fbpx

8 Rahasia Sukses Peran Pemimpin Sebagai Coach

Peran Pemimpin Sebagai Coach

Sehebat apapun cara memimpin seseorang, jika tidak membawa perubahan maka ia belum berhasil. Sayangnya masih banyak pemimpin yang sulit mencapai hal itu. Hal ini terjadi pada manager dan pemilik bisnis sekalipun. Oleh karena itu banyak bisnis owner yang menginvestasikan waktunya untuk belajar tentang coaching.

Teknik coaching adalah sebuah teknik yang simple dan efektif menciptakan perubahan dalam sebuah tim kerja. Namun banyak yang beranggapan coaching hanya sebuah proses bertanya dan menjawab. Kenyataannya tidak hanya itu saja.

Coaching adalah cara yang kompleks namun dikemas secara simple asal dikerjakan dengan hati. Seorang pemimpin yang menggunakan hati memimpin timnya akan memahaminya. Coaching selain membantu menyelesaikan masalah, juga memotivasi agar solusi dapat dilaksanakan dengan baik.

Nah, banyak pemilik bisnis yang belajar tentang coaching melupakan hal ini. Setelah menemukan solusi namun tidak difollow up eksekusinya. Inilah yang membuat perubahan sulit terjadi.

Lalu, Bagaimana Cara Memfollow-up yang Baik? Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Kali ini akan dibahas lebih detail tentang trik follow up hasil coaching yang manjur.  Berikut adalah beberapa triknya.

1.    Catat Poin Penting selama Coaching

Tuliskan apa saja yang akan dilakukan. Tidak mungkin Anda bisa mengingat semua yang Anda lihat, dengar dan pikirkan tentang progress karyawan. Sebaiknya gunakan format yang sudah tersusun. Dokumentasi penting dibuat agar bisa memberikan umpan balik yang baik untuk kemajuan karyawan Anda.

Setelah coaching berakhir, tanyakan pada diri Anda hal berikut.

  1. Apa yang bisa saya lakukan untuk perkembangan karyawan saat ini dan untuk sesi coaching selanjutnya?
  2. Apa hal terselubung yang bisa saya pelajari dari meeting yang baru saja berjalan?
  3. Apa yang dipelajari oleh orang yang saya latih? Apa pesan yang menguatkan dalam meeting tersebut?

2.    Buat sebagai Job Description Anda

Jadikan kegiatan follow up/ coaching sebagai salah satu tugas Anda. Jadwalkan waktu untuk membuat to-do list pekerjaan mulai dari yang paling sulit agar Anda ingat untuk segera menyelesaikan.

3.    Follow up Kesepakatan

Review kesepakatan yang telah ditulis secara periodic, dan selalu follow up setiap tindakan yang disepakati. Meski dibuat kesepakatan tertulis namun tindakan ini berguna untuk mempertegas kesepakatan tersebut. Dengan demikian karyawan terpacu untuk terus bertindak.

Jika anggota Anda meminta bantuan, usahakan untuk bisa melengkapi kebutuhan mereka. Ini penting dilakukan karena memberi kepercayaan bagi karyawan. Mereka menaruh harapan pada Anda sebagai pemimpin. Mereka butuh tempat untuk bergantung dan mencari solusi.

4.    Observasi Tanda-Tanda Perkembangan

Untuk memberikan umpan balik yang berguna, perlu diketahui kondisi yang sedang terjadi. Usahakan untuk mengobservasi berbagai interaksi atau tugas prioritas yang diberikan kepada anggota Anda saat sesi coaching. Hal ini berguna agar mereka lebih sadar mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Ini juga melatih karyawan untuk membagi tugas berdasarkan kepentingannya.

Dengan melakukan ini, Anda bisa menilai sampai dimana pertumbuhan dari karyawan Anda. Sudah sampai dimana perkembangan yang dilakukan dan berapa lama hingga mereka mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan terus mengecek progress karyawan, ini memotivasi mereka untuk terus berusaha.

5.    Terbuka kepada Anggota

Jalin ikatan antara Anda dengan anggota sehingga menciptakan sebuah rasa percaya diantara kalian. Rasa percaya ini otomatis membuat mereka lebih terbuka kepada Anda. Keterbukaan ini akan memicu mereka merasa nyaman untuk berdiskusi.

Anggota Anda secara tidak langsung akan mencari Anda untuk mendapatkan motivasi. Dari inilah Anda bisa melihat umpan balik coaching Anda pada diri mereka. Apabila menemukan kendala mereka akan terbuka dan masalah cepat diselesaikan. Hambatan yang bisa ditangani membuat perubahan yang lebih cepat. Jadi tujuan yang diinginkan cepat dicapai.

6.    Bicarakan tentang Dampak Positif

Ketika Anda melihat anggota Anda bertumbuh dan berubah ke arah positif, selalu bicarakan kepada mereka. Sebagai pemimpin, opini dan masukkan dari Anda sangat berpengaruh terhadap anggota. Jika Anda melihat dampak perubahan positif dari tiap individu maka bicarakan kepada mereka. Hal ini guna memotivasi mereka menjadi lebih baik.

7.    Perhatikan Perubahan dalam Hubungan Kerja

Dalam sesi coaching maupun follow up tugas, selalu perhatikan respon karyawan Anda. Perhatikan gerak gerik dan tutur kata mereka. Ini akan memberi Anda tanda apabila karyawan Anda sedang mengalami kendala.

Cobalah untuk lebih peka dan sadar jika terjadi perubahan dalam hubungan anda dengan karyawan. Jika dalam sesi coaching, karyawan terlihat gelisah coba tanyakan tentang masalah yang dihadapi. Sebaiknya kendala atau hambatan dapat dibereskan terlebih dahulu sehingga tidak menggangu progress kerjanya.

8.    Evaluasi Diri Anda sebagai Pemimpin

Bukan hanya anggota Anda yang terus difollow up, Anda sebagai pemimpin juga harus terus mengevaluasi diri. Tidak selamanya pemimpin itu selalu benar.

Buatlah sebuah list berisi pertanyaan yang dapat menilai kinerja Anda sebagai seorang coach. Ada dua pertanyaan utama yang dapat digunakan yakni.

  1. Apakah saya sudah memenuhi kebutuhan tiap anggota? Jawabannya bisa Anda ketahui dengan melakukan berbagai trial dan error. Kemudia lebih tunjukkan Anda terbuka dengan opini dari anggota. Secara rutin tanyakan bagaimana efek kerja Anda terhadap anggota. Cek tindakan apa saja yang cocok dan tidak cocok dikerjakan.
  2. Apakah saya mendukung kesuksesan tim? Coaching adalah kegiatan dua arah, jadi bersikap jujur tentang diri Anda. Apakah Anda berada di proses membawa kesuksesan tim atau ini masih sebuah impian semata? Lakukan segala cara untuk membawa kesuksesan terhadap tim Anda.

Berbagai cara ini bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan. Ini adalah tugas yang tidak akan ada habisnya. Sebagai seorang pemimpin/ pemilik bisnis, mendukung tim dan bertanggung jawab atas sebuah tim adalah tugas yang tak terbatas. Semakin Anda nyaman dengan coaching, maka Anda membuatnya menjadi kebiasaan dan tidak akan butuh catatan tips di atas. Namun tetap selalu ingat poin-poin penting di atas.

Menjadi coach dan pemimpin adalah dua hal yang berjalan selara. Kesuksesan tim adalah kebanggaan bagi pelatihnya. Selalu buat tim Anda nyaman dan merasa aman berada di bawah Anda.

Jika Anda butuh diskusi lebih dalam tentang coaching, silakan hubungi bisnis coach kami pada kontak di halaman ini. Apabila artikel ini memberi manfaat silakan bagikan di social media Anda. Selamat mencoba, Always Go BIG!