fbpx

Kapan Waktu Paling Tepat Menerapkan Manajemen Training di Perusahaan Anda?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Manajemen Training

Manajemen Training, tentu bukan istilah yang asing di telinga Anda. Bagi perusahaan tertentu mungkin pernah melakukan manajemen training baik untuk karyawan baru maupun lama.

Sesuai judul di atas, kira-kira menurut Anda kapan waktu yang tepat dilakukan? Anda sebagai pemilik perusahaan apakah merasa perlu dilakukan manajemen training untuk karyawan Anda? Kalau perlu, mengapa harus dilakukan? Apabila tidak perlu, mengapa Anda mengatakan demikian?

Setelah Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda akan mengetahui lebih dalam kapan dan mengapa Manajemen Training perlu dilakukan untuk perusahaan Anda. Mari kita simak bersama.

Definisi

Kita mulai dengan definisi Manajemen Training adalah proses pelatihan terhadap karyawan untuk diberikan pengarahan dan wawasan tentang profil dan unit bisnis perusahaan, dan diharapkan hasil dari pelatihan dan pengembangan karakter ini akan diperoleh dan diseleksi pegawai/calon pegawai yang memiliki kualitas untuk dipromosikan ke jenjang yang lebih strategis pada level manajemen di perusahaan.

Pelatihan dan pengetahuan yang diberikan mencakup prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan, pengendalian usaha, manajemen resiko dan rencana manajerial. Selain diberikan materi, para karyawan juga sekaligus melakukan On the Job Training (praktek langsung) dengan aktifitas perusahaan sehari-hari.

Manajemen training dapat dilakukan oleh perusahaan sendiri melalui bidang Human Resource (SDM) atau bisa melalu bantuan pihak ketiga seperti yang ada di GLC membantu Anda memberikan pelatihan di perusahaan (Corporate Training).

Tujuan Manajemen Training

  1. Meningkatkan pengetahuan karyawan terhadap budaya serta pesaing luar.
  2. Meningkatkan keterampilan karyawan agar sejalan dengan perubahan teknologi yang terjadi dalam perusahaan.
  3. Membantu karyawan beradaptasi dengan teknologi baru perusahaan.
  4. Memberikan karyawan suatu ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan mereka.
  5. Membuat karyawan lebih kompeten dalam bidang pekerjaannya.
  6. Membantu menyelesaikan permasalahn operasiona perusahaan.
  7. Membantu karyawan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan bisnis serta operasional industri.
  8. Memberikan orientasi atau pengenalan karyawan agar lebih memahami organisasinya.

Manfaat Manajemen Training

Sebelum menjelaskan tentang kapan seharusnya manajemen training dilakukan, kami akan menjelaskan terlebih dahulu manfaat manajemen training untuk perusahaan Anda.

  1. Menilai, mengevaluasi dan menyaring calon manajerial yang berkualitas.
  2. Menjamin ketersediaan SDM yang handal dan terampil yang akan ditempatkan ke jenjang eksekutif perusahaan.
  3. Memberikan wawasan dan pengembangan manajerial bagi karyawanl.
  4. Pelatihan dan Pengelolaan SDM di Perusahaan.
  5. Sarana peningkatan kemampuan manajemen.
  6. Meningkatkan produktifitas perusahaan.

Keseluruhan proses Manajemen Training ini sangat penting untuk mengembangkan visi dan misi perusahaan untuk masa yang akan datang, dan karyawan dapat bersaing di dunia usaha yang menuntut efisien dan profesionalisme.

Waktu Pelaksanaan Manajemen Training

Setelah menjelaskan tentang definisi, tujuan dan manfaat apakah Anda punya gambaran betapa pentingnya manajemen training untuk perusahaa Anda? Kira-kira apakah Anda sudah tahu jawaban kapan pelaksanaan manajemen training yang tepat?

Nah, kami akan menjabarkan waktu yang tepat untuk melaksanakan manajemen training di perusahaan sebagai berikut.

1. Saat Penerimaan Karyawan Baru

Mengapa perlu dilakukan manajemen training saat menerima karyawan baru? Hal ini diperlukan agar calon karyawan mendapatkan gambaran profil perusahaan secara keseluruhan baik visi, misi, kultur dan prinsip serta peraturan perusahaan. Ini akan dijelaskan sebelum pemberian materi.

Lalu, calon karyawan yang mengikuti manajemen training tentunya akan diberi pelatihan On the Job training dan ditempatkan di beberapa bidang. Dengan demikian, calon karyawan dapat dinilai oleh Anda lebih cocok di tempatkan di bidang apa saat sudah bekerja nanti serta juga membantu Anda menilai bagaimana kecocokan dan ketahanan calon karyawan saat diberi tekanan dan maupun beradaptasi dengan kultur perusahaan.

2. Saat Membutuhkan Regenerasi Karyawan

Regenerasi Karyawan dalam artian penyaringan sekaligus mengupgrade karyawan yang telah bekerja di perusahaan Anda agar dapat dipromosikan ke tahap eksekutif perusahaan. Tujuan Manajemen Training untuk karyawan adalah agar menguji sekaligus membantu mereka untuk belajar hal-hal lain selain bidang pekerjaannya agar menggali potensi dari karyawan tersebut. Bukan hanya menguji namun juga membantu karyawan menemukan ketrampilan terpendam dan bakat yang ia miliki.

Melalui manajemen training ini akan dihasilkan bibit-bibit unggul yang siap untuk ditempatkan pada bidang-bidang krusial dan professional. Manajemen training merupakan wadah untuk karyawan kembali belajar dan mengasah diri serta bagi perusahaan untuk meregenerasi karyawan dan menemukan potensi baru dari diri karyawannya.

3. Saat penerapan sistem baru di perusahaan

Sistem merupakan tulang punggung dari sebuah perusahaan. Tanpa sebuah sistem, perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Apabila ada penerapan sistem baru misalnya perubahan sistem dari manual ke komputerisasi. Hal ini tentu harus diajarkan terlebih dahulu ke level manajer agar nantinya dapat diturunkan ke level di bawahnya. Apabila manajer tidak mengerti bagaiman ia bisa mengatur, menjelaskan dan membantu dalam pemecahan masalah karyawan. Sistem sangat mempengaruhi keseluruhan perusahaan sehingga wajib dilakukan manajemen training untuk mempelajari sistem komputerisasi yang baru.

4. Penerapan kebijakan baru

Kebijakan-kebijakan perusahaan tidak hanya dirancang dan diputuskan oleh satu orang namun oleh pihak manajemen. Manajemen training membantu Anda mensosialisikan kebijakan baru tersebut. Kebijakan seperti peraturan perusahaan, visi dan misi yang baru tentu dapat merubah secara umum kinerja dari karyawan tentunya harus ada pelatihan yang dilakukan agar nantinya kebijakan dapat dijalankan dengan lancar.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kami simpulkan bahwa waktu yang tepat melakukan Manajemen Training adalah saat:

  1. Penerimaan Karyawan Baru
  2. Membutuhkan Regenerasi Karyawan
  3. Penerapan Sistem Baru
  4. Penerapa Kebijakan Perusahaan yang baru

Jika Artikel ini bermanfaat untuk Anda, silakan bagikan artikel ini di media sosial Anda dan berikan komentar Anda bagaimana informasi ini membantu perusahaan anda berkembang dengan manajemen training.