fbpx

Ketahui 6 Trik Memilih Konsultan Bisnis Jakarta

Konsultan Bisnis Jakarta

Konsultan bisnis dikenal luas di kalangan pebisnis. Namun masih banyak yang belum paham apa pekerjaannya.

Konsultan bisnis adalah profesi yang memiliki keahlian dalam bidang bisnis. Misalnya manajemen bisnis, manajemen keuangan, SDM, akuntasi, pajak, dan masih banyak lainnya.

Tugas penting konsultan bisnis adalah memberikan solusi bagi pebisnis tentang permasalahan bisnis. Seperti yang kita tahu bahwa butuh kejelian dalam berbisnis. Banyak hambatan yang dihadapi untuk bersaing dalam dunia bisnis.

Oleh karena itulah muncul banyak jasa konsultan bisnis di Indonesia. Banyaknya pilihan bukan berarti Anda bisa asal memilih. Tidak semua konsultan bisa memberikan solusi terbaik untuk masalah Anda.

Tentu bingung bagaimana memilih konsultan bisnis yang terbaik. Silakan baca lebih lanjut artikel ini sampai selesai. Kami akan mengupas tuntas cara memilih konsultan bisnis yang baik di bawah ini.

1. Background Check

Cek Latar Belakang

Hal pertama adalah cek latar belakang dari calon konsultan.  Pilih konsultan bisnis yang berasal dari lembaga professional.

Cari tahu tentang perusahaan konsultan bisnis tersebut. Apakah mereka telah terdaftar secara legal.

Hal ini guna menjamin bahwa konsultan bisnis tersebut terpercaya dan legal. Dengan demikian Anda merasa lebih aman.

Jika rekan bisnis Anda pernah menggunakan jasa konsultan bisnis maka cek testimoni dari mereka. Pengalaman dari orang lain akan memberikan pandangan berbeda tentang jasa konsultan tersebut. Tentunya hasilnya lebih objektif.

2. Peran dan Tanggung Jawab

Tugas Business Consultant

Bagi Anda yang awam dengan jasa konsultan, pelajari peran dan tanggungjawab konsultan bisnis terlebih dahulu.

Silakan cek artikel kami tentang /tugas-business-consultant/ .

Hal ini penting agar Anda paham cara kerja dari konsultan bisnis. Selain itu, memudahkan Anda berkomunikasi.

Anda tahu apa yang harus disampaikan tentang masalah Anda. Kemudian Anda paham bagaimana konsultan bisnis bisa membantu Anda. Jadi, proses penyelesaian masalah cepat dilakukan.

3. Kompetensi dan Pengalaman

Kompetensi

Kompetensi adalah tolok ukur konsultan bisnis. Ini yang membedakan kemampuan dari tiap konsultan bisnis. Konsultan bisnis kompeten seperti para konsultan di GLC telah mengikuti berbagai pelatihan. Mereka juga memiliki jam terbang yang tinggi dalam melayani klien.

Dengan kompetensinya tentu banyak pengalaman bisnis yang telah dialami. Umumnya konsultan bisnis adalah orang yang telah memiliki pengalaman berbisnis bertahun-tahun. Oleh karena itu, mereka bisa mendukung Anda dalam segala aspek bisnis.

4. Referensi dan Portfolio

Referensi

Darimana Anda tahu tentang konsultan bisnis tersebut? Nah, referensi bisa meningkatkan kepercayaan Anda akan jasa konsultan.

Jika mendapat referensi yang valid, misal dari rekan bisnis yang telah sukses, tentu kepercayaan Anda akan jasa konsultan meningkat.

Hal penting lainnya adalah cek hasil kerja konsultan bisnis. Hal ini dapat dilihat dari portofolionya. Apakah mereka termasuk tipe Walk the Talk atau hanya omong kosong belaka?

Walk the Talk artinya mengeksekusi apa yang ia ucapkan. Tentu hasilnya akan nampak jelas jika dilaksanakan dengan baik.

5. Ikuti Seminar

Seminar & Workshop GLC

Tahap lanjutan adalah mengikuti seminar. Melalui seminar, Anda mengenal cara berkomunikasi dari calon konsultan bisnis Anda. Cari kenyamanan dari cara penyampaian materinya.

Dari presentaasinya, Anda bisa menilai kemampuan dan pengetahuan konsultan bisnis. Apakah beliau punya jam terbang yang tinggi dengan kliennya atau hanya abal-abal saja.

Lalu. bagaimana bila belum ada seminar yang bisa diikuti? Jangan khawatir, Anda bisa cek status akun sosial media mereka untuk mengetahui informasi seputar aktifitas mereka.

Sama halnya dengan GLC dimana informasi seputar kegiatan penting banyak dibagikan di akun Instagram kami /glcworld/

6. Harga dan Pelayanan

Harga dan Pelayanan

Nah, yang terakhir adalah harga dan pelayanan. Ingat untuk cek tarif jasa konsultan. Cek kewajaran harga terhadap kompetensi, pengalaman dan pelayanan dari konsultan bisnis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada yang mematok harga terlalu tinggi. Mungkin Anda bisa menegosiasikan tarif agar sesuai dengan budget Anda.

Secara tidak langsung, biaya konsultan menjadi salah satu pengeluaran yang cukup besar. Akan tetapi, tentu ada kualitas ada harga yang harus dibayar.

Dari keenam cara di atas, semoga bisa menjadi acuan Anda dalam memilih jasa konsultan bisnis yang terbaik. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang jasa konsultan bisnis silakan hubungi kami di kontak halaman ini.

Jangan lupa bagikan pula artikel ini jika memberi manfaat bagi Anda. Salam sukses, Always Go Big!