fbpx

Cek 7 Hal Ini Sebelum Memilih Konsultan Bisnis

Memilih Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis adalah bagian dari rencana bisnis UKM. Mereka membantu dari segi marketing, pembukuan, atau produksi. Mereka sangat meringankan beban pekerjaan sehari-hari Anda.

Namun ketika berbicara tentang menggunakan jasa konsultan bisnis, tentu bingung harus memulai dari mana. Banyak pebisnis yang tidak tahu harus mulai dari mana untuk menyewa jasa konsultan bisnis.

Tentu banyak yang bertanya, “Kriteria seperti apa yang bisa diajak bekerja sama?” “Bagaimana saya tahu bahwa konsultan bisnis ini berbakat?”

JIka Anda ingin tahu jawabannya, silakan baca artikel ini sampai selesai. Di bawah ini akan dibahas lebih detil checklist apa saja yang Anda butuhkan. Pelajari hal ini sebelum memilih konsultan bisnis yang terbaik bagi Anda.

Bagi Anda pemilik bisnis yang sedang membutuhkan konsultan, ulasan ini adalah referensi yang cocok. Namun jika Anda baru mempertimbangkan menggunakan jasa konsultan semoga ulasan ini bisa memberika perpektif yang bermanfaat. Mari kita simak bersama.

1.    Resume

Tentu tak kenal maka tak percaya. Meminjam istilah pepatah itu, maka tentu perlu mengenal konsultan bisnis sebelum Anda bisa percaya.

Konsultan bisnis sebagai pihak ketiga yang akan membantu internal perusahaan haruslah orang yang bisa Anda percaya. Kenali terlebih dahulu latar belakang konsultan bisnis Anda.

Resume adalah dokumentasi terpercaya berisi tentang data diri dan pengalaman dari konsultan. Manfaat dari resume memberikan gambaran umum tentang pencapaian dari konsultan terhadap masalah yang pernah ia tangani.

Dalam resume juga tercantum tentang latar belakang Pendidikan, sertifikasi, berbagai pengalaman di bidang tertentu dan pelatihan yang sedang diikuti.

2.    Testimonial

Untuk tahu tentang sepak terjang seseorang tentu tidak bisa hanya percaya dengan resume. Resume dibuat sendiri oleh konsultan tentang bakat, keahlian dan track recordnya. Agar lebih menguatkan, Anda bisa mengecek testimoni dari pebisnis yang telah menggunakan jasa konsultan tersebut.

Umumnya jika memang konsultan bisnis tersebut berbakat maka pebisnis akan merekomendasikan dan berbagi pengalaman positif. Hasil yang baik akan memberi kesan yang berharga bagi klien.

Anda bisa mengecek testimoni dari website konsultan. Cara lainnya ialah melalui aplikasi seperti LinkedIn yang menunjukkan rekomendasi dan komentar mengenari kinerja konsultan tersebut.

3.    Berpengalaman

Ketika ingin bekerjasama dengan konsultan bisnis, maka cari tahu tentang orang yang pernah berbisnis dengan skala seperti Anda. Konsultan bisnis ada yang memiliki bisnis sendiri dan membangun bisnisnya.

Dengan pengalamannya dalam dunia bisnis inilah yang bisa meyakinkan Anda. Sebagai nilai tambah adalah orang ini memulai bisnis sama seperti Anda. Dengan demikian, konsultan lebih cepat memahami konsep bisnis dan permasalahan Anda.

Untuk lebih menyakinkan lagi, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti berikut.

  1. Apakah bisnis yang Anda pernah jalankan berhubungan dengan pekerjaan konsultasi?
  2. Berapa tahun Anda bekerja di dunia bisnis UKM?

4.    Availabilitas

Pertimbangkan tentang availabilitas dari konsultan bisnis. Cek apakah jadwal kerja konsultan cukup padat. Hal ini sangat berpengaruh untuk kualitas konsultasi. Memang kuantitas pertemuan tidak ada hubungan dengan konsultasi.

Namun jika konsultan Anda memiliki klien yang banyak dengan jadwal yang padat maka otomatis susah membuat jadwal untuk konsultasi dengan Anda. Meski kuantitas tidak berhubungan namun jika jarang bertemu maka konsultan kurang bisa memantau progress bisnis Anda. Hal ini sangat merugikan Anda dan bisnis karena konsultan tidak focus pada masalah Anda.

Sebagai saran, carilah konsultan bisnis dengan availabilitas yang sedang. Buatlah jadwal untuk sebulan atau beberapa periode tertentu. Hal ini guna menetapkan jadwal konsultasi secara berkala dan konsultan bisa lebih fokus melihat progress bisnis Anda secara teratur.

5.    Portfolio

Jika konsultan Anda cukup dikenal dalam dunia bisnis atau konsultasi bisnis, maka cari tahu produk yang ia hasilkan. Misalkan saja podcast, blognya, buku atau sejarah dari public speaking/seminar.

Dengan cara ini, Anda lebih mengenal tentang konsultan bisnis Anda. Pada produk-produk tersebut menunjukkan kualitas dan pemikiran dari konsultan. Dari ini Anda paham di ranah mana keahlian dari konsultan Anda. Sekaligus mencocokkan apakah keahlian tersebut sesuai untuk masalah yang Anda hadapi di bisnis.

6.    Biaya

Biaya konsultasi sangat beragam. Biaya ini dicocokkan dengan waktu, permasalahan, gajinya. Sebelum menggunakan jasa konsultan, hal ini perlu diperjelas. Diskusikan dengan konsultan Anda bagaimana perhitungan biaya yang akan dibayarkan.

Selain itu, lakukan riset terhadap biaya pasaran dari konsultan bisnis lainnya. Anda bisa mengecek di internet, bertanya dengan mentor/ ahli dalam bidang tersebut, atau tanyakan di komunitas atau organisasi bisnis yang Anda naungi.

Biaya konsultan ini adalah biaya operasional yang cukup banyak. Oleh karena itu, tidak bisa diputuskan dengan buru-buru. Riset sangat dibutuhkan guna meminimalkan biaya operasional Anda,

7.    Kontrak Kerja

Perlu adanya kontrak kerja atau dokumentasi kesepakatan antara konsultan bsinis dengan bisnis owner. Hal ini berguna sebagai bukti legal tentang kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.

Dalam kontrak kerja dijelaskan tentang periode kerja, goal yang akan dicapai, ekspektasi hasil dan program kerja konsultan. Beberapa menuliskan tentang preferensi yang diharapkan dari konsultan. Hal ini harus disepakati konsultan agar saat proses konsultasi tidak canggung dan berjalan lancer.

Belum tentu semau pemilik bisnis bisa mendapatkan konsultan bisnis yang sempurna. Intinya dari menggunakan jasa konsultan adalah carilah yang membuat Anda nyaman, percaya dan bisa berkomunikasi dengan baik terhadap Anda serta punya pengalaman yang menarik dan berhubungan dengan Anda.

Konsultan bisnis bisa menjadi cheerleader, task master, sounding board Anda, dan penasehat. Secara simple, konsultan bisnis hadir untuk Anda untuk mensupport dan mendorong Anda mencapai suatu gol.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang konsultan bisnis silakan hubungi kontak di halaman berikut ini. Silakan share artikel ini apabila bermanfaat bagi Anda. Semoga bermanfaat, Always Go Big!