fbpx

3 Peran Business Consultant Yang Wajib Diketahui Pemilik Bisnis

Setelah mengerti dengan jelas peran dari seorang business consultant, Anda akan lebih bisa memaksimalkan jasa yang mereka berikan untuk perusahaan Anda.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas peran atau tugas apa yang biasanya dijalankan seorang business consultant. Kemudian Anda juga akan mempelajari kelebihan beserta kekurangan dari menggunakan jasa seorang business consultant.

Siapa Itu Business Consultant

Kata konsultasi dalam kamus memiliki arti yang berupa memberikan nasihat atau petunjuk dalam melakukan suatu hal. Jadi business consultant atau konsultan bisnis bisa diartikan sebagai seseorang yang memberikan nasihat atau petunjuk dalam menjalankan bisnis.

Seperti yang kita ketahui, seseorang yang memberikan nasihat seharusnya memiliki pengalaman yang sudah cukup banyak di dalam bidang yang dia jalankan.

Dengan pengalamannya, seorang business consultant akan bisa membantu kita menyelesaikan sebuah masalah dalam perusahaan dengan lebih efektif dan efisien.

Banyak orang yang menganggap business consultant, mentor dan coach adalah satu hal yang sama. Sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok di antara ketiganya. Anda sebaiknya mengetahui perbedaan antara business coach, mentor dan consultant terlebih dahulu agar tahu mana jasa yang tepat untuk Anda.

Perbedaan Business Coach, Mentor dan Konsultan

Manfaat Business Consultant

Ada 3 manfaat utama yang bisa diberikan oleh seorang business consultant. Jika Anda bisa mendapatkan ketiganya, maka bisa dibilang Anda memanfaatkan jasa konsultasi bisnis tersebut dengan maksimal.

Tugas Business Consultant

1. Mendeteksi Masalah
Tugas pertama seorang business consultant adalah mendeteksi masalah yang ada dalam sebuah perusahaan. Baik masalah yang sedang dialami ataupun masalah yang akan muncul kedepannya.

Seorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, memahami detil seluk beluk setiap operasi pada bidang bisnis yang dia dalami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang business consultant akan dengan gampang mendeteksi.

Akan menjadi poin tambahan jika seorang business consultant juga memiliki pengalaman yang cukup lama dalam menjalankan bisnis. Nasihat yang diberikan bukan hanya berdasarkan teori, tetapi juga bersifat praktikal.

2. Membantu Perencanaan Bisnis
Selain memberikan arahan atau nasehat untuk menyelesaikan masalah, seorang business consultant juga bisa membantu perencanaan bisnis sebuah perusahaan.

Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti, untuk meningkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi di pasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.

Di tahap sebelumnya Anda diberikan obat agar sembuh dari penyakit. Di tahap ini Anda diberikan cara atau program agar menjadi lebih sehat.

3. Network Yang Besar
Manfaat yang ketiga ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.

Seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang bisa mempertemukan client-clientnya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution.

Efek Samping Business Consulting

Memang melalui konsultasi bisnis, kita dapat menyelesaikan sebuah masalah dalam perusahaan dengan lebih cepat. Tapi di balik keuntungan yang besar ini, ada hal-hal lainnya yang perlu kita pertimbangkan juga.

Menggunakan jasa konsultasi bisnis dapat menimbulkan rasa ketergantungan di dalam perusahaan terhadap si business consultant.

Apa yang akan terjadi jika hal ini dimanfaatkan oleh business consultant yang kurang etis?

Apa yang akan terjadi jika suatu saat si business consultant memutuskan untuk pensiun?

Menurut kami, Anda boleh memakai jasa business consultant hanya dalam kondisi tertentu, seperti jika terjadi masalah yang cukup urgent. Ataupun untuk mengatasi masalah yang hanya terjadi sekali, atau sangat jarang terjadi.

Dalam menghadapi masalah yang bersifat mendesak, Anda sebaiknya segera mencari solusi berikutnya jika masalah ini sering terjadi dalam perusahaan Anda.

Salah satu solusi yang mungkin tepat untuk Anda adalah dengan mengikuti program business coaching atau mentoring.

Baca juga Apa itu Coaching?

Business Coaching dan Mentoring

Program business coaching ataupun mentoring memang, secara rata-rata, tidak bisa memberikan efek dalam sekejap, namun ada beberapa keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan dari jasa business consultant, seperti:

Anda akan mengalami perubahan yang bersifat permanen, karena Anda yang bertanggung-jawab. Tugas dari seorang business coach atau mentor adalah memberikan arahan dan menuntun Anda ke arah yang tepat, serta memastikan Anda terus berjalan.

Anda juga akan mengalami perubahan yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Seorang business coach akan membantu Anda untuk menggali jawaban yang sebenarnya sudah ada dalam diri Anda. Bukan jawaban yang menurut si business coach benar.

Dan keuntungan yang paling membedakan adalah Anda kedepannya tidak akan bergantung lagi pada business coach atau mentor Anda.

Para pemilik bisnis yang telah menyelesaikan program coaching akan menjadi mandiri dan memiliki kerangka mindset yang sudah matang untuk menghadapi tantangan apapun dalam perusahaannya.

Untuk menentukan program mana yang cocok untuk perusahaan Anda, Anda bisa melakukan business check-up terlebih dahulu.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan silakan bagian ke teman-teman Anda yang membutuhkannya.

Always GO BIG!