perlu dikembangkan lagi dan terus menggali potensi diri dari pemilik bisnis untuk mengeksekusi strategi dengan baik dan mengembangkan bisnis cafenya secara kontinu.

Banyak dari pemilik bisnis café yang menganggap kegagalan dalam bidang industry ini karena tidak adanya pengalaman atau kurangnya konsep yang unik. Namun segala macam kekurangan ini dapat diubah menjadi peluang dan diminimalisir resiko kegagalan dengan bantuan dari konsultan bisnis saat Anda membangun bisnis café Anda dan menjalankannya.

Apabila Anda ingin berkonsultasi lebih detil tentang pengembangan bisnis café dan permasalahan dalam industry ini silakan hubungi konsultan bisnis kami yang ada di kontak halaman ini. Silakan bagikan pula artikel ini jika bermanfaat bagi Anda.

Looking for GLC for Corporate? Find it here.