fbpx

Strategi Penjualan Efektif yang Wajib Di Tahun 2019

Strategi Penjualan

Tahun 2019 sudah hampir setengah jalan. Bagaimana perjalanan bisnis Anda, para owners?

Mulus? Berbatuan? Atau malah mogok?

Semoga masih on track ya. Namun, bila ada hambatan pasti harus dihadapi. Apalagi dalam bidang penjualan yang sering naik turun seperti roller-coaster.

Bagi Anda yang mengalami kendala penjualan yang naik turun. Coba simak artikel ini sampai selesai.

Kali ini kami akan membahas tentang strategi penjualan yang efektif di tahun 2019 ini. Mungkin saja ini bisa menginspirasi Anda.

Bagi yang sudah punya strategi penjualan semoga bisa diupgrade lebih baik lagi. Bagi yang mungkin go with the flow, yuk mulai susun strategi Anda agar bisnis berjalan mulus.

Langsung saja kita simak beberapa strategi penjualan efektif di tahun 2019.

1. Teknologi Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau Kecerdasan buatan. Ini adalah teknologi computer terkini dimana mesin diprogram memiliki kecerdasan dan dapat berinteraksi sama seperti manusia.

Di Indonesia sudah mulai hadir beberapa startup berbasis teknologi AI ini. Startup ini menghadirkan berbagai macam kelebihan yang bisa dikolaborasi dalam bisnis.

Dari beberapa startup tersebut, ada yang menggunakan Bahasa Indonesia ada yang belum menggunakan.

Contohnya adalah Kata.ai. Startup AI ini telah berkolaborasi dengan perusahaan Unilever. Dengan menggunakan chatbot (baca: chat robot) bernama Jemma dalam aplikasi messenger Line.

Dalam sebuah survey, Jemma berhasil menarik 1,5 juta orang sebagai teman dengan 50 pesan untuk 17 juta sesi. Bahkan ada yang curhat tentang mimpi dan masalah mereka.

 

Selain bidang customer service, AI bisa digunakan untuk analisa perilaku konsumen, pola pencarian dan pemanfaatan data penggunaan social media.

Contoh video berikut ini adalah AI untuk mendata penjualan Anda.

2. Video Marketing

Jaman sekarang, lebih banyak orang menghabiskan waktu menonton Youtube dibandingkan TV. Iklan di TV butuh biaya dari membayar jasa model hingga rumah produksi.

Mengiklankan bisnis Anda melalui Youtube adalah media video marketing terpraktis. Konsumen bisa mengakses video dimanapun dan kapanpun.

 

Tren di tahun 2019 ini mengarah ke live video. Live video digunakan untuk interview, demo produk, behind the scene acara, bahkan untuk rekaman proses produksi.

Selain Youtube, platform video marketing lainnya adalah Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter bahkan media messenger seperti Whatsapp dan Line.

 

3. Progammatic Advertising

Masih berkaitan dengan teknologi AI, programmatic ads ini adalah iklan terprogram yang memberikan efisiensi tinggi bagi penjual dan pengiklan di dunia.

Menurut survey, 69% masyarakat Indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mengakses internet, selebihnya dengan computer atau tablet.

Oleh karenanya, banner, selebaran dan reklame sudah tidak efektif untuk iklan. Dalam programatic ads, pengiklan bisa mengembangkan strategi iklan menggunakan video format khusus dan memilih audiens yang cocok.

Hal ini tentu membuat efisiensi bagi penjual dengan biaya minim namun hasil konversi iklan yang maksimal.

 

4. Digital Payment

Di Indonesia, sistem transaksi online sudah banyak ditemui terutama memasuki tahun 2019. Banyak kita temui pembayaran elektronik(digital payment).

Hal ini tentu menjadi sebuah kemudahan yang diminati para konsumen.

Cukup scan QR code dan pembayaran dilakukan. Mudah bukan?

 

Selain itu, promo dari penggunaan aplikasi pembayaran juga menjadi daya tarik tersendiri.Promo cashback dan potongan harga adalah hal yang paling diminati saat ini.

Tentunya bekerja sama dengan platform pembayaran digital mampu menjadi strategi yang penjualan efektif.

 

Demikian keempat strategi penjualan efektif yang bisa Anda ikuti di tren 2019 ini. Semoga bisa menjadi acuan bagi pebisnis dalam menjalankan bisnisnya.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut terkait bisnis Anda silakan hubungi kami.

Semoga menginspirasi, Always Go Big!