fbpx

5 Teknik Coaching Bagi Pemilik Bisnis Sukses Seperti Anda

Belajar Skill Coaching

Banyak perusahaan sadar bahwa menggunakan jasa bisnis coach memberikan banyak manfaat. Selain itu, metode coaching juga cocok diimplementasikan dalam perusahaan. Masa kini banyak perusahaan yang sudah mencantumkan skill coaching sebagai kualifikasi di level manajerial.

Teknik kepemimpinan ini secara garis besar tentang cara memimpin dengan bekerja bersama tim menuju kesuksesan. Jaman dulu sebuah perusahaan jika pemimpinnya hebat maka bisnis dapat sukses. Semua pekerjaan dan masalah dibebankan pada satu orang yaitu pemimpin. Hal ini tidak lagi bisa berjalan sekarang.

Mayoritas yang bekerja di perusahaan adalah kaum milenial yang tidak mau dikekang. Budaya inilah yang menggeser gaya kepemimpinan sekarang. Pemimpin yang liberal dan demokratif lebih dibutuhkan.

Demokrasi ini dapat dilakukan dengan metode coaching. Metode ini sangat cocok bagi budaya perusahaan sekarang. Bagi Anda yang mengalami masalah kesenjangan budaya dan masalah kepemimpinan di perusahaan Anda bisa menjalankan beberapa tips dari metode coaching.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda pelajar dari metode coaching. Mari kita simak bersama.

1.    Kebebasan Beraspirasi

Interaksi antara pemimpin dan anggota sering kali hanya terjadi secara dari atas ke bawah. Pemimpin memiliki mindset yang berpikir tentang solusi untuk masalah yang terjadi. Namun hal ini membuat anggota memiliki rasa ketergantungan yang tinggi. Selain itu juga kurang adanya rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap bisnis.

Dari metode coaching ini yang dapat dipelajari adalah memberikan kebebasan beraspirasi. Dengan teknik bertanya menggunakan pertanyaan terbuka. Teknik ini penting agar mengarahkan anggota untuk berpikir terbuka dan menjawab sesuai dengan pemikiran mereka.

Dalam teknik coaching lebih diutamakan bertanya dan menjawab. Pertanyaan harus bersifat terbuka yang memberi banyak kemungkinan jawaban dari coachee. Pemimpin bertindak sebagai bisnis coach lebih banyak mendengar dan tidak menghakimi apapun yang dijawab anggota.

2.    Ikut Ambil Bagian namun Tetap Objektif

Sebagai pemimpin, sikap subjektif dan ingin ikut campur dalam setiap pekerjaan anggota adalah hal yang buruk. Pemimpin cenderung tidak percaya sehingga muncul sikap demikian.

Melalui metode coaching, diajarkan untuk tetap terlibat dalam setiap pekerjaan anggota namun hanya mengawasi dan tidak mengatur mereka. Ini dapat membangun kepercayaan antara pimpinan dan anggotanya. Mereka merasa dipercaya untuk bekerja dengan cara mereka sendiri.

Anda tetap mengawasi dan membina namun tidak mengatur apapun yang dikerjakan anggota. Namun, Anda juga harus memberikan peringatan apabila terjadi resiko tinggi yang dapat merugikan perusahaan jika menjalankan sebuah solusi.

3.    Paham Cara untuk Mengembangkan Sebuah Proses

Pemimpin cenderung menilai segala hal based on result. Mereka kurang menghargai proses kerja baik sistem atau kinerja karyawan. Dengan mengembangkan proses kerja yang baik dan efisien maka membuatnya pekerjaan lebih mudah diukur dan ditiru.

Dari metode coaching ini pemimpin belajar untuk membuat sistem kerja yang efisien. Sehingga mereka paham untuk merancang proses kerja yang baik. Apabila setiap poin dalam proses kerja bisa diukur dan mudah ditiru maka sangat berguna bagi anggota Anda.

Selain memudahkan pekerjaan juga hasil produksi lebih banyak dan anggota tetap produktif. Omset meningkat namun biaya dapat ditekan. Dengan demikian perkembangan proses kerja telah dilakukan sangat efektif.

4.    Ikut bertanggung jawab terhadap Hasil Kerja Anggota

Teknik coaching memberi ruang bagi coachee untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan demikian ia menjalankan apa yang telah dipilih. Pemimpin hanya mengawasi dan tidak ikut campur terhadap keputusan tersebut.

Bila jaman dulu pemimpin tidak mungkin bertanggung jawab untuk apa yang dilakukan anggota. Namun hal ini tidak berlaku lagi jaman sekarang, karena sangat beresiko bagi perusahaan.

Pemimpin sebagai pilihan terakhir yang membantu anggota ketika mengalami kendala. Mengikuti teknik dari bisnis coach berpengalaman seperti di GLC, coach bisa membantu saat-saat tertentu. Coach adalah orang yang akan memberikan solusi terbaik saat masalah yang dihadapi beresiko tinggi

Contoh lainnya, kadang kala ketika menjalankan sebuah rencana, hasilnya tidak bagus. Namun, pemimpin tetap ikut bertanggung jawab terhadap hasil kerja tersebut. Ini menunjukkan sikap kepemimpinan yang bijak. Dengan demikian, anggota merasa tetap aman dan tidak ditinggalkan sendiri. Mereka merasa termotivasi untuk melakukan hal yang jauh lebih baik nantinya.

5.    Komunikasi Efektif

Mendengar adalah sebagian besar yang dilakukan dalam proses komunikasi.  Coaching berhubungan erat dengan komunikasi yang efektif. Saat leader melakukan sesi coaching dengan anggota lebih banyak dengarkanlah apa yang dikatakan oleh anggota Anda.

Perhatikan cara mereka menyampaikan, intonasi, gerak badan, apa yang disampaikan. Lalu saat Anda yang merespon pastikan pertanyaan Anda dimengerti anggota, lalu saat memberi masukkan selalu cek apakah anggota Anda paham dan mengerti apa yang harus ia lakukan.

Saling crosscheck itu penting untuk membangun komunikasi efektif. Dengan demikian, sesi coaching berkesan bagi kedua belah pihak dan diingat. Selain itu juga motivasi yang diberikan dapat dijalankan oleh anggota Anda.

Banyak orang saat dimotivasi bersemangat namun beberapa hari kemudian motivasinya sudah hilang. Jika sesi coaching cukup berkesan maka mereka akan lebih cenderung untuk bertindak dan menciptakan progress positif.

Coaching meskipun memberikan kebebasan di satu sisi juga memberikan kenyamanan dan meningkatkan motivasi bagi anggota Anda. Anggota tidak merasa terkekang, diajak untuk ikut andil namun tetap disupport secara tidak langsung. Hal inilah yang cukup bagus Anda implementasikan sebagai pemimpin.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang teknik coaching silakan hubungi kami di kontak yang ada di halaman ini. Apabila ulasan ini bermanfaat bagi Anda silakan bagikan di social media Anda agar lebih banyak yang mengetahuinya. Semoga bermanfaat, Always Go Big!